Iklan

Iklan

Pertanyaan

Agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Jawa karena bisa beradaptasi dengan budaya lokal. SEBAB Para wali menggunakan kesenian lokal sebagai media penyebaran Islam di tanah Jawa.

Agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Jawa karena bisa beradaptasi dengan budaya lokal.

SEBAB

Para wali menggunakan kesenian lokal sebagai media penyebaran Islam di tanah Jawa.

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  3. jika pernyataan benar dan alasan salah

  4. jika pernyataan salah dan alasan benar

  5. jika pernyataan dan alasan keduanya salah

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan ini benar karena agama Islam merupakan agama yang disebarkan secara damai, bersifat terbuka, dan syarat masuk Islam yang cukup mudah. Hal ini yang menyebabkan agama ini dapat cepat menyebar di Nusantara. Masuknya agama Islam juga mempengaruhi kebudayaan Jawa yang telah berkembang sejak lama di Indonesia, sehingga terjadi akulturasi antara kebudayaan lokal Indonesia dengan agama Islam. Alasan ini benar karena berkembangnnya agama Islam di Indonesia dilakukan dengan memanfaatkan tradisi yang sudah ada. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan para wali seperti Sunan Kalijaga. Beliau sering kali menyisipkan ajaran-ajaran Islam dalam cerita-cerita wayang. Hal ini kemudian yang mempermudah masyarakat dapat menerima ajaran Islam dengan cepat. Kedua jawaban diatas benar dan saling berhubungan karena agama Islam dapat mudah diterima masyarakat Jawa karena kemampuan masyarakat Jawa dalam memadukan ajaran agama Islam dengan kebudayaan lokal Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga.

Pernyataan ini benar karena agama Islam merupakan agama yang disebarkan secara damai, bersifat terbuka, dan syarat masuk Islam yang cukup mudah. Hal ini yang menyebabkan agama ini dapat cepat menyebar di Nusantara. Masuknya agama Islam juga mempengaruhi kebudayaan Jawa yang telah berkembang sejak lama di Indonesia, sehingga terjadi akulturasi antara kebudayaan lokal Indonesia dengan agama Islam.
Alasan ini benar karena berkembangnnya agama Islam di Indonesia dilakukan dengan memanfaatkan tradisi yang sudah ada. Salah satu contohnya seperti yang dilakukan para wali seperti Sunan Kalijaga. Beliau sering kali menyisipkan ajaran-ajaran Islam dalam cerita-cerita wayang. Hal ini kemudian yang mempermudah masyarakat dapat menerima ajaran Islam dengan cepat.
Kedua jawaban diatas benar dan saling berhubungan karena agama Islam dapat mudah diterima masyarakat Jawa karena kemampuan masyarakat Jawa dalam memadukan ajaran agama Islam dengan kebudayaan lokal Indonesia. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Migrasi internasional tidak permanen yang dilakukan oleh para buruh migran asal Indonesia pada umumnya akan melibatkan proses .... (UTUL UGM 2017) emigrasi imigrasi remigrasi naturalisa...

19

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia