Roboguru

Tahapan peristiwa yang memperkuat persatuan dan ke...

Tahapan peristiwa yang memperkuat persatuan dan kesatuan Indonesia adalah....

Jawaban:

Tahap-tahap peristiwa yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Munculnya kesadaran terhadap adanya konsep Indonesia sebagai bangsa pada awal abad 20
  2. Kebangkitan Nasional adalah pergerakan perjuangan bangsa Indonesia yang mulai menyadari kondisi dan potensi sebagai suatu kesatuan bangsa. Kebangkitan Nasional Indonesia dipelopori kelahiran organisasi Boedi Oetomo pada 1908 yang beranggotakan kalangan terpelajar.
  3. Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada 28 Oktober 1928 merupakan pemersatu pemuda dan seluruh rakyat Indonesia untuk mewujudkan sebuah bangsa yang memiliki identitas.
  4. Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945 merupakan titik puncak perjuangan rakyat Indonesia memperoleh kemerdekaan. Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan dan pengesahan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 merupakan konsensus atau kesepakatan bangsa Indonesia. Selanjutnya, kehidupan berbangsa dan bernegara dilandasi oleh Pancasila dan UUD 1945. 

Dengan demikian tahapan peristiwa yang memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia adalah melalui munculnya kesadaran terhdap adanya konsep Indonesia sebagai bangsa pada awal abad 20, Kebangkitan Nasional. Sumpah Pemuda, dan Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved