Roboguru

Mengapa organisasi-organisasi yang awalnya bersifat kesukuan dapat bersatu setelah peristiwa sumpah pemuda?Jelaskan

Pertanyaan

Mengapa organisasi-organisasi yang awalnya bersifat kesukuan dapat bersatu setelah peristiwa sumpah pemuda?Jelaskan

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara asing. Lahirnya Sumpah Pemuda menjadi titik awal perjuangan para anak muda Indonesia. Ketika itu, pemuda dan pemudi tokoh Sumpah Pemuda telah mengorbankan waktu, tenaga, pikiran moral bahkan harta benda demi menyatukan bangsa Indonesia. Tanpa perjuangan pemuda dan pemudi saat itu, mungkin saja Indonesia tak bisa bersatu untuk melawan penjajah. Para pemuda pemudi tersebut terbukti berhasil menyatukan keutuhan Indonesia melalui Sumpah Pemuda.

Dengan demikian, organisasi-organisasi yang awalnya bersifat kesukuan dapat bersatu setelah peristiwa sumpah pemuda karena Sumpah Pemuda merupakan sebuah tekad dan semangat para pemuda-pemudi Indonesia untuk menegakkan kemerdekaan bangsa Indonesia dari jajahan negara asing, dengan adanya peristiwa Sumpah Pemuda maka dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini merupakan modal awal dalam mengusir penjajah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 28 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana situasi masyarakat ketika terjadi sumpah pemuda?

Pembahasan Soal:

Sumpah pemuda bermakna kemandirian, jati diri, kedaulatan atau penguatan nasionalisme. Secara tidak langsung dengan peristiwa Sumpah Pemuda, masyarakat yang diwakili para pemuda telah meneguhkan pentingnya jati diri Indonesia, penguatan semangat kebangsaan atau nasionalisme. Hal ini tercermin dalam ikrar satu tanah air, satu bangsa dan keikhlasan menjunjung satu bahasa: Indonesia. Pernyataan satu nusa, bangsa, dan bahasa Indonesia ini menunjukkan adanya kesadaran yang amat tinggi tentang jati diri dan semangat kebangsaan semua golongan masyarakat sebagai orang Indonesia. Di dalam jati diri dan ruh kebangsaan itu tentu mengandung kemandirian, kalau bangsa ini mandiri berarti berdaulat, berdaulat berarti tidak dijajah orang lain, itulah kemerdekaan. Dalam mewujudkan cita-cita Indonesia Raya, satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa perlu ada program-program kebersamaan, saling menghargai, dan rembug bareng di antara komponen bangsa untuk memajukan bangsa. Setelah maju dapat mandiri dan bedaulat. Bahkan dalam strategi politik masyarakat juga mengembangkan sikap saling menghargai baik yang mengambil langkah kooperasi maupun nonkooperasi. Mereka dalam berjuang tidak lagi dengan fisik dan kekerasan tetapi dengan bermusyawarah, berdemokrasi misalnya melalui Volksraad.

Dengan demikian, setelah lahirnya Sumpah Pemuda, secara tidak langsung masyarakat yang diwakili para pemuda telah meneguhkan pentingnya jati diri Indonesia, penguatan semangat kebangsaan atau nasionalisme.

0

Roboguru

Di bawah ini adalah faktor yang mendorong dicetuskannya Sumpah Pemuda pada 1928, kecuali ….

Pembahasan Soal:

Faktor yang mendorong dicetuskannya Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut :

  1. Keinginan untuk lepas dari penjajahan.
  2. Munculnya rasa senasib dan seperjuangan.
  3. Munculkan rasa kebangsaan (nasionalisme).
  4. Keinginginan untuk merdeka dan mendirikan bangsa sendiri.
  5. Keinginan untuk bersatu dalam satu bangsa Indonesia.
  6. Manisfesto Politik 1925.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.space space

0

Roboguru

Salah satu tonggak penting yang kemudian menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional bagi organisasi Pergerakan Nasional Indonesia adalah …

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta berhasil menyatukan seluruh pemuda dari penjuru Indonesia. Hasil dari kongres ini adalah Sumpah Pemuda dengan bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa nasional bagi organisasi Pergerakan Nasional Indonesia. Hal ini tercermin dalam poin ketiga dari ikrar Sumpah Pemuda, yaitu “menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". 

Isi Sumpah Pemuda tersebut menjadi tonggak dasar bangkitnya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Pernyataan Sumpah Pemuda mampu membangun persatuan dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah. Bahasa sebagai alat komunikasi manusia, berfungsi untuk memudahkan manusia dalam berinteraksi. Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Begitu pula dengan bahasa, Indonesia memiliki beragam bahasa daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sejak dikukuhkan bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional negara Indonesia, maka di setiap komunikasi kita menggunakan bahasa Indonesia. Bukan berarti kita bangsa Indonesia melupakan bahasa ibu atau bahasa daerah asal kita. Keberagaman bahasa daerah yang ada di Indonesia membuat kita membutuhkan satu bahasa sebagai pemersatu, yaitu Bahasa Indonesia.

Jadi, Kongres Pemuda II merupakan tonggak penting yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional bagi organisasi Pergerakan Nasional Indonesia. space

0

Roboguru

Seluruh rakyat Indonesia memperingati momentum 28 Oktober sebagai hari lahirnya...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 28 Oktober, bangsa Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda yang dianggap sebagai hari lahirnya para pemuda. Sumpah Pemuda sendiri dilakukan bersamaan dengan Kongres Pemuda II. Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928, dan dipimpin oleh Soegondo Djojopoespito. Dalam kongres tersebut dihasilkan sebuah ikrar yang diberi nama Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda, secara garis besar, berisi 3 deklarasi para pemuda-pemuda Indonesia. Deklarasi tersebut meliputi satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Jelaskan pengertian Sumpah Pemuda sebagai tonggak penegas perjuangan bangsa Indonesia!

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda II merupakan sejarah yang terjadi pada 27 – 28 Oktober 1928 di Batavia (Sekarang Jakarta). Peristiwa sejarah ini merupakan peristiwa meleburnya berbagai macam organisasi bersifat kedaerahan kala itu mengkristal menjadi satu dan menghasilkan Sumpah Pemuda yang mampu mengubah cara pandang, cara berfikir, dan semangat pemuda dalam bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Dengan demikian, pengertian Sumpah Pemuda sebagai tonggak penegas perjuangan bangsa Indonesia adalah Sumpah Pemuda mampu mengubah cara pandang, cara berfikir, dan semangat pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved