Roboguru
SD

Tail flip merupakan bentuk refleks udang untuk menghindarkan diri dari bahaya. Tail flip disebabkan oleh kontraksi otot fleksor yang terdapat pada setiap segmen abdominal (No.l-7). Setiap otot fleksor abdominal diatur oleh satu saraf motor fast flexor yang dapat diaktivasi oleh dua tipe interneuron, yaitu medial interneuron dan lateral interneuron. Medial interneuron dapat diaktivasi dengan memberikan rangsang pada daerah kepala. Pola tail flip yang terbentuk akibat aktivasi interneuron medial ditunjukkan oleh gambar (a) di atas. Lateral interneuron dapat diaktivasi dengan memberikan rangsang pada daerah ekor. Pola tail flip yang terbentuk akibat aktivasi interneuron lateral ditunjukkan oleh gambar (b). Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah. Sebagian neuron fast flexor diaktivasi oleh interneuron medial dan bagian yang lain diatur oleh interneuron lateral.

Pertanyaan

Tail flip merupakan bentuk refleks udang untuk menghindarkan diri dari bahaya. Tail flip disebabkan oleh kontraksi otot fleksor yang terdapat pada setiap segmen abdominal (No.l-7). Setiap otot fleksor abdominal diatur oleh satu saraf motor fast flexor yang dapat diaktivasi oleh dua tipe interneuron, yaitu medial interneuron dan lateral interneuron.

Medial interneuron dapat diaktivasi dengan memberikan rangsang pada daerah kepala. Pola tail flip yang terbentuk akibat aktivasi interneuron medial ditunjukkan oleh gambar (a) di atas. Lateral interneuron dapat diaktivasi dengan memberikan rangsang pada daerah ekor. Pola tail flip yang terbentuk akibat aktivasi interneuron lateral ditunjukkan oleh gambar (b).

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah.

Sebagian neuron fast flexor diaktivasi oleh interneuron medial dan bagian yang lain diatur oleh interneuron lateral.space 

  1. Salahspace 

  2. Benarspace 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pernyataan di atas SALAH.

Interneuron raksasa yang ada di ekor bertanggung jawab atas reaksi Tail flip. Serabut saraf tersebut terdiri dari sepasang interneuron raksasa lateral dan sepasang interneuron raksasa medial. Ketika terdapat rangsangan yang hanya merangsang satu interneuron raksasa lateral (LG atau LGI) atau satu interneuron raksasa medial (MG atau MGI) akan menghasilkan tail flip.

Interneuron raksasa medial dipicu oleh rangsangan gerakan yang tiba-tiba di kepala atau rangsangan visual yang mengkhawatirkan. Hal ini menyebabkan penembakan semua neuron motor giant (MoG) dan fleksi semua otot phasic fast flexor (FF) di perut, yang dengan cepat menggulung ekor dan tiga segmen terakhir pada udang. Hal ini menghasilkan daya dorong yang mengarahkan air ke arah rangsangan yang mengganggu sambil mendorong udang  secara langsung ke belakang. Perilaku ini kemudian diikuti dengan perpanjangan ekor, yang mempersiapkannya untuk berenang atau pelaksanaan tail flip lainnya.

41

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Neuron yang menghubungkan saraf yang berbeda disebut . . . .

6

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia