Roboguru

Suatu unsur X bereaksi dengan klorin membentuk suatu padatan XCI. Konfigurasi elektron dari unsur tersebut adalah ...

Pertanyaan

Suatu unsur X bereaksi dengan klorin membentuk suatu padatan XCI. Konfigurasi elektron dari unsur tersebut adalah ...space

  1. 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 6 

  2. 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 6 italic space 3 italic s to the power of italic 1 

  3. 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 6 italic space 3 italic s squared 

  4. 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 6 italic space 3 italic s squared italic space 3 italic p to the power of italic 1 

  5. 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 6 italic space 3 italic s squared italic space 3 italic p to the power of 5 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat adanya gaya elektrostatik antara ion positif dan ion negatif. yang terjadi akibat perpindahan elektron dari satu atom ke atom lain. Ikatan ion biasanya terbentuk antara atom unsur logam (cenderung mudah melepaskan elektron) dan atom unsur nonlogam (cenderung menangkap elektron). Atom logam, setelah melepaskan elektron berubah menjadi ion positif. Sedangkan atom nonlogam, setelah menerima elektron berubah menjadi ion negatif. Ikatan ion merupakan ikatan yang relatif kuat. Pada suhu kamar, semua senyawa ion berupa zat padat kristal dengan struktur tertentu.space

Senyawa dengan rumus kimia XCI yang berbentuk padatan, kemungkinan besar merupakan suatu senyawa ionik. Senyawa ini terdiri atas unsur X dan Cl. Unsur X merupakan unsur logam dan unsur Cl (klorin) merupakan unsur nonlogam dari golongan VIIA. Unsur Cl (klorin) cenderung menangkap 1 elektron untuk membentuk ion Cl to the power of minus sign. Oleh sebab itu, untuk XCl reaksi ionisasinya adalah sebagai berikut.

italic X Cl yields italic X to the power of plus plus Cl to the power of minus sign 

Berdasarkan persamaan reaksi ionisasi di atas, dapat diketahui bahwa unsur X membentuk kation (ion positif) bermuatan +1. Ion italic X to the power of plus terbentuk dari unsur X yang melepaskan 1 elektron valensinya. Unsur X yang melepaskan 1 elektron valensinya menunjukkan bahwa unsur X memiliki 1 elektron valensi, artinya unsur X adalah unsur logam yang terletak pada golongan IA dalam sistem periodik. Agar kita dapat mengetahui suatu unsur merupakan unsur golongan IA dapat dilihat dari elektron valensi (elektron terluar) pada konfigurasi elektronnya. Unsur logam golongan IA akan memiliki konfigurasi elektron yang berakhir pada n italic s to the power of 1 sebagai elektron valensi, dengan n merupakan nomor kulit elektron (misal 1, 2, 3, dst).space

Dengan demikian, kemungkinan konfigurasi elektron dari unsur X adalah 1 italic s squared space 2 italic s squared space 2 italic p to the power of 6 italic space 3 italic s to the power of italic 1.space

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kelompok senyawa yang semuanya berikatan ion adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi karena adanya serah terima elektron dari satu atom ke atom lainnya, atau ikatan yang terbentuk antara unsur logam dengan unsur nonlogam.

Dengan demikian, kelompok senyawa yang semuanya berikatan ion adalah space K ClNa I, dan Mg Br subscript 2.

  • KCl terdiri dari unsur K (logam) dan Cl (non logam)
  • NaI terdiri dari unsur Na (logam) dan I (non logam)
  • MgBr2 terdiri dari Mg (logam) dan Br (non logam)

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Senyawa berikut yang berikatan ion adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan ion merupakan ikatan kimia yang terbentuk antara unsur logam dan nonlogam. Unsur logam mencapai oktet dengan cara melepaskan elektron sehingga membentuk muatan positif (kation) sedangkan unsur nonlogam mencapai oktet dengan cara menangkap elektron sehingga membentuk muatan negatif (anion).

Senyawa yang berikatan ion adalah Mg Cl subscript 2 karena Magnesium merupakan logam (unsur logam golongan IIA/ alkali tanah) yang melepas 2 elektron di kulit terluarnya sehingga menjadi ion Mg to the power of 2 plus sign. Klorin merupakan nonlogam (unsur golongan VII/ halogen) yang mengikat 1 elektron di kulit terluarnya sehingga menjadi ion Cl to the power of minus sign. Reaksi pembentukan senyawa ion Mg Cl subscript 2 adalah sebagai berikut:

Mg to the power of 2 plus sign 2 Cl to the power of minus sign yields Mg Cl subscript 2 

Pengecualian untuk unsur Hidrogen (H) walaupun terletak pada golongan IA akan tetapi bukan merupakan unsur logam.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Unsur X dan Y membentuk senyawa dengan rumus kimia XY3​. Kemungkinan nomor atom X dan Y adalah  ....

Pembahasan Soal:

XY subscript 3 yields X to the power of 3 plus sign and 3 Y to the power of minus sign

  • X to the power of 3 plus sign adalah ion dari unsur yang melepaskan 3 elektron terluarnya untuk mencapai kesatabilan. Konfigurasi elektron: 2 3 (nomor atom = 5)
  • Y to the power of minus sign adalah ion dari unsur yang menyerap 1 elektron untuk mencapai kesatabilan. Konfigurasi elektron: 2 7 (nomor atom 9)

Dengan demikian, kemungkinan nomor atom X dan Y adalah 5 dan 9.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

1

Roboguru

Diketahui unsur-unsur dengan nomor atom sebagai berikut: 8​X, 9​Y, 11​Q, 16​R, dan 19​Z  Pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan ion adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan ion (elektrovalen) adalah ikatan yang terjadi karena adanya gaya tarik-menarik elektrostatik antara ion positif dan ion negatif, ini terjadi karena kedua ion tersebut memiliki perbedaan keelektronegatifan yang besar.

Ikatan ion terbentuk antara atom yang melepaskan elektron (logam) dengan atom yang menerima elektron (non logam). Unsur-unsur yang merupakan logam umumnya terletak pada golongan IA, golongan IIA dan unsur Aluminium. Sedangkan unsur non logam terletak pada golongan IVA sampai VIIIA.

Konfigurasi elektron beserta letak unsur-unsur tersebut pada tabel periodik dapat kita lihat dari elektron valensinya yang menandakan golongan unsur yaitu:

  • X presubscript 8 presuperscript blank : 2 6 (golongan VIA, non logam)
  • Y presubscript 9 presuperscript blank : 2 7 (golongan VIIA, non logam)
  • Q presubscript 11 presuperscript blank : 2  8 1 (golongan IA, logam)
  •  R presubscript 16 presuperscript blank : 2 8 6 (golongan VIA, non logam)
  •  Z presubscript 19 presuperscript blank : 2 8 8 1  (golongan IA, logam)

Berdasarkan uraian di atas, maka pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan ion adalah X dan Qspaceselain itu juga Y dan Q karena terdiri dari unsur nonlogam dan logam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A dan E.space 

0

Roboguru

Diketahui nomor atom unsur: A=3 B=4 C=11 D=12 E=9 F=17 Ikatan paling ionik dapat terbentuk antara ....

Pembahasan Soal:

Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi akibat perpindahan elektron atau serah terima elektron dari satu atom ke atom lainnya. Ikatan ion dapat terjadi antara logam (melepaskan elektron) dan non logam (menerima elektron). Atom logam akan melepaskan elektron untuk mencapai kestabilan sehingga membentuk ion positif (kation) sedangkan atom non logam akan menerima elektron untuk membentuk ion negatif (anion).

  • A=3 (konfigurasi : 2 1, golongan IA, unsur logam)
  • B=4 (konfigurasi : 2 2, golongan IIA, unsur logam)
  • C=11 (konfigurasi : 2 8 1, golongan IA, unsur logam)
  • D=12 (konfigurasi : 2 8 8 2, golongan IIA, unsur logam)
  • E=9 (konfigurasi : 2 7, golongan VIIA, unsur nonlogam)
  • F=17 (konfigurasi : 2 8 7, golongan VIIA, unsur nonlogam)

Pasangan unsur yang dapat membentuk ikatan ionik:

  1. A dengan E
  2. A dengan F
  3. B dengan E
  4. B dengan F
  5. C dengan E
  6. C dengan F
  7. D dengan E
  8. D dengan F

Seberapa kuat interaksi antara kation anion akan menentukan karakter kovalen atau karakter ion suatu senyawa. Untuk membandingan ikatan-ikatan ionik ini maka dapat dilihat dalam aturan Fajan.

Berdasarkan aturan Fajan:

  1. Ukuran Kation (Jari-jari Kation Logam) : Semakin kecil ukuran kation maka semakin besar daya polarisasi dan karena itu karakter kovalennya semakin besar dan karakter ionik makin kecil. Pada unsur satu golongan, periode lebih kecil maka karakter kovalennya semakin besar dan karakter ionik makin kecil.
  2. Ukuran Anion (Jari-jari Anion Nonlogam) : Semakin besar ukuran anion, semakin besar polarisabitas, oleh karena itu sifat kovalennya juga lebih besar  dan karakter ionik makin kecil. Pada Pada unsur satu golongan, periode lebih besar maka karakter kovalennya semakin besar dan karakter ionik makin kecil.
  3. Muatan ion : Dengan bertambahnya muatan pada kation, kecenderungan polarisasi elektron dari anion akan bertambah dan karena itu sifat kovalennya juga bertambah. Serupa jika muatan anion bertambah, maka daya polarisasinya juga bertambah dan karena itu sifat kovalennya meningkat dan karakter ionik makin kecil.
  4. Konfigurasi elektron kation: kation dengan elektron valensi 18 membuat anion lebih terpolarisasi, semakin terpolarisasi maka semakin kovalen.

Ikatan ionik yang paling kuat terbentuk antara golongan IA dengan periode tertinggi dan juga golongan VIIA dengan periode terendah, yaitu C dengan E. 

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved