Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bernama asli Friedrich William Herschel, ilmuwan ini adalah tokoh astronomi Inggris yang lahir di Jerman pada tahun 1738. Karena rasa ingin tahunya yang tinggi terhadap apa yang ada di langit, ia pun menciptakan sebuah teleskop. ........... Namun, dengan kegigihannya akhirnya teleskop yang ia ingin kan pun dapat diciptakan.

Dengan teleskop ciptaannya itu, Herschel menemukan planet Uranus pada tahun 1782. Awalnya ia memberi nama planet ke-7 dari Matahari itu dengan nama Georgium Sidus, sebagai penghormatan terhadap Raja George Ill dari Inggris. Kemudian, Johann Bode, seorang astronom Jerman mengusulkan nama "Uranus yang berasal dari nama dewa Yunani kuno. Willian Herschel tentunya membuka mata kita bahwa angkasa luar menyimpan sangat banyak misteri yang dapat kita mencari cari terus. space 

Lengkapilah teks eksplanasi di atas supaya menjadi utuh!

Lengkapilah teks eksplanasi di atas supaya menjadi utuh!space 

Iklan

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan juga lainnya bisa terjadi. Sebuah peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat serta juga proses. Teks di atas dapat dilengkapi dengan kalimat yang memiliki kepaduan dengan gagasan paragrafnya sesrta dengan kalimat-kalimat penjelas lainnya. Kalimat setelah bagian rumpang pada paragraf di atas adalah Friedrich William yang akhirnya berhasil menciptakan teleskop. Kalimat rumpang tersebut dapat berisi kalimat yang menunjukkan penentangan karena kalimat selanjutnya terdapat konjungsi namun yang merupakan penentangan. Dengan demikian, kalimat yang dapat melengkapi teks tersebut agar menjadi paragraf yang utuh adalah sebagai berikut. Ia telah mengalami beberapa kali kegagalan dalam membuat teleskop.

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan juga lainnya bisa terjadi. Sebuah peristiwa baik peristiwa alam maupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu memiliki hubungan sebab akibat serta juga proses.

Teks di atas dapat dilengkapi dengan kalimat yang memiliki kepaduan dengan gagasan paragrafnya sesrta dengan kalimat-kalimat penjelas lainnya. Kalimat setelah bagian rumpang pada paragraf di atas adalah Friedrich William yang akhirnya berhasil menciptakan teleskop. Kalimat rumpang tersebut dapat berisi kalimat yang menunjukkan penentangan karena kalimat selanjutnya terdapat konjungsi namun yang merupakan penentangan.

Dengan demikian, kalimat yang dapat melengkapi teks tersebut agar menjadi paragraf yang utuh adalah sebagai berikut.

Ia telah mengalami beberapa kali kegagalan dalam membuat teleskop.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan cara menyunting teks eksplanasi!

15

3.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia