Iklan

Iklan

Pertanyaan

Apa yg menyebabkan rakyat dan bangsa Indonesia secara umum mulai bangkit melawan penjajah pada tahun 1908?

Apa yg menyebabkan rakyat dan bangsa Indonesia secara umum mulai bangkit melawan penjajah pada tahun 1908?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

yangmenyebabkan rakyat dan bangsa Indonesia secara umum mulai bangkit melawan penjajah pada tahun 1908 adalah munculnyakesadaran untuk menjadi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa adalah Indonesia dankesadaran pentingnya kemerdekaan.

yang menyebabkan rakyat dan bangsa Indonesia secara umum mulai bangkit melawan penjajah pada tahun 1908 adalah munculnya kesadaran untuk menjadi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa adalah Indonesia dan kesadaran pentingnya kemerdekaan.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Awal abad ke-20, politik kolonial memasuki babak baru yaitu era Politik Etis. Kebijakan Politik Etis ini terutama dalam bidang pendidikan, telah menumbuhkan kesadaran di kalangan bumiputra akan pentingnya pendidikan. Hal ini mempercepat proses modernisasi dan munculnya kaum terpelajar yang membawa pada kesadaran nasionalisme. Kesadaran akan pentingnya persamaan dankemerdekaan terus menyebar ke kalangan terpelajar di seluruh wilayah Hindia Belanda. Berkat informasi yang berkembang inilah kaum terpelajar terus melakukan dialog dan berdebat tentang masa depan tanah kelahirannya sehingga kesadaran pentingnya kemerdekaan terus berkembang dari waktu ke waktu yang puncaknya adalah adanya kesadaran untuk menjadi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa adalah Indonesia pada 28 Oktober 1928. Dengan demikian, yangmenyebabkan rakyat dan bangsa Indonesia secara umum mulai bangkit melawan penjajah pada tahun 1908 adalah munculnyakesadaran untuk menjadi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa adalah Indonesia dankesadaran pentingnya kemerdekaan.

Awal abad ke-20, politik kolonial memasuki babak baru yaitu era Politik Etis. Kebijakan Politik Etis ini terutama dalam bidang pendidikan, telah menumbuhkan kesadaran di kalangan bumiputra akan pentingnya pendidikan. Hal ini mempercepat proses modernisasi dan munculnya kaum terpelajar yang membawa pada kesadaran nasionalisme. Kesadaran akan pentingnya persamaan dan kemerdekaan terus menyebar ke kalangan terpelajar di seluruh wilayah Hindia Belanda. Berkat informasi yang berkembang inilah kaum terpelajar terus melakukan dialog dan berdebat tentang masa depan tanah kelahirannya sehingga kesadaran pentingnya kemerdekaan terus berkembang dari waktu ke waktu yang puncaknya adalah adanya kesadaran untuk menjadi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa adalah Indonesia pada 28 Oktober 1928.

Dengan demikian, yang menyebabkan rakyat dan bangsa Indonesia secara umum mulai bangkit melawan penjajah pada tahun 1908 adalah munculnya kesadaran untuk menjadi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa adalah Indonesia dan kesadaran pentingnya kemerdekaan.

76

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data berikut. Masuk dan berkembangnya paham-paham baru dari Eropa dan Amerika, seperti liberalisme, demokrasi, dan nasionalisme. Kesuksesan pergerakan nasional di negara-negara lai...

5rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia