RoboguruRoboguru
SD

Teks 1                 (1) K-pop adalah salah satu pesan verbal melalui media entertainmen musik. (2) Di Korea K-pop bukan sekadar genre musik, tetapi sudah menjadi kebudayaan dan gaya hidup dan sudah tidak dapat terlepas dari negara tersebut. (3) Populernya budaya tersebut menjadi topik yang sering diperbincangkan belakangan ini. (4) Indonesia menjadi salah satu negara yang terpengaruh sangat besar oleh budaya K-pop. (5) Itu dapat ditunjukkan dengan banyaknya boy band dan girl band  yang meniru boy band dan girl band  Korea. (6) Hal tersebut menyebabkan ketidakstabilan budaya di Indonesia, karena anak mudanya lebih tertarik mempelajari budaya negara lain dibandingkan dengan budaya negara sendiri. (7)Sangat ironis memang, ketika melihat kecintaan para penerus bangsa kecintaan terhadap budaya negara sendiri sedikit demi sedikit terkikis, karena pengaruh budaya negara lain (K-pop).                 (8) Dengan memvirusnya budaya K-pop di Indonesia, menjadikan negara kita negara yang tidak mempunyai identitas yang jelas. (9) Kenapa tidak, negara kita ini adalah negara yang sangat mudah dipengaruhi oleh kebudayaan asing. (10) Karena K-pop memang menjadi salah satu senjata negara Korea Selatan untuk menyebarkan budaya dan paham mereka serta bisa dikatakan imperialisme budaya. (11) Imperialisme budaya ini disebabkan oleh globalisasi yang semakin menggurita. (12) Bahkan, negara maju pun akan sangat mudah menyebarkan kebudayaan mereka ke seluruh penjuru dunia melalui media massa. (13) Sementara itu, negara-negara berkembang akan sangat rentan terpengaruh, termasuk negara Indonesia.     Apa gagasan utama paragraf ke-2 pada teks di atas?

Pertanyaan

Teks 1

                (1) K-pop adalah salah satu pesan verbal melalui media entertainmen musik. (2) Di Korea K-pop bukan sekadar genre musik, tetapi sudah menjadi kebudayaan dan gaya hidup dan sudah tidak dapat terlepas dari negara tersebut. (3) Populernya budaya tersebut menjadi topik yang sering diperbincangkan belakangan ini. (4) Indonesia menjadi salah satu negara yang terpengaruh sangat besar oleh budaya K-pop. (5) Itu dapat ditunjukkan dengan banyaknya boy band dan girl band  yang meniru boy band dan girl band  Korea. (6) Hal tersebut menyebabkan ketidakstabilan budaya di Indonesia, karena anak mudanya lebih tertarik mempelajari budaya negara lain dibandingkan dengan budaya negara sendiri. (7)Sangat ironis memang, ketika melihat kecintaan para penerus bangsa kecintaan terhadap budaya negara sendiri sedikit demi sedikit terkikis, karena pengaruh budaya negara lain (K-pop).

                (8) Dengan memvirusnya budaya K-pop di Indonesia, menjadikan negara kita negara yang tidak mempunyai identitas yang jelas. (9) Kenapa tidak, negara kita ini adalah negara yang sangat mudah dipengaruhi oleh kebudayaan asing. (10) Karena K-pop memang menjadi salah satu senjata negara Korea Selatan untuk menyebarkan budaya dan paham mereka serta bisa dikatakan imperialisme budaya. (11) Imperialisme budaya ini disebabkan oleh globalisasi yang semakin menggurita. (12) Bahkan, negara maju pun akan sangat mudah menyebarkan kebudayaan mereka ke seluruh penjuru dunia melalui media massa. (13) Sementara itu, negara-negara berkembang akan sangat rentan terpengaruh, termasuk negara Indonesia.

 

 

Apa gagasan utama paragraf ke-2 pada teks di atas?  

  1. Negara maju menyebarkan budaya ke negara berkembang. 

  2. Globalisasi menyebabkan imperialisme budaya. 

  3. Budaya K-pop menggejala di seluruh dunia.

  4. Indonesia rentan terpengaruh budaya asing 

  5. Indonesia tidak memunyai identitas yang jelas. 

A. Pusporini

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan

Gagasan utama terdapat pada kalimat utama. Kalimat utama dapat berada di awal, di akhir, atau awal dan akhir paragraf. Pada paragraf kedua, kalimat utama terletak di awal dan akhir paragraf tersebut. Kedua kalimat utama tersebut membicarakan negara yang rentan terpengaruh budaya asing, termasuk Indonesia. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

206

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Dari pergerakannya yang dapat dipantau secara temporal, dapat diketahui bahwa arah pergerakan abu vulkanik di udara mempunyai pola mengarah ke barat dan barat daya. Gumpalan abu cenderung mengumpul da...

42

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia