Iklan

Iklan

Pertanyaan

Syarat utama terjadinya aktivitas sosial dalam kehidupan masyarakat adalah ....

Syarat utama terjadinya aktivitas sosial dalam kehidupan masyarakat adalah ....

  1. struktur sosial

  2. interaksi sosial

  3. fungsi sosial

  4. proses sosial

  5. dinamika sosial

Iklan

P. Avivah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.space

Iklan

Pembahasan

Aktivitas sosial dalam masyarakat dapat terjadi jika ada syarat utamanya yaitu Interaksi sosial. interaksi sosial merupakan proses hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi yang dilakukan individu dengan individu/kelompok. Karena ada unsur timbal balik dan saling mempengaruhi maka akan menciptakan suatu aktivitas sosial. Interaksi sendiri bisa terjadi jika ada syarat utama yaitu kontak dan komunikasi. Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu: Struktur sosial, yaitu jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok seperti nilai-norma, kelompok, lembaga dan stratifikasi. Struktur membahas tentang suatu tatanan dalam masyarakat dengan bentuknya adalah stratifikasi dan diferensiasi. Fungsi sosial, merupakan suatu kegunaan terhadap suatu hal yang ada hubungannya dengan orang lain karena terdapat unsur sosial. Proses sosial, merupakan suatu proses hubungan yang terdapat pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama. Dinamika sosial, merupakan suatu perubahan yang terjadi dalam masyarakat setiap waktu. Dinamika terjadi karena masyarakat bersifat dinamis yaitu berubah-ubah. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Aktivitas  sosial dalam masyarakat dapat terjadi jika ada syarat utamanya yaitu Interaksi sosial. interaksi sosial merupakan proses hubungan timbal balik dan saling mempengaruhi yang dilakukan individu dengan individu/kelompok. Karena ada unsur timbal balik dan saling mempengaruhi maka akan menciptakan suatu aktivitas sosial. Interaksi sendiri bisa terjadi jika ada syarat utama yaitu kontak dan komunikasi.

Adapun penjelasan lain dari pilihan jawaban yaitu:

  • Struktur sosial, yaitu jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok seperti nilai-norma, kelompok, lembaga dan stratifikasi. Struktur membahas tentang suatu tatanan dalam masyarakat dengan bentuknya adalah stratifikasi dan diferensiasi.
  • Fungsi sosial, merupakan suatu kegunaan terhadap suatu hal yang ada hubungannya dengan orang lain karena terdapat unsur sosial.
  • Proses sosial, merupakan suatu proses hubungan yang terdapat pengaruh timbal balik antara berbagai segi kehidupan bersama.
  • Dinamika sosial, merupakan suatu perubahan yang terjadi dalam masyarakat setiap waktu. Dinamika terjadi karena masyarakat bersifat dinamis yaitu berubah-ubah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jenis industri yang harus dibangun dekat dengan sumber bahan baku adalah .... (1). semen (2). meubel (3). gula (4). tekstil

14

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia