Roboguru

Teknik apakah yang digunakan untuk mendeskripsikan...

Teknik apakah yang digunakan untuk mendeskripsikan watak tokoh Ibu Hanafi pada penggalan novel tersebut? Tunjukkan buktinya dalam teks tersebut!space 

Jawaban:

Teknik penokohan adalah cara pengarang melukiskan atau mendiskripsikan perwatakan tokoh agar dikenali oleh pembaca. Terdapat dua macam teknik penokohan, yaitu teknik penokohan analitik (langsung) dan teknik penokohan dramatik (tidak langsung).

  1. Teknik penokohan analitik, atau naratif, adalah cara penampilan tokoh secara langsung melalui uraian, deskripsi atau penjelasan oleh sang pengarang. Tokohnya dihadirkan ke hadapan pembaca dengan tidak berbelit-belit (sifat, watak, tingkah laku, ciri fisik). Teknik penokohan ini sangat sederhana dan ekonomis karena tidak membutuhkan banyak deskripsi. Dengan ini, sang pembaca akan lebih memerhatikan kepada cerita dan plot. Namun, sang pengarang harus mempertahankan konsistensi karakter dari tokoh itu.

  2. Teknik penokohan dramatik adalah cara penampilan tokoh secara tidak langsung. Pengarang tidak mendeskripsikan secara eksplisit sifat dan serta tingkah laku tokoh. Untuk mengetahui watak tokoh pembaca harus menafsirkan sendiri ucapan, pikiran, perbuatan, bentuk fisik, reaksi, ucapan dan pendapat karakter tersebut. Penampilan tokoh cerita dengan menggunakan teknik dramatik dilakukan secara tidak langsung. Sang pengarang membiarkan para tokoh untuk memperlihatkan karakter-karakternya melalui tingkah laku, peristiwa yang terjadi, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti kejadian-kejadian yang terjadi di sebuah karya fiksi tidak hanya untuk memperkembangkan plot, tetapi menceritakan pendirian masing-masing tokoh.

Dengan demikian, pada paragraf di atas penulis menggunakan teknik penokohan dramatik untuk mendeskripsikan watak tokoh Ibu Hanafi, terdapat pada kalimat penggalan "... dan lama pula merindukan anaknya, maka sekolah Hanafi diputuskan saja sampai di situ, dan dengan pertolongan sahabat-sahabat anaknya karena sangat pula ibunya meminta...", kalimat tersebut menggambarkan tokoh ibu Hanafi yang sabar menunggu anaknya, taat beribadah dengan selalu berdoa. Selain itu terdapat kalimat "..tapi sebab kasih kepada anak, ditinggalkannyalah rumah gadang di Kota Anau, dan tinggallah ia bersama-sama Hanafi di Kota Solok.", kalimat tersebut menggambarkan betapa besar kasih sayang ibu Hanafi kepada anaknya.space 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved