Roboguru

Sumber naskah drama lebih orisinal jika dari ….

Pertanyaan

Sumber naskah drama lebih orisinal jika dari ….space

  1. dongengspace

  2. novelspace

  3. cerpenspace

  4. pengalaman sendirispace

Pembahasan Soal:

Drama adalah sebuah cerita atau kisah yang menggambarkan kehidupan dan watak melalui tingkah laku dialog yang dipentaskan. Naskah drama lebih baik apabila dibuat sendiri, berdasarkan imajinasi dan pengalaman sendiri, sehingga hasilnya lebih orisinal.
Dengan demikian, sumber naskah drama lebih orisinal jika dari pengalaman sendiri.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah D.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dialog yang tepat untuk melengkapi naskah drama rumpang tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Salah satu struktur drama adalah dialog. Dialog merupakan media kiasan yang melibatkan tokoh-tokoh drama yang diharapkan dapat menggambarkan kehidupan dan watak manusia, problematikan hidup yang dihadapi, dan cara manusia dalam menyikapi persoalan hidupnya.

Pada dialog di atas, diperlihatkan ada dua tokoh yang sedang berdialog. Awalnya, tokoh Ibu menyuruh Bayu untuk mandi terebih dahulu. Kemudian Bayu menuju kamar mandi. Karena terburu-buru ingin bertemu dengan guru baru, Ibunya sampai mengingatkan untuk tidak melewatkan/melupakan sesuatu. Kemudian ibunya mengingatkan lagi agar Bayu memakai sabun. Sesuai dengan situasi tersebut, maka kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog di atas adalah jangan lupa sikat gigi, tentu aku kan mau bersih.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

1

Roboguru

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan pada saat menyusun teks drama, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Naskah drama adalah karangan yang berisi cerita. Dalam naskah drama tersebut termuat nama-nama tokoh dalam cerita, dialog yang diucapkan para tokoh, dan keadaan panggung yang diperlukan. Bahkan, kadang-kadang juga dilengkapi penjelasan tentang tata busana, tata lampu, dan tata suara (musik pengiring).

Langkah menulis naskah drama antara lain sebagai berikut.

  • Memilih dan menentukan tema.
  • Memilih judul dan membuat kata pembuka.
  • Membuat kerangka dengan memasukkan konflik (merancang alur dan setting).
  • Menentukan pelaku.
  • Menyusun jalinan cerita yang mengandung perkenalan tokoh dengan konflik dan penyelesaiannya.
  • Menyusun kramagung dan wawancang.

Berdasarkan langkah-langkah di atas, maka yang tidak perlu dilakukan pada saat menyusun teks drama adalah mengatur akting pelakuspace

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space  

1

Roboguru

Buatlah cuplikan drama bertema pendidikan.

Pembahasan Soal:

Ada beberapa langkah dalam menyusun naskah drama untuk membuat cuplikan drama menjadi lebih matang dan menyenangkan. Pertama, menciptakan tokoh utama yang akan menjadi pusat cerita, tentukan nama, watak, dan gaya bicaranya karena setiap drama harus memiliki "nyawa". Kedua, gerakkan tiap cerita dengan menghadirkan konflik yang menjadi inti dari cerita. Ketiga, menciptakan latar yang mendukung untuk menghidupkan cerita. Keempat, menyusun alur yang logis. Kelima, membuat kerangka adegan hingga cerita selesai. Keenam, kerangka yang telah dibuat akan siap menjadi naskah drama seutuhnya dengan menambahkan penjelasan latar, kata-kata narator, nama tokoh, dan petunjuk lakuan.

Berikut adalah contoh cuplikan drama dengan tema pendidikan.

Belajar yang Tulus

Prolog
Narator: Pagi yang cerah dengan angin yang sejuk terembus menyentuh kulit. Kecemasan yang sedang dirasakan Amanda tampaknya tidak membuat ia merasakan betapa sejuknya udara pagi ini. Ia sangat gugup menghadapi ujian akhir semester dan ia sangat kelelahan karena belajar sampai tengah malam. Ia sangat khawatir jika ia tidak dapat menyelesaikan soal ujian dengan baik.

Amanda: (menundukkan wajah di atas buku yang sedang terbuka) Huaa, saya sangat takut kalau soal ujian ini tidak bisa saya jawab.

Lila: (menoleh ke Amanda) Kamu kan sudah belajar dengan giat, selama ini kamu selalu mendapat hasil ujian dengan nilai hampir sempurna. Kamu pasti bisa.

Amanda: (menunjukkan wajah tampak sedih) Saya ingin nilai yang sempurna. Saya mau hasil ujian kali ini, saya bisa berada di peringkat pertama. Saya harus dapat nilai 100 di semua mata pelajaran.

Lila: (beranjak ke samping Amanda dan menggengam tangannya) Amanda, tugas kita itu belajar yang tulus, menyiapkan ujian, melaksanakan ujian, menunggu hasil ujian, dan selebihnya mengharapkan hasil yang baik. Tetapi, kita tidak perlu mencemaskannya. Semua hasil yang akan kita peroleh akan sesuai dengan usaha yang telah kita lalui. Jika pun tidak sesuai dengan yang diharapkan, kita tidak perlu sedih, kita hanya perlu belajar lebih giat lagi. Sekarang, waktunya untuk percaya diri bahwa kamu akan memberikan usaha terbaikmu untuk menyelesaikan semua ujian, dan tidak perlu terlalu mendambakan peringkat. Kamu sudah menjadi yang terbaik di mata kita semua. Semua orang di sekolah ini tahu bahwa Amanda adalah siswa berprestasi dan cerdas. Ayo, bukunya ditutup saja. 

Amanda: (menunduk dan merenung setelah mendengarkan nasihat Lila)

Lila: (menutup buku di hadapan Amanda) Sudah, sudah. Bukunya ditutup saja. Tenangkan hati agar bisa fokus. Semangat! (sambil mengepalkan tangan dan meninggikannya)

Amanda: (tersenyum menatap Lila) Baiklah, saya tidak perlu memaksakan diri. Terima kasih, Lila. Semangat! (mengikuti gerakan tangan Lila)space 

0

Roboguru

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan pada saat menyusun teks drama, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Drama merupakan suatu karya sastra yang ditulis dalam bentuk dialog dan dengan maksud dipertunjukkan oleh aktor. Adapun cara menulis teks drama adalah sebagai berikut:

  • menentukan tema/topik
  • menentukan isi cerita
  • menentukan alur
  • membuat kerangka
  • mengembangkan kerangka
  • melakukan evaluasi dan pembenahan

Oleh karena itu, hal-hal yang tidak perlu dilakukan pada saat menyusun teks drama adalah megatur akting pelaku.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space 

1

Roboguru

Ibu : Vian, mandi dulu, masa bangun tidur nyisir sih. Vian : Iya, Bu (seraya menuju kamar mandi) Ibu : […….] (1) Via...

Pembahasan Soal:

Untuk dapat melengkapi percakapan dengan baik, dapat dilihat kalimat sebelumnya yang menjelaskan tentang Vian bangun tidur langsung nyisir dan tidak mandi dulu kemudian Vian menuju kamar mandi. Kalimat selanjutnya dapat dilanjutkan dengan hal yang biasa dilakukan di kamar mandi yaitu sikat gigi. Setelah itu Ibu menyuruh Vian membawa handuk, dialog yang tepat adalah tentu Vian tidak mau basah. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah A. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved