Roboguru

Tahun berapakah Indonesia bergabung dengan PBB...

Pertanyaan

Tahun berapakah Indonesia bergabung dengan PBB...

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Indonesia resmi menjadi negara anggota Perserikatan Bangsa - Bangsa ke-60 pada tanggal 28 September 1950, yang ditetapkan dengan Resolusi Majelis Umum PBB nomor A/RES/491 (V) tentang Penerimaan Republik Indonesia dalam keanggotaan di Perserikatan Bangsa Bangsa. Ketentuan ini berlaku kurang dari satu tahun setelah pengakuan kedaulatan Indonesia oleh Belanda dalam Konferensi Meja Bundar di Den Haag pada tanggal 27 Desember 1949.


Dengan demikian, Indonesia bergabung dengan PBB pada 28 September 1950.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penyebab Indonesia keluar dari keanggotaan PBB adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1961, Malaysia memiliki rencana untuk membentuk Negara Fedrasi Malaysia yang terbentuk dari persekutuan Tanah Melayu, Singapura, Sarawak, Sabah dan Brunei. Namun, rencana ini ditentang oleh Sukarno karena dianggap sebagai proyek neokolonialisme Inggris. Sukarno khawatir kawasan Malaya akan jadi pangkalan militer Barat di Asia Tenggara dan bisa mengganggu stabilitas kawasan. Selain Indonesia, Filipina pun tidak menyetujui berdirinya Negara Federasi Malaysia.

Untuk menyelesaikan permasalahan ini diadakanlah Konferensi Tingkat Tinggi Tiga Negara yang menghasilkan Maphilindo, yaitu konfederasi non politik Malaya, Filipina, dan Indonesia. Sayangnya, Pemerintah Malaya justru mengkhianati hasil konferensi ini dan tetap memproklamasikan berdirinya Negara Federasi Malaya. Akhirnya, Indonesia memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia pada tahun 1963. Selain itu, Presiden Sukarno pun melancarkan kampanye konfrontasi dengan Malaysia. Puncaknya, pada tanggal 3 Mei 1964 Presiden Sukarno mengumumkan perintah Dwikora yang isinya:

  1. pertinggi ketahanan revolusi Indonesia, dan
  2. bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Sarawak dan Sabah untuk menghancurkan Malaysia.

Selain itu, pada tanggal 7 Januari 1965 Malaysia diterima sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Hal ini membuat Indonesia tidak senang sehingga Indonesia pun memilih untuk keluar dari PBB. Untuk menandingi PBB, Presiden Sukarno pun membentuk Conefo (Conference of The New Emerging Forces).

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Sebagai pelaksanaan politik luar negeri yang bebas aktif maka Indonesia masuk kembali menjadi anggota PBB pada tanggal...

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Presiden Sukarno, Indonesia pernah menyatakan keluar dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal ini terjadi ketika Malaysia diterima sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Presiden Sukarno ketika itu mengangap Malaysia merupakan perpanjangan tangan dari neokolonialisme (nekolim) Inggris yang akan membahayakan revolusi Indonesia.

Pada masa Orde Baru, Indonesia kembali menjadi anggota PBB, tepatnya di tanggal 28 September 1966. Seiring dengan hal tersebut, Indonesia juga melakukan normalisasi hubungan dengan negara-negara lain seperti Singapura, yaitu dengan menyampaikan nota pengakuan atas berdirinya Republik Singapura kepada Perdana Menteri Lee Kuan Yew. Indonesia juga membangun hubungan bilateral dengan Malaysia tetapi membekukan hubungan dengan Republik Rakyat Tiongkok karena adanya campur tangan negara ini pada saat terjadinya peristiwa Gerakan 30 September 1965. Selain itu, Indonesia juga berperan aktif dalam organisasi regional maupun internasional, seperti OKI, OPEC, APEC, dan ASEAN.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Langkah politik pertama Soeharto setelah memegang tampuk pimpinan nasional Orde Baru dalam bidang politik luar negeri adalah...

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Presiden Soekarno, Indonesia pernah menyatakan keluar dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hal ini terjadi ketika Mapaysia diterima sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Presiden Soekarno ketika itu mengangap Malaysia merupakan perpanjangan tangan dari neokolonialisme (nekolim) Inggris yang akan membahayakan revolusi Indonesia. Pada masa Orde Baru, Indonesia kembali menjadi anggota PBB pada 28 September 1966. Seiring dengan hal tersebut, Indonesia juga melakukan normalisasi hubungan dengan negara-negara lain seperti Singapura, yaitu dengan menyampaikan nota pengakuan atas berdirinya Republik Singapura kepada Perdana Menteri Lee Kuan Yew. Indonesia juga membangun hubungan bilateral dengan Malaysia, tetapi membekukan hubungan dengan Republik Rakyat Tiongkok karena adanya campur tangan negara ini pada saat terjadinya peristiwa Gerakan 30 September 1965. Selain itu, Indonesia juga berperan aktif dalam organisasi regional maupun internasional, seperti OKI, OPEC, APEC, dan ASEAN.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Berikut merupakan tokoh-tokoh yang terlibat dalam UNCI adalah.…

Pembahasan Soal:

UNCI adalah organisasi yang dibentuk pada tanggal 28 Januari 1949 untuk menggantikan posisi KTN (Komisi Tiga Negara) yang dianggap tidak berhasil dalam menyelesaikan konflik Indonesia-Belanda. UNCI berhasil membawa Indonesia-Belanda dalam perundingan Roem-Royen. UNCI diwakili oleh Merle Cochran (Amerika Serikat), Critchley (Australia), dan Harremans (Belgia). UNCI  memiliki wewenang yaitu meliputi:

  1. memprakarsai perundingan dengan wakil-wakil daerah di Indonesia guna membentuk pemerintahan sementara (interim goverment) selambat-lambatnya 15 Maret 1949,
  2. menyelenggarakan pemilihan umum untuk memilih Majelis Konstituante sebelum terbentuknya RIS,
  3. penyerahan kedaulatan terhadap RIS selambat-selambatnya pada tanggal 1 Juli 1949.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

Roboguru

Berikut yang tidak termasuk isi Perjanjian Linggajati adalah ....

Pembahasan Soal:

Perjanjian Linggarjati adalah sebuah perjanjian antar Indonesia dan Belanda untuk membahas soal status kemerdekaan Indonesia. Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 11-15 November 1946. Perundingan ini menjadi perundingan pertama yang mencapi hasil sebuah perjanjian dari serangkaian perundingan yang telah dilakukan antara pihak Indonesia dan Belanda. Perundingan Linggarjati dilakukan sebagai lanjutan dari perundingan Hoge Veluwe di Belanda yang tidak menghasilkan kesepakatan. Tanggal 25 Maret 1947 pada akhirnya Perjanjian Linggarjati ditandatangani dengan hasil sebagai berikut:space space

  1. Pengakuan Belanda secara de facto atas eksistensi Negara Republik Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa, dan Madura. 
  2. Indonesia dan Belanda akan bekerja sama dalam membentuk negara Indonesia Serikat yang salah satu negara bagiannya adalah Republik Indonesia. 
  3. Republik Indonesia Serikat dan Belanda akan membentuk Uni Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda selaku ketuanya.

Jadi kesimpulannya hasil yang tidak termasuk dalam Perjanjian Linggarjati adalah Uni Indonesia-Belanda diketuai oleh Indonesia (A)
 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved