Roboguru

Pertanyaan

Tail flip merupakan bentuk refleks udang untuk menghindarkan diri dari bahaya. Tail flip disebabkan oleh kontraksi otot fleksor yang terdapat pada setiap segmen abdominal (No.l-7). Setiap otot fleksor abdominal diatur oleh satu saraf motor fast flexor yang dapat diaktivasi oleh dua tipe interneuron, yaitu medial interneuron dan lateral interneuron.

Medial interneuron dapat diaktivasi dengan memberikan rangsang pada daerah kepala. Pola tail flip yang terbentuk akibat aktivasi interneuron medial ditunjukkan oleh gambar (a) di atas. Lateral interneuron dapat diaktivasi dengan memberikan rangsang pada daerah ekor. Pola tail flip yang terbentuk akibat aktivasi interneuron lateral ditunjukkan oleh gambar (b).

Tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah.

Interneuron lateral memiliki sinaps dengan neuron fast flexor yang mengatur segmen abdominal 1 dan 2.space 

  1. Benarspace 

  2. Salahspace 

A. Acfreelance

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan di atas BENAR.space 

Pembahasan

Interneuron lateral hanya menginervasi tiga segmen rostral pertama dari abdomen dan diaktifkan dalam 10 ms dari saat stimulus mekanis diberikan ke perut. Ketika fleksi terjadi, hanya tiga segmen pertama yang melentur dan ekor tidak diarahkan ke bawah tubuh dan ke depan melainkan lurus ke bawah. Segmen yang tidak tertekuk menambah panjang dayung. Akibatnya bagian belakang tubuh diarahkan ke atas dan ke depan sehingga menyebabkan udang terguling atau jungkir balik ke depan. Ekor kemudian dengan cepat diperpanjang, dan ini biasanya diikuti dengan gerakan renang yang terarah.

Dengan demikian, pernyataan di atas BENAR.space 

5

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Antara dua neuron terdapat hubungan antara neuron yang berperanan dalam penjalaran impuls. Berikut ini merupakan pernyataan yang benar terkait hubungan tersebut, kecuali ...

340

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia