Roboguru

Sumpah Pemuda telah mendorong bangsa Indonesia untuk...

Pertanyaan

Sumpah Pemuda telah mendorong bangsa Indonesia untuk...

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sumpah pemuda telah mendorong bangsa Indonesia untuk teguh mengenal identitas mereka sebagai suatu bangsa dan telah mengukuhkan diri menjadi sebuah bangsa yang utuh

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa arti sumpah pemuda?

Pembahasan Soal:

Sumpah pemuda adalah ikrar pemuda-pemudi Indonesia. Ikrar ini digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda lainnya. Ikrar tersebut kemudian melahirkan sebuah sumpah yang dibawa pemuda-pemudi untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam buku Makna Sumpah Pemuda (2012) oleh Sri Surdaniyatun, sumpah pemuda berasal dari kata sumpah dan pemuda. Sumpah diartikan janji dan harus ditepati. Sehingga sumpah pemuda berarti janji para pemuda yang diucapkan saat kongres pemuda II di Jakarta, 28 Oktober 1928.


Isi Sumpah Pemdua berbunyi sebagai berikut: Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia. Kami putra dan putri Indonsia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dengan demikian, sumpah pemuda merupakan ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang diucapkan  saat kongres pemuda II di Jakarta, 28 Oktober 1928.

0

Roboguru

Peristiwa sejarah Soempah Pemoeda atau Sumpah Pemuda merupakan suatu pengakuan dari Pemuda-Pemudi Indonesia yang mengikrarkan ...

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda merupakan hasil dari diselenggarakannya kongres pemuda II. Sumpah pemuda diikrarkan saat rapat ketiga kongres pemuda II yang berlangsung pada tanggal 28 Oktober 1928 di gedung Indonesische Clubgebouw, Jalan Kramat Raya 106. Adapun isi Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut.

  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  • Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Berikut yang merupakan makna dari perjuangan Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia berikut ini, kecuali...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 28 Oktober 1928, diadakan Kongres Pemuda II yang bertempat di gedung Indonesische Clubgebouw. Saat itu kongres dihadiri sekitar 1000 orang, yang terdiri dari wakil-wakil organisasi pemuda, tokoh politik, anggota Volksraad, dan para tokoh pendidikan.
Pada kesempatan itu Muhammad Yamin menyampaikan pidato dengan judul "Dari Hal Persatoean dan Kebangsaan Indonesia". Dalam pidatonya tersebut, Muhammad Yamin membahas tentang masalah persatuan bangsa yang ditinjau dari sudut sejarah. Ia juga memperlihatkan kesamaan-kesamaan dalam bahasa, kemauan nasib, dan faktor yang mempersatukan bangsa Indonesia, yaitu sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan. Pada akhir pidatonya, Muhammad Yamin mengatakan bahwa kebangsaan Indonesia berdasarkan persatuan sedangkan persatuan bersendi pada kemauan. Selama kemauan itu masih ada dalam dada anak Indonesia, selama itu pula ada persatuan di antara mereka.

Dari hasil Kongres Pemuda II itu didapati sebuah keputusan yang berisi seperti berikut :
Pertama : Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.
Kedua : Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
Ketiga : Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Keputusan pemuda-pemudi itu kemudian dikenal dengan Sumpah Pemuda. Pada saat itu dikumandangkan pula lagu Indonesia Raya ciptaan Wage Rudolf Supratman dan bendera Merah Putih pun digunakan sebagai bendera Pusaka Bangsa Indonesia.
Peristiwa Sumpah Pemuda itu merupakan puncak pergerakan nasional. Karena itulah kita memperingatinya sebagai peristiwa bersejarah. Adapun makna dari Sumpah Pemuda bagi bangsa Indonesia adalah :

  • menyatukan perjuangan Indonesia,
  • menumbuhkan kebanggaan sebagai bangsa Indonesia,
  • memaknai rasa cinta tanah air,
  • mendorong semangat juang.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda yang dianggap sebagai hari lahirnya para pemuda. Sumpah Pemuda sendiri dilakukan bersamaan dengan Kongres Pemuda II. Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928, dan dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito. Dalam kongres tersebut dihasilkan sebuah ikrar yang diberi nama Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda, secara garis besar, berisi 3 deklarasi para pemuda-pemuda Indonesia. Deklarasi tersebut meliputi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, angkatan 1928 sering disebut sebagai....

Pembahasan Soal:

Dalam upaya perjuangan untuk mencapai kemerdekaan bangsa Indonesia dilaksanakan melalui berbagai periode. Salah satunya adalah periode atau masa penegas. Masa ini merupakan masa ditegaskanya semangat kebangsaan Indonesia dalam meraih kemerdekaan. Pada masa penegas ditandai dengan adanya peristiwa Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Pada periode tersebut strategi perjuangan dalam melawan penjajah diubah dengan jalan pendidikan untuk memajukan bangsa dan membangkitkan semangat nasionalisme. Hasil perjuangan pada periode adalah tumbuh semangat atau jiwa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Peristiwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 telah membakar semangat juang nasionalisme pada pemuda untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. Pada kongres pemuda kedua menghasilkan keputusan yang menegaskan cita-cita akan tanah air Indonesia, Bangsa Indonesia, dan Bahasa Indonesia.space

Dengan demikian, dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesiaangkatan 1928 sering disebut sebagai angkatan penegas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved