Susunan teks diskusi yang sesuai dengan struktur teks adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks diskusi berikut!


(1) Namun komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain.

(2) Melarang anak memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Apapun keputusan orangtua tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun.

(3) Kenyataannya, Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat orangtua hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini.

(4) Yang tak kalah pentingnya, sebagian besar anak menggunakan jejaring sosial untuk membahas pekerjaan sekolah.

(5) Jejaring sosial yang bertebaran, misalnya Facebook, memberi stimulus bagi anak untuk tak mau lepas dari gadget itu.

(6) Negatifnya, jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar.

(7) Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah.

(8) Positifnya, mengelola halaman Facebook mengajarkan anak dapat menguasai keterampilan media sosial yang nantinya akan semakin penting ketika usia mereka bertambah.space 

Susunan teks diskusi yang sesuai dengan struktur teks adalah ....space 

  1. (5) - (2) - (8) - (1) - (6) - (4) - (7) - (3)space 

  2. (7) - (2) - (8) - (4) - (6) - (1) - (5) - (3)space 

  3. (7) - (6) - (8) - (4) - (2) - (1) - (5) - (3)space 

  4. (5) - (3) - (8) - (4) - (6) - (1) - (7) - (2)space 

A. Acfreelance

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan

Teks diskusi adalah teks yang menyajikan pembahasan atas suatu pemasalahan disertai pendapat yang dapat menggugah terjadinya kegiatan diskusi. Untuk menyusun teks diskusi berdasarkan kalimat yang diberikan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Membaca seluruh kalimat yang disediakan
  • Mencari kalimat yang memiliki konjungsi antarkalimat. Kalimat yang memiliki konjungsi antarkalimat biasanya tidak terletak di awal paragraf.
  • Mencari kalimat utama. Kalimat utama biasanya dapat berada di awal atau akhir paragraf. Jika kalimat utama berada di akhir paragraf, biasanya ditandai oleh kata/frasa yang menunjukkan simpulan, seperti oleh karena itu, dengan demikian, dan maka.
  • Melihat keterkaitan antarkalimat yang diberikan. 

Setelah dibaca, didapatlah kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah kalimat ketujuh, "Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah." Kalimat selanjutnya yang berkaitan dengan kalimat utama adalah kalimat kedua, "Melarang anak memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Apapun keputusan orangtua tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun." Oleh karena itu, urutan yang tepat adalah (7) - (2) - (8) - (4) - (6) - (1) - (5) - (3) sehingga teksnya adalah sebagai berikut.

(7) Hasil studi Profesor Larry D. Rosen dari California State University juga mengungkap beberapa efek buruk dari Facebook, termasuk narsisme yang sering menghinggapi anak yang memakai situs jejaring sosial tersebut, perilaku antisosial, kecenderungan berperilaku agresif, dan mudah marah. (2) Melarang anak memiliki akun Facebook bukanlah cara yang bijak karena bisa saja anak lari ke rumah temannya atau warnet yang bertebaran dan membuat akun sendiri. Apapun keputusan orangtua tentang Facebook, cobalah untuk membuat keputusan dan kesepakatan bersama anak sebelum membuat akun. (8) Positifnya, mengelola halaman Facebook mengajarkan anak dapat menguasai keterampilan media sosial yang nantinya akan semakin penting ketika usia mereka bertambah. (4) Yang tak kalah pentingnya, sebagian besar anak menggunakan jejaring sosial untuk membahas pekerjaan sekolah. (6) Negatifnya, jejaring sosial memberikan kebebasan atau ruang untuk mengekspresikan diri dengan berkomentar. (1) Namun, komentar yang dikeluarkan bisa saja menyinggung orang lain. (5) Jejaring sosial yang bertebaran, misalnya Facebook, memberi stimulus bagi anak untuk tak mau lepas dari gadget itu. (3) Kenyataannya, Facebook memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan saat orangtua hendak membolehkan atau melarang anak membuat akun jejaring sosial ini.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

3rb+

4.2 (17 rating)

Rafael Fanani

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Bantu banget Mudah dimengerti

Monica Tandya Bethari

Jawaban tidak sesuai

Pertanyaan serupa

Buatlah sebuah kalimat yang menyatakan kontra kebijakan membawa HP ke sekolah.

2rb+

4.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia