Roboguru

Suku Batak menganut sistem kekerabatan patrilineal dan pernikahan bersifat eksogami, yaitu seorang laki-laki harus menikah dengan perempuan yang berbeda marga. Pelanggaran terhadap norma akan dikenakan sanksi yang keras. Ditinjau dari daya mengikatnya, contoh tersebut termasuk norma....

Pertanyaan

Suku Batak menganut sistem kekerabatan patrilineal dan pernikahan bersifat eksogami, yaitu seorang laki-laki harus menikah dengan perempuan yang berbeda marga. Pelanggaran terhadap norma akan dikenakan sanksi yang keras. Ditinjau dari daya mengikatnya, contoh tersebut termasuk norma.... 

  1. Usage 

  2. Mores 

  3. Laws 

  4. Customs 

  5. Folkways 

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan mengenai norma sesuai ilustrasi ditinjau berdasarkan daya mengikatnya.

Norma berdasarkan tingkatannya/daya ikatnya dibagi menjadi 4, antara lain :

  1. Cara (usage). Norma yang paling lemah daya ikatnya dan orang yang melanggar hanya mendapat sanksi berupa cemooh. Contoh: Berkecap saat makan, meludah di sembarang tempat.
  2. Kebiasaan (folkways). Norma yang daya ikatnya lebih kuat dibandingkan usage yang merupakan perbuatan berulang-ulang yang kemudian diakui sebagai ciri dari masyarakat yang bersangkutan. Contoh: mengetuk pintu sebelum masuk ruangan orang lain.
  3. Tata kelakuan (mores). Aturan yang diterima masyarakat secaar sadar maupun tidak sadar dan dijadikan sebagai alat kontrol sosial terhadap anggotanya. Contoh: larangan minum-minuman keras.
  4. Adat istiadat (custom). Norma yang tidak tertulis namun memiliki sanksi baik langsung maupun tidak langsung dan sanksinya berupa penolakan dari masyarakat. Norma adat atau customs adalah kumpulan tata kelakuan masyarakat tertentu yang jadi pedoman tertinggi dalam bertindak/berperilaku. Fungsi dari norma adat ini adalah untuk menjaga kebudayaan masyarakat setempat supaya tetap lestari atau bertahan, karena di balik norma adat ini ada nilai sosial yang ingin terus dijaga dan dijunjung tinggi. Contoh: Suku Batak menganut sistem kekerabatan patrilineal dan pernikahan bersifat eksogami, yaitu seorang laki-laki harus menikah dengan perempuan yang berbeda marga. Apabila norma ini dilanggar akan dikenakan sanksi yang tegas.

Berdasarkan uraian di atas, maka jawaban yang tepat adalah D. Customs 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Mutiara

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tingkatan norma adat istiadat memiliki kekuatan mengikat paling tinggi dibandingkan tingkatan norma yang lain karena ….

Pembahasan Soal:

Tingkatan norma sosial juga berkaitan erat dengan daya ikat atau sanksi dan pelanggaran terhadap norma sosial yang berlaku.
1) Seseorang yang melanggar norma cara akan mendapatkan ejekan atau teguran.
2) Seseorang yang melanggar norma kebiasaan akan ditegur, diejek, bahkan dianggap menyimpang.
3) Seseorang yang melanggar norma tata kelakuan akan mendapatkan hukuman fisik atau penolakan dari orang sekitar.
4) Seseorang yang melanggar norma adat istiadat akan diasingkan yang merupakan gabungan dari hukuman fisik dan psikis.
Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

 

Roboguru

Jelaskan norma-norma sosial berdasarkan tingkatannya beserta contohnya!

Pembahasan Soal:

Norma berdasarkan tingkatannya/daya ikatnya dibagi menjadi 4, antara lain:

  1. Cara (usage). Norma yang paling lemah daya ikatnya dan orang yang melanggar hanya mendapat sanksi berupa cemooh. Contoh: Berkecap saat makan, meludah di sembarang tempat.
  2. Kebiasaan (folkways). Norma yang daya ikatnya lebih kuat dibandingkan usage yang merupakan perbuatan berulang-ulang yang kemudian diakui sebagai ciri dari masyarakat yang bersangkutan. Contoh: mengetuk pintu sebelum masuk ruangan orang lain.
  3. Tata kelakuan (mores). Aturan yang diterima masyarakat secaar sadar maupun tidak sadar dan dijadikan sebagai alat kontrol sosial terhadap anggotanya. Contoh: larangan minum-minuman keras.
  4. Adat istiadat (custom). Norma yang tidak tertulis namun memiliki sanksi baik langsung maupun tidak langsung dan sanksinya berupa penolakan dari masyarakat. Contoh: hukum adat di Aceh melarang laki-laki dan perempuan tidak boleh dalam satu ruangan dan apabila melanggar akan dihukum cambuk.undefined 
Roboguru

Dodo adalah pemuda dari suku Anak Dalam yang ada di Medan. Ia ke luar dari desa untuk memperoleh pendidikan. Saat kembali ke desa, ia diwajibkan untuk memberikan kain kepada kepala suku karena diangga...

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah nama norma sosial berdasarkan sanksi yang diberikan kepada Dodo.

Sanksi yang diberikan kepada Dodo tergolong dalam customs (adat istiadat). Norma ini merupakan kumpulan tata kelakuan yang paling tinggi kedudukannya karena bersifat kekal dan berintegrasi sangat kuat terhadap masyarakat yang memilikinya. Tindakan Dodo yang menempuh pendidik di luar desa dinilai sebagai pelanggaran sehingga diwajibkan memberi kain putih untuk kepala suku.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Contoh tindakan yang menunjukkan pelanggaran norma adat istiadat atau custom adalah ….

Pembahasan Soal:

Tingkatan norma sosial yang keempat, yaitu norma adat istiadat atau customs. Pada tingkatan ini, norma memiliki kekuatan untuk mengikat semua anggotanya agar bertingkah laku sesuai dengan ketentuan yang ada. Norma adat istiadat ini sangat kuat ikatannya pada masyarakat yang bersangkutan. Dengan adanya norma adat istiadat, diharapkan masyarakat berperilaku sesuai aturan yang ada. Norma adat istiadat juga dibuat untuk menjaga dan membuat kebudayaan masyarakat setempat tetap lestari. Siapapun yang melanggarnya, maka akan mendapatkan sanksi atau hukuman sesuai dengan adat dan ketentuan yang berlaku pada masyarakat itu. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

Roboguru

Karang Madu adalah desa khusus bagi laki-laki warga Desa Penglipuran yang memiliki istri lebih dari satu. Tempat ini terpisah dari Desa Penglipuran. Antara desa dan tempat ini dibatasi oleh tembok yan...

Pembahasan Soal:

Salah satu norma adat istiadat yang hidup dan berkembang di Desa Penglipuran adalah warga laki-laki dilarang memiliki istri lebih dari satu atau poligami. Jika ada yang melanggar, maka dia akan dikucilkan dan dikeluarkan dari lingkungan desa. Tempat khusus pengucilan tersebut yang bernama Karang Memadu. Sanksi sosialnya dari pelanggaran norma ini tidak hanya dikucilkan. Masyarakat yang melanggar norma adat ini dilarang bergabung untuk melaksanakan upacara adat bersama dengan masyarakat desa. Pelanggar norma adat ini juga dilarang untuk memasuki pura yang ada di seluruh Penglipuran dan dilarang untuk melintasi perempatan desa di Bagian Utara. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved