Teks berikut digunakan untuk menjawab soal di bawah ini. [...]     (1) Semakin banyaknya trik kecantikan wajah yang beredar di luar sana mungkin menjadikan banyak perempuan sulit memilih saran yang paling tepat untuk merawat wajahnya. (2) Namun, tanpa disadari, mencuci muka dua kali sehari sebenarnya bisa menjadikan kulit tetap bersih dan terbebas dari jerawat. (3) Profesor dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City, New York, Amerika Serikat, Dr. Angela J. Lamb menyarankan agar perempuan mencuci muka dua kali sehari, yakni setiap pagi dan malam.     (4) "Ritual" tersebut harus dilakukan meskipun tidak sedang melakukan aktivitas di luar rumah. (5) Menurut Lamb, mencuci muka pada pagi hari adalah cara yang baik untuk mengangkat sel kulit mati di wajah yang muncul setelah tidur. (6) Sementara itu, mencuci muka pada malam hari berfungsi sebagai cara untuk menghilangkan riasan dan produksi sebum serta minyak di wajah.     (7) Meski demikian, bagi yang memiliki kulit sensitif, mencuci muka harus dilakukan dengan hati-hati. (8) Menurut dokter kulit, Dr. Michele Green, membersihkan muka di pagi dan malam hari memang merupakan hal yang penting, tetapi kita juga harus memperhatikan cara mencuci muka. (9) "Saat mencuci muka, sebaiknya hindari air panas yang dapat merusak kulit dan memperburuk eksem serta rosacea," ungkap Green. (10) "Air panas juga dapat membuat kulit menjadi merah dan semakin teriritasi. (11) Selain itu, air panas bisa membuat kulit dehidrasi dan menghilangkan kelembaban," lanjutnya. (12) Dr. Green mengatakan, membersihkan wajah dengan air dingin atau air suam-suam kuku lebih tepat untuk mengurangi peradangan dan menenangkan rasa gatal.     (13) Selain itu, produk yang kita gunakan untuk mencuci muka sama pentingnya dengan frekuensi mencuci muka. (14) Jika kita tidak memilih produk yang tepat, kulit akan mengering selama pembersihan dua kali sehari. (15) Pemilihan produk yang tepat juga penting karena akan membantu merawat kulit wajah sehingga terhindar dari dehidrasi kulit. (16) Jika kulit wajah mengalami dehidrasi, wajah akan terasa amat kering. Pratiwi, Ryan Sara. 2021. "Cukup Cuci Muka 2 Kali Sehari Bikin Kulit Lebih Sehat, Benarkah?". Kompas.com. DIakses dan diadaptasi pada 27 Agustus 2021. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/10/162020920/cukup-cuci-muka-2-kali-sehari-bikin-kulit-lebih-sehat-benarkah Diperlukan sebuah paragraf antara kalimat (8) dan (9). Gagasan pokok paragraf yang paling tepat adalah ....

Pertanyaan

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal di bawah ini.


[...]

    (1) Semakin banyaknya trik kecantikan wajah yang beredar di luar sana mungkin menjadikan banyak perempuan sulit memilih saran yang paling tepat untuk merawat wajahnya. (2) Namun, tanpa disadari, mencuci muka dua kali sehari sebenarnya bisa menjadikan kulit tetap bersih dan terbebas dari jerawat. (3) Profesor dermatologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York City, New York, Amerika Serikat, Dr. Angela J. Lamb menyarankan agar perempuan mencuci muka dua kali sehari, yakni setiap pagi dan malam.

    (4) "Ritual" tersebut harus dilakukan meskipun tidak sedang melakukan aktivitas di luar rumah. (5) Menurut Lamb, mencuci muka pada pagi hari adalah cara yang baik untuk mengangkat sel kulit mati di wajah yang muncul setelah tidur. (6) Sementara itu, mencuci muka pada malam hari berfungsi sebagai cara untuk menghilangkan riasan dan produksi sebum serta minyak di wajah.

    (7) Meski demikian, bagi yang memiliki kulit sensitif, mencuci muka harus dilakukan dengan hati-hati. (8) Menurut dokter kulit, Dr. Michele Green, membersihkan muka di pagi dan malam hari memang merupakan hal yang penting, tetapi kita juga harus memperhatikan cara mencuci muka. (9) "Saat mencuci muka, sebaiknya hindari air panas yang dapat merusak kulit dan memperburuk eksem serta rosacea," ungkap Green. (10) "Air panas juga dapat membuat kulit menjadi merah dan semakin teriritasi. (11) Selain itu, air panas bisa membuat kulit dehidrasi dan menghilangkan kelembaban," lanjutnya. (12) Dr. Green mengatakan, membersihkan wajah dengan air dingin atau air suam-suam kuku lebih tepat untuk mengurangi peradangan dan menenangkan rasa gatal.

    (13) Selain itu, produk yang kita gunakan untuk mencuci muka sama pentingnya dengan frekuensi mencuci muka. (14) Jika kita tidak memilih produk yang tepat, kulit akan mengering selama pembersihan dua kali sehari. (15) Pemilihan produk yang tepat juga penting karena akan membantu merawat kulit wajah sehingga terhindar dari dehidrasi kulit. (16) Jika kulit wajah mengalami dehidrasi, wajah akan terasa amat kering.

Pratiwi, Ryan Sara. 2021. "Cukup Cuci Muka 2 Kali Sehari Bikin Kulit Lebih Sehat, Benarkah?". Kompas.com. DIakses dan diadaptasi pada 27 Agustus 2021. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/01/10/162020920/cukup-cuci-muka-2-kali-sehari-bikin-kulit-lebih-sehat-benarkah


Diperlukan sebuah paragraf antara kalimat (8) dan (9). Gagasan pokok paragraf yang paling tepat adalah ....undefined 

  1. air yang tepat digunakan untuk mencuci mukaundefined 

  2. cara mencuci muka yang baik dan benarspace 

  3. produk yang digunakan untuk cuci mukaundefined 

  4. definisi dari eksem dan rosaceaundefined 

  5. bahaya air panas untuk mencuci mukaundefined 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Di antara kalimat (8) dan (9) yang terletak pada paragraf ketiga diperlukan sebuah paragraf baru agar informasi yang diberikan dapat lebih jelas dan mudah dipahami. Paragraf tersebut berisi informasi mengenai cara mencuci muka yang perlu diperhatikan menurut dokter kulit.

Kalimat (8) berisi pendapat dokter kulit mengenai pentingnya mencuci muka dua kali sehari dan perlunya memperhatikan caranya. Sementara itu, kalimat (9) berisi pendapat dokter kulit tentang menghindari air panas ketika mencuci muka. Agar informasi pada kalimat (8) dan (9) menjadi padu, perlu ditambahkan paragraf yang membahas cara mencuci muka yang baik dan benar. Paragraf tersebut menjadi pengantar sebelum masuk ke pembahasan mengenai informasi yang ada di kalimat (9), yakni bahan apa saja yang tidak boleh digunakan untuk mencuci muka.
 

  • Pilihan A tidak tepat karena informasi tersebut sudah dibahas pada kalimat (9) sampai kalimat (12).
  • Pilihan C tidak tepat karena informasi tersebut sudah dibahas pada paragraf selanjutnya, yaitu pada kalimat (13) sampai kalimat (16).
  • Pilihan D tidak tepat karena informasi mengenai penyakit eksem dan rosacea tidak menjadi fokus utama pembahasan teks tersebut.  
  • Pilihan E tidak tepat karena informasi tersebut sudah dibahas pada kalimat (10) dan (11) paragraf ketiga. 


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

47

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

(I) Penafian budaya bemalar di jenjang pendidikan pra universitas berpengaruh pada pendidikan tinggi. (2) Secara informal, sudah wajar diantara pengajar Perguruan Tinggi terdengar keluhan tentang keti...

26

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia