Roboguru

Pertanyaan

Alkisah, ini hikayat orang dahulu kala. Diceritakan orang yang empunya cerita ini kisah pelanduk jenaka pria bijaksana pandai ia berbuat dusta segala binatang di dalam hutan rimba belantara. Demikianlah bunyinya, sekali peristiwa ada seekor pelanduk, maka ia duduk kepada suatu rimba hampir dengan Gunung lndrakila namanya disebut orang dan padang itupun ... luasnya. Maka, banyaklah pada tempat itu segala binatang marga satwa sekaliannya berhimpun di sana.space 

Sudut pandang yang digunakan dalam penggalan hikayat tersebut adalah ....space 

  1. orang pertama pelaku utamaspace 

  2. orang pertama serbatahuspace 

  3. orang pertama pelaku sampinganspace 

  4. orang keduaspace 

  5. orang ketiga serbatahuspace 

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan

Hikayat adalah karya sastra lama melayu yang menceritakan kehidupan kerajaan atau bangsawan di masa lampau. Adapun salah satu unsur intrinsik hikayat adalah sudut pandang, yaitu posisi pengarang dalam menyampaikan ceritanya. Jenis sudut pandang dibagi menjadi:

  1. Sudut pandang orang pertama pelaku utama. Penulis menggunakan kata akukami sebagai tokoh utama cerita dan mengisahkan dirinya sendiri, tindakan, dan kejadian disekitarnya.
  2. Sudut pandang orang pertama pelaku sampingan. Penulis menggunakan kata akukami tetapi tidak sebagai tokoh utama, tidak mempengaruhi jalannya cerita, hanya menyampaikan pendapatnya mengenai suatu kejadian yang kemudian akan diceritakan langsung melalui tokoh utama.
  3. Sudut pandang orang ketiga pengamat. Penulis menggunakan kata ganti orang ketiga dia atau nama orang untuk tokoh-tokohnya. Tokoh tersebut hanya sebagai pengamat, penulis tidak terlibat dalam cerita. 
  4. Sudut pandang orang ketiga serbatahu. Orang ketiga serba tahu memosisikan penulis mengetahui jalan pemikiran tokoh. Biasanya menggunakan kata ganti orang ketiga dia atau nama orang untuk tokoh-tokohnya.

Pada penggalan hikayat di atas, penulis menggunakan nama orang untuk tokoh-tokohnya dan mengetahui keseluruhan keadaan dalam cerita. Oleh karena itu, sudut pandang yang digunakan dalam penggalan hikayat tersebut adalah orang ketiga serbatahu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.space 

5rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Amanat yang tersirat dalam kutipan sastra klasik tersebut adalah …

30rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia