Roboguru

Suatu senyawa memiliki ciri-ciri sebagai berikut. Larut dalam air. Titik didihnya tinggi. Lelehannya dapat menghantarkan arus listrik. Jenis ikatan dan contoh senyawa tersebut berturut-turut adalah ....

Pertanyaan

Suatu senyawa memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  1. Larut dalam air.
  2. Titik didihnya tinggi.
  3. Lelehannya dapat menghantarkan arus listrik.

Jenis ikatan dan contoh senyawa tersebut berturut-turut adalah ....space

  1. ion, begin mathsize 14px style Na Cl end style 

  2. logam, begin mathsize 14px style Cu Cl subscript 2 end style 

  3. kovalen polar, begin mathsize 14px style H I end style 

  4. Van Der Waals, begin mathsize 14px style H subscript 2 S end style 

  5. kovalen nonpolar, begin mathsize 14px style H Cl end style 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Senyawa ion memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Larut dalam air.
  • Titik didihnya tinggi.
  • Lelehannya dapat menghantarkan arus listrik.
  • Terionisasi menghasilkan ion-ion yang bergerak bebas.

Senyawa yang memiliki ciri-ciri diatas adalah NaCl.

Jadi, jawaban yang benar adalah (A).

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kelompok larutan elektrolit yang berupa senyawa ion adalah ...

Pembahasan Soal:

Larutan elektrolit yang termasuk

Senyawa Kovalenrightwards arrow space space H Cl comma space C H subscript 3 C O O H comma space N H subscript 3 comma space H subscript 2 S O subscript 4      
Senyawa Ionik rightwards arrow space Na Cl comma space Mg Cl subscript 2 comma space K subscript 2 S O subscript 4 comma space K N O subscript 3 comma space Na Br     

Jadi jawaban yang tepat adalah B.Na Cl comma space Mg Cl subscript 2 comma space dan space K subscript 2 S O subscript 4 space      

0

Roboguru

Pasangan senyawa di bawah ini yang keduanya merupakan senyawa ion adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan ion terbentuk antara atom yang melepaskan elektron (logam) dengan atom yang menerima elektron (non logam). Atom yang melepas elektron berubah menjadi ion positif, sedangkan atom yang menerima elektron menjadi ion negatif. Antara ion-ion yang berlawanan muatan ini, terjadi tarik-menarik (gaya elektrostatik) yang disebut ikatan ion. Senyawa-senyawa yang terbentuk melalui ikatan ion disebut senyawa- senyawa ionik. Ikatan ion adalah 

Berdasarkan penjelasan di atas maka pasangan senyawa yang merupakan senyawa ion adalah Na Cl dan K Br karena kedua senyawa tersebut memiliki ikatan ion yang terdiri dari unsur logam dan non logam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Dari larutan berikut, yang paling kuat daya hantar listriknya adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Pada soal, memiliki konsesntrasi atau molaritas yang samaa, yaitu 0,1 M. Jadi tuga kita adalah dapat menentukan larutan yang dapat terionisasi sempurna dan juga yang menghasilkan ion paling banyak.

Reaksi ionisasi nya adalah

A.    HCl  rightwards arrow H to the power of plus sign space plus space C I to the power of minus sign  (menghasilkan 2 ion, terdiri dari 1 ion C I to the power of minus sign dan 1 ion H to the power of plus sign)
B.    H subscript 2 S O subscript 4 space rightwards arrow space 2 H to the power of plus sign space plus space S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent  (menghasilkan 3 ion, terdiri dari 2 ion H to the power of plus sign dan 1 ion S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent)
C.    C H subscript 3 C O O H space rightwards arrow space C H subscript 3 C O O to the power of minus sign space plus space H to the power of plus sign (menghasilkan 2 ion, terdiri dari 1 ion H to the power of plus sign dan 1 ion CH3COO-)
D.    undefined sama dengan N H subscript 4 O H space rightwards arrow space N H subscript 4 to the power of plus space plus space O H to the power of minus sign(menghasilkan 2 ion, terdiri dari 1 ion O H to the power of minus sign dan 1 ion N H subscript 4 to the power of plus )
E.    C subscript 22 H subscript 12 O subscript 11 tidak dapat dilarutkan jadi ion-ion

Berdasarkan tebel berikut ini:

Tabel Perbedaan Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit

Larutan Elektrolit Larutan Nonelktrolit
Kuat Lemah
Dapat menghantarkan arus listrik. Dapat menghantarkan arus listrik. TIdak dapat menghantarkan arus listrik.
Menimbulkan nyala lampu pada alat uji daya hantar listrik larutan. Menimbulkan nyala lampu (redup atau bisa tidak menyala) pada alat uji daya hantar listrik larutan. Tidak menimbulkan nyala lampu pada alat uji daya hantar listrik.
Menghasilkan gelembung gas pada alat uji elektrolit. Menghasilkan gelembung gas pada alat uji elektrolit. Tidak menghasilkan gelembung gas pada alat uji elektrolit.
Ketika dilarutkan dalam air, larutan elektrolit terurai menjadi ion. Ketika dilarutkan dalam air, larutan elektrolit terurai menjadi ion. Ketika dilarutkan dalam air, larutan nonelektrolit terurai menjadi molekul.
Ketika dilarutkan dalam air, akan terdisosiasi secara sempurna. Ketika dilarutkan dalam air, akan terdisosiasi secara sebagian. Ketika dilarutkan dalam air, tidak akan terdisosiasi.
Merupakan senyawa ionik atau kovalen polar. Merupakan senyawa ionik atau kovalen polar. Merupakan senyawa kovalen nonpolar.

Larutan yang memiliki daya hantar paling kuat yaitu larutan elektrolit kuat dan juga mempunyai jumlah ion yang banyak. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah B. H subscript 2 S O subscript 4 space rightwards arrow space 2 H to the power of plus sign space plus space S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent  yang menghasilkan 3 ion, terdiri dari 2 ion H to the power of plus sign dan 1 ion S O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent

0

Roboguru

Garam dapur jika dilarutkan dalam air menghasilkan larulan elektrolit karena ....

Pembahasan Soal:

Garam dapur atau rumus kimianya undefined merupakan senyawa ionik yang jika dilarutkan dalam air akan mengalami hidrasi, yaitu terlarut dalam air. Air menyusup di sela-sela butir-butir ion sehingga ion-ion akan terlepas satu dengan lainnya dan bergerak bebas dalam larutan. Senyawa ini dapat terurai sempurna atau terionisasi menjadi ion-ion undefined dan undefined. Ion-ion ini bergerak bebas dalam air sehingga dapat menghantarkan listrik dengan baik.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Sifat elektrolit larutan H2SO4 0,05 M lebih kuat daripada HCl 0,005 M sebab…

Pembahasan Soal:

Dari data tersebut, konsentrasi dari kedua larutan sama. Jenis ikatannya juga sama, yaitu ikatan kovalen. Jumlah konsentrasi ion-ion dalam larutan H2SO4 > konsentrasi ion-ion dalam larutan HCl. Hal ini yang menyebabkan H2SO4 lebih kuat sifat elektrolitnya dari HCl.

H2SO→ 2H+ + SO42-     jumlah ion = 3

HCl → H+ + Cl-                 jumlah ion = 2

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved