Roboguru

Susunlah teks diskusi singkat bertema kemajuan teknologi!

Pertanyaan

Susunlah teks diskusi singkat bertema kemajuan teknologi! 

Pembahasan Soal:

Teks diskusi adalah teks yang memuat pendapat, baik pro maupun kontra mengenai suatu hal sehingga kedua pihak saling membahas topik yang menjadi persoalan dalam diskusi.

Untuk menyusun teks diskusi, perlu dilakukan rancangan sistematika dari teks tersebut, kemudian mengembangkannya menjadi suatu teks yang utuh sesuai dengan struktur dan kebahasaan. 

Dampak Online Learning Bagi Pelajar

Isu:

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membantu memudahkan segala bidang. Salah satunya dalam bidang pendidikan. Pada saat pandemi Covid-19 seluruh kegiatan dilakukan di rumah atau secara daring. Oleh karena itu, sekolah-sekolah dari jenjang SD sampai SMA melaksanakan kegiatan belajar melalui online atau disebut online learning dengan bantuan internet. Online learning ini memiliki dampak yang positif dan negatif. 

Argumen pendukung:

Online Learning merupakan pembelajaran secara online dengan bantuan internet. Pembelajaran ini memiliki manfaat positif terhadap pelajar. Belajar melalui online learning lebih praktis dan fleksibel. Pelajar dapat mengakses situs pembelajaran di internet pada saat pembelajaran berlangsung. Pengetahuan yang di dapat melalui internet juga sangat luas sehingga dapat memperkaya pengetahuan siswa. Sedangkan dari pembelajaran tatap muka siswa hanya terpaku pada buku pembelajaran saja sehingga pengetahuan saat pembelajaran di kelas menjadi terbatas.

Argumen penentang:

Akan tetapi, penggunaan internet pada online learning juga membawa dampak negatif bagi pelajar. Jaringan internet yang begitu luas dan tidak terbatas membuat siswa membuka situs-situs yang tidak berkaitan dengan pembelajaran. Ada juga yang bermain sosial media di saat online learning berlangsung. Hal ini tentu saja membuat pelajar tidak fokus mendengarkan pembelajaran. Akibatnya, materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru secara online tidak dapat dipahami dengan baik.

Untuk menangani hal tersebut perlu dilakukan pengawasan orang tua saat online learning berlangsung. Guru sebagai pengajar juga harus bisa mempersiapkan dan membuat online learning seefektif dan seinovatif mungkin agar siswa selalu fokus pada pembelajaran. 

Simpulan:

Online learning memang memiliki dampak yang positif dan negatif bagi pelajar. Diharapkan semua pihak baik guru, orang tua, pemerintah, maupun siswa dapat bekerja sama agar online learning dapat menjadi solusi yang baik untuk belajar di saat pandemi. Apabila seluruh komponen dapat bekerja sama dengan baik maka manfaat positif akan didapat, sedangkan hal yang negatif dari online learning dapat diatasi. 

Dengan demikian, teks diskusi yang bertema kemajuan teknologi harus dibuat menjadi teks yang terdiri atas struktur pengenalan isu, argumen, dan simpulan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 26 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tulislah sebuah teks diskusi dengan topik "Peraturan pemerintah tentang delapan jam belajar di sekolah"! Ikuti langkah-langkah menyusun teks diskusi!

Pembahasan Soal:

Teks diskusi adalah teks yang memuat pendapat yang berbeda mengenai suatu hal sehingga pihak yang berlawanan saling membahas topik yang dipermasalahkan. Teks diskusi, baik lisan maupun tertulis, bisa bermanfaat untuk menguji topik yang kontroversial.

Langkah-langkah menyusun teks diskusi:

  1. Tentukan isu atau topik yang akan dibahas
  2. Mencari data dan informasi isu yang telah dipilih
  3. Menyusun kerangka teks
  4. Mengembangkan kerangka teks menjadi teks diskusi
  5. Merevisi atau menyunting teks diskusi

Teks diskusi dengan topik "Peraturan pemerintah tentang delapan jam belajar di sekolah"

Isu
Mendikbud Muhadjir Effendy telah menetapkan Peraturan Menteri (Permen) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah, yang mengatur sekolah 8 jam sehari selama 5 hari dalam sepekan, dan resmi diterapkan pada tahun ajaran 2017-2018. Hari Sekolah dilaksanakan 8 (delapan) jam dalam 1 (satu) hari atau 40 (empat puluh) jam selama 5 (lima) hari dalam 1 (satu) minggu. Ketentuan 8 (delapan) jam dalam 1 (satu) hari atau 40 (empat puluh) jam selama 5 (lima) hari dalam 1 (satu) minggu, termasuk waktu istirahat selama 0,5 (nol koma lima) jam dalam 1 (satu) hari atau 2,5 (dua koma lima) jam selama 5 (lima) hari dalam 1 (satu) minggu.

Argumen
Peraturan Menteri ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan. Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.
Kebijakan ini berlaku mulai tahun ajaran baru yang jatuh pada Juli 2017. Namun bagi sekolah yang belum memiliki sumber daya dan sarana transportasi yang memadai, maka kebijakan ini akan dilakukan secara bertahap.
Pelaksanaan `Full Day School` sudah diterapkan di 1.500 sekolah pada tahap pertama sejak Peraturan Pemerintah no. 19 tahun 2017 tentang revisi beban kerja guru dan Program Pengembangan Karakter (PPK) dikeluarkan. 
Lebih lanjut, Mendikbud menilai kebijakan lima hari sekolah tidak akan mengganggu aktivitas siswa di luar sekolah. Menurut dia, ada dua hal berbeda yang tengah dilakukan Kemendikbud, yaitu terkait sekolah lima hari dan program penguatan karakter. 
Dalam hal penguatan karakter, dinyatakan bahwa kebijakan lima hari sekolah jangan diartikan siswa belajar terus menerus selama delapan jam sehari di kelas. aperluasan materi sekolah bisa dilakukan dengan kegiatan ko-kulikuler dan ekstra kulikuler

Simpulan
Oleh sebab itu, kehadiran lembaga lain seperti madrasah atau pesantren akan melengkapi program penguatan karakter. Mendikbud mengatakan, apabila penambahan jam belajar tersebut bisa berjalan dengan baik, ketika Indonesia menginjak usianya ke-100, generasi mudanya sudah memiliki kepribadian yang baik, dan jelas sangat mampu berkompetisi.
Di sisi lain, mendikbud menjelaskan berkaitan dengan PP No.19 Tahun 2017, latar belakang sekolah lima hari karena pemerintah ingin menyamakan waktu kerja guru dengan Aparat Sipil Negara (ASN) lainnya. Sebelumnya, beban kerja guru diukur atas dasar jumlah mengajar, yaitu minimal 24 jam tatap muka.
Kemudian guru yang sudah mendapat tunjangan profesi dengan syarat memenuhi jam mengajar tatap muka 24 jam per minggu, tidak boleh lagi memenuhi target syarat jam mengajarnya itu ke sekolah-sekolah lain. Cukup diisi di sekolah tempat mengajar tetapnya masing-masing.space 

0

Roboguru

Perhatikanlah kalimat-kalimat beriikut.   Siswa memiliki potensi untuk berbeda. Harapannya, kreativitas siswa pun bisa berkembang secara optimal. Hal ini terlihat dalam pola pikir, daya imajinas...

Pembahasan Soal:

Penyajian gagasan dalam bentuk teks diskusi dapat pula dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

1) Menentukan isu menarik dan dikuasai.
2) Mengumpulkan sejumlah pendapat yang bersifat pro dan kontra.
3) Memadukan dan menilai pendapat-pendapat itu menjadi paragraf yang saling berkaitan dan saling menjelaskan.
4) Merumuskan simpulan,

Susunan kalimat yang benar adalah 2-1-3-4.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Buatlah contoh tanggapan persetujuan dan penolakan dengan bahasa yang baik (masing-masing satu)!

Pembahasan Soal:

a. Contoh tanggapan persetujuan, yaitu:
Saya setuju dengan pendapat Bapak tadi, bahwa kita harus memulai dari diri kita sendiri.

b. Contoh tanggapan penolakan, yaitu:
Maaf, saya kurang sependapat dengan apa yang Bapak sampaikan mengenai “profesi penulisan” karena saya belum yakin bahwa dengan menulis kita dapat hidup layak.undefined

0

Roboguru

Tuliskan argumen/pendapat yang menentang/bertentangan pada teks diskusi tersebut!

Pembahasan Soal:

Argumen dalam teks diskusi adalah berbagai pendapat yang ada mengenai permasalahan yang dibahas dalam diskusi. Pendapat tersebut dapat berupa pendapat yang menetang atau pendapat yang mendukung. Pendapat yang menetang adalah pendapat yang menyatakan ketidaksetujuan pada apa yang disampaikan teks diskusi.

Berikut argumen/pendapat yang menentang/bertentangan pada teks diskusi tersebut:

Pembangunan PLTSa adalah upaya yang baik dari pemerintah untuk mengurangi jumlah volume sampah, namun PLTSa menggunakan incinerator yang dapat memperparah polusi udara dan menghasilkan zat beracun berupa dioxin yang dapat membahayakan sistem saraf dan menyebabkan kanker bagi masyarakat.space Oleh sebab itu, PLTSa sebaiknya tidak direalisasikan karena berbahaya bagi kesehatan masyarakat.space 

0

Roboguru

Susunlah sebuah paragraf bagian kontra sesuai dengan topik di atas.

Pembahasan Soal:

Teks diskusi adalah sebuah teks yang mengulas sebuah isu atau masalah dengan memberikan 2 pendapat yang berbeda (mendukung atau menolak) tentang isu tersebut.

Salah satu bagian teks diskusi adalah argumentasi.  Argumentasi dibagi menjadi dua, yaitu argumen yang mendukung dan argumen yang menentang. Argumen menentang merupakan pendapat atau alasan yang menentang atau menolak argumen yang mendukung isu tersebut (kontra dengan isu).

Topik teks di atas membahas tentang perilaku Resti yang menunjukkan sikap yang baik dan selalu menasehati dengan kata-kata yang menyejukkan kepada temannya. Resti juga suka memberi sesuatu yang dibutuhkan temannya. Bahkan barang yang disukai saja, ia merelakan diberikan kepada temannya dengan tulus ikhlas tanpa mengharapkan imbalan.

Argumen kontra mengenai topik di atas adalah tindakan yang dilakukan Resti kepada temannya, seperti merelakan barang yang disukainya untuk diberikan kepada temannya, tidak dapat selalu dapat dilakukan karena hal tersebut menunjukan bahwa dirinya berperilaku tidak tegas. Jika hal tersebut terus menerus dilakukan, mungkin ada orang yang tidak menghargai apa yang ia lakukan untuk orang lain dan orang lain akan terus bersikap meminta sesuatu darinya.

Dengan demikian, argumen kontra mengenai topik di atas adalah tindakan yang dilakukan Resti kepada temannya, seperti merelakan barang yang disukainya untuk diberikan kepada temannya, tidak dapat selalu dapat dilakukan karena hal tersebut menunjukan bahwa dirinya berperilaku tidak tegas. Jika hal tersebut terus menerus dilakukan, mungkin ada orang yang tidak menghargai apa yang ia lakukan untuk orang lain dan orang lain akan terus bersikap meminta sesuatu darinya.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved