Iklan

Iklan

Pertanyaan

Syarat terbentuknya kelompok sosial adalah adanya ... kesadaran bersama kemampuan fisik persamaan tujuan solidaritas sosial

Syarat terbentuknya kelompok sosial adalah adanya ...

  1. kesadaran bersama
  2. kemampuan fisik
  3. persamaan tujuan
  4. solidaritas sosial
  1. Jika jawaban (1), (2) dan (3) benar

  2. Jika jawaban (1) dan (3) benar

  3. Jika jawaban (2) dan (4) benar

  4. Jika hanya jawaban (4) benar

  5. Jika semuanya benar

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pada dasarnya manusia merupakan zoon politikon atau makhluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri karena selalu membutuhkan orang lain. Selain itu dalam diri individu terdapat suatu gregariousne e s atau keinginan untuk menjadi satu dengan sesamanya sehingga mereka membentuk suatu kelompok. Salah satu tokoh yang memberikan sumbangan kepada sosiologi terkait kelompok sosial adalah S oerjono S oekanto yang menjelaskan syarat-syarat kelompok sebagai berikut. Adanya kesadaran sebagai anggota Adanya hubungan timbal balik antaranggota Adanya suatu faktor pengikat bersama, seperti tujuan bersama Memiliki struktur, kaidah , dan pola perilaku Bersistem dan berproses Untuk poin no 2 tidak tepat karena kemampuan fisik bukan merupakan syarat terbentuknya kelompok sosial. Sedangkan , poin 4 juga tidak tepat karena solidaritas sosial juga bukan merupakan syarat kelompok tetapi suatu keadaan masyarakat atau kelompok berkaitan dengan kedekatan dan kekompakan serta kerja sama antaranggota kelompok.

Pada dasarnya manusia merupakan zoon politikon atau makhluk sosial, yang tidak bisa hidup sendiri karena selalu membutuhkan orang lain. Selain itu dalam diri individu terdapat suatu gregariousnees atau keinginan untuk menjadi satu dengan sesamanya sehingga mereka membentuk suatu kelompok.  Salah satu tokoh yang memberikan sumbangan kepada sosiologi terkait kelompok sosial adalah Soerjono Soekanto yang menjelaskan syarat-syarat kelompok sebagai berikut.

  1. Adanya kesadaran sebagai anggota
  2. Adanya hubungan timbal balik antaranggota
  3. Adanya suatu faktor pengikat bersama, seperti tujuan bersama
  4. Memiliki struktur, kaidah, dan pola perilaku
  5. Bersistem dan berproses

Untuk poin no 2 tidak tepat karena kemampuan fisik bukan merupakan syarat terbentuknya kelompok sosial. Sedangkan, poin 4 juga tidak tepat karena solidaritas sosial juga bukan merupakan syarat kelompok tetapi suatu keadaan masyarakat atau kelompok berkaitan dengan kedekatan dan kekompakan serta kerja sama antaranggota kelompok.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

14

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam perkumpulan terjalin interaksi yang intensif di antara anggota kelompok untuk menjalankan perannya sebagai anggota kelompok. SEBAB Ciri perkumpulan adalah adanya solidaritas yang dimiliki ...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia