Iklan

Iklan

Pertanyaan

(1) Angin ini termasuk sangat berbahaya karena bisa menghancurkan apa saja yang dilewatinya.
(2) Angin puting beliung sendiri termasuk jenis angin yang memiliki karakteristik berputar dengan kecepatan yang tinggi yaitu sekitar 63 km/jam.
(3) Angin puting beliung merupakan jenis angin kencang yang cukup sering terjadi di Indonesia.
(4) Angin puting beliung ini umumnya terjadi pada saat pancaroba tiba sekitar siang dan sore hari.space 

Susunlah kalimat diatas menjadi paragraf yang padu!

Susunlah kalimat diatas menjadi paragraf yang padu!space 

Iklan

U. Yuliani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat danproses. Pada teks eksplanasi di atas, dijelaskan tentang fenomena angin puting beliung. Untuk menyusun kalimat agar menjadi paragra padu harus membaca dengan cermat dan memperhatikan penanda wacana atau kata penghubung seperti pertama, lalu, setelah itu, kemudian, dan akhirnya . Dengan demikian, jika disusun menjadi paragraf yang padu maka susunannya adalah nomor 3, 4, 2 dan 1: Angin puting beliung merupakan jenis angin kencang yang cukup sering terjadi di Indonesia.Angin puting beliung ini umumnya terjadi pada saat pancaroba tiba sekitar siang dan sore hari. Angin puting beliung sendiri termasuk jenis angin yang memiliki karakteristik berputar dengan kecepatan yang tinggi yaitu sekitar 63 km/jam.Angin ini termasuk sangat berbahaya karena bisa menghancurkan apa saja yang dilewatinya.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi. Suatu kejadian baik itu kejadian alam maupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat dan proses.

Pada teks eksplanasi di atas, dijelaskan tentang fenomena angin puting beliung. Untuk menyusun kalimat agar menjadi paragra padu harus membaca dengan cermat dan memperhatikan penanda wacana atau kata penghubung seperti pertama, lalu, setelah itu, kemudian, dan akhirnya.

Dengan demikian, jika disusun menjadi paragraf yang padu maka susunannya adalah nomor 3, 4, 2 dan 1:

Angin puting beliung merupakan jenis angin kencang yang cukup sering terjadi di Indonesia. Angin puting beliung ini umumnya terjadi pada saat pancaroba tiba sekitar siang dan sore hari. Angin puting beliung sendiri termasuk jenis angin yang memiliki karakteristik berputar dengan kecepatan yang tinggi yaitu sekitar 63 km/jam. Angin ini termasuk sangat berbahaya karena bisa menghancurkan apa saja yang dilewatinya.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut! Topik : Internet dan gaya hidup remaja Kerangka : Identifikasi fenomena: fenomena internet Rangkaian kejadian: data penggunaan internet, int...

2

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia