Roboguru

Suatu perubahan sosial dapat menimbulkan ketidakserasian bergantung pada ....

Pertanyaan

Suatu perubahan sosial dapat menimbulkan ketidakserasian bergantung pada .... 

  1. Erat atau tidaknya integrasi 

  2. Pertahanan dan keamanan bangsa 

  3. Interaksi sosial 

  4. Sosialisasi 

  5. Struktur sosial 

Pembahasan Soal:

Poin yang ditanyakan adalah hal yang mendasari ketidakserasian yang ditimbulkan suatu perubahan sosial.

Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Definisi perubahan sosial tersebut menunjukkan bahwa perubahan sosial dapat memengaruhi tatanan kehidupan masyarakat, sehingga suatu perubahan sosial dapat menimbulkan ketidakserasian, dan hal ini dapat bergantung pada erat atau tidaknya integrasi, karena semakin erat integrasi maka akan mengecilkan ketidakserasian yang ditimbulkan dari dampak perubahan sosial dalam kehidupan masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Sari

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 17 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perubahan sosial yang terjadi di dalam lingkungan masyarakat dapat menimbulkan ketidakseimbangan atau yang dikenal dengan istilah ....

Pembahasan Soal:

Disequilibrium adalah suatu kondisi dimana adanya bentuk ketidakharmonisan, ketidakseimbangan atau ketidakselarasan dalam berinteraksi masyarakat. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Adanya perubahan sosial yang menimbulkan dampak sosial yang bersifat negatif akan menimbulkan berbagai...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial merupakan proses terjadinya perubahan dalam masyarakat yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat mulai aspek sosial budaya, ekonomi, dan politik. Adanya perubahan sosial memberikan dampak bagi masyarakat salah satunya dampak negatif.
Dampak negatif

  1. Culture Shock. Culture shock merupakan kondisi masyarakat yang merasa kebingungan terhadap kebudayaannya. Hal ini disebabkan adanya perubahan yang terjadi di masyarakat dan berlangsung dalam waktu singkat.
  2. Culture lag. Culture lag merupakan kondisi yang menunjukkan adanya kesejangan budaya. Seperti yang disampaikan oleh William F. Ogburn bahwa culture lag disebabkan karena pertumbuhan unsur budaya di daerah satu dengan daerah yang lain terjadi secara tidak sama. Artinya, ada kebudayaan di suatu daerah tumbuh dengan cepat, dan ada daerah yang lain pertumbuhannya budayanya berlangsug lambat.
  3. Anomi. Menurut Emile Durkheim, anomi merupakan kondisi kacau dalam masyarakat karena tidak adanya suatu peraturan yang dapat dianut masyarakat akibat perubahan sosial. 
  4. Disorganisasi. Disorganisasi merupakan proses memudarnya nilai dan norma dalam masyarakat akibat perubahan sosial.
  5. Pudarnya solidaritas sosial. Memudarnya solidaritas sosial dalam masyarakat disebabkan masyarakat saat ini lebih mementingkan kepentingan pribadi yang menyebabkan sosialsiasi dengan lingkungan sekiatr menjadi kurang dilakukan.
  6. Peningkatan tindak kriminalitas. Tindak kriminaliats yang meningkat dipengaruhi adanya perubahan sosial yang menyebabkan masyarakat tidak mampu menemukan solusi dalam menghadapi perubahan sosial, terutama berkaitan dengan kehidupan yang semakin sulit. 
  7. Pencemaran lingkungan. Adanya penemuan baru seperti bahan-bahan kimia untuk industri, apabila tidak ditangani dengan bijak akan memunculkan adanya permasalahan baru.
  8. Marginalisasi. Marginalisasi merupakan peminggiran atau pembatasan kelompok-kelompok tertentu dalam berbagai aspek kehidupan. Contohnya: Adanya industrialisasi menyebabkan pembangunan industri di berbagai daerah dan seringkali mengambil alih lahan pertanian untuk kegiatan industri yang menyebabkan petani menjadi kehilangan lahan yang menjadi sumber kehidupannya.

Berdasarkan penyelasan di atas, maka opsi C, D, E merupakan dampak negatif perubahan sosial.
Munculnya masalah sosial ekonomi seperti memudarkan solidaritas masyarakat, pencemaran lingkungan, marginalisasi, peningkatan kriminalitas,
Munculnya masalah budaya seperti goncangan budaya hingga munculnya anomie dalam masyarakat.
 undefined

Roboguru

Setiap perubahan sosial pasti akan menimbulkan ketidakseimbangan dalam hubungan-hubungan sosial, keadaan ini disebut ....

Pembahasan Soal:

Ketika terjadi proses perubahan sosial dalam sebuah kelompok masyarakat akan menimbulkan ketidakseimbangan (disequilibrium) dalam hubungan-hubungan sosial. Kehidupan masyarakat kota yang serba lengkap dengan segala macam fasilitas hidup, telah menjadi daya tarik yang luar biasa bagi sebagian masyarakat pedesaan yang ingin ikut menikmati pembangunan di kota. Akibatnya terjadi penumpukan tenaga kerja di kota yang disebabkan oleh derasnya arus urbanisasi. 

Dengan demikian, setiap perubahan sosial pasti akan menimbulkan ketidakseimbangan dalam hubungan-hubungan sosial yang disebut dengan disequilibriumundefined 

Roboguru

Ketertinggalan budaya disebut...

Pembahasan Soal:

Perbedaan antara taraf kemajuan dari berbagai bagian dalam kebudayaan dari suatu masyarakat, dinamakan cultural lag (ketertinggalan kebudayaan). Artinya, dalam suatu masyarakat dapat terjadi pertumbuhan kebudayaan yang tidak selalu sama cepatnya dalam keseluruhannya seperti diuraikan sebelumnya. Akan tetapi, ada bagian yang tumbuh cepat, sedang ada bagian lain yang tumbuhnya lambat. Contohnya adalah fenomena pengendara kendaraan bermotor di Jakarta yang memasuki atau menerobos jalur Busway. Fenomena tersebut menandai adanya cultural lag karena ada ketertinggalan budaya bertransportasi masyarakat dan budaya disiplin berkendara dan berlalu lintas.

Roboguru

Fungsi distribusi dalam lembaga ekonomi sangat penting untuk diperhatikan. Salah satu masalah yang berpengaruh pada fungsi distribusi dalam pemerataan pembangunan adalah kualitas akses jalan yang buru...

Pembahasan Soal:

Lembaga ekonomi mengatur kegiatan ekonomi yang meliputi cara-cara berproduksi, distribusi, dan konsumsi (pemakaian) barang dan jasa yang diperlukan bagi setiap manusia, untuk kelangsungan hidupnya. Aspek distribusi merupakan hal yang sangat penting dalam berjalannya lembaga ekonomi. Hal tersebut dikarenakan aspek distribusi dapat menjembatani keberhasilan aspek produksi dan juga konsumsi.

Salah satu masalah yang berpengaruh pada fungsi distribusi adalah kualitas akses jalan yang buruk. Kondisi ini dapat memicu terjadinya cultural lag yang dialami oleh masyarakat yang tidak merasakan manfaat dari pembangunan. Oleh karena itu, kualitas akses jalan yang buruk dapat mengarahkan persoalan baru yakni, meningkatnya harga-harga barang dan jasa karena terhambatnya distribusi barang dan jasa tersebut. Semakin mahalnya harga-harga barang dan jasa akibat distribusi yang terhambat tersebut, maka akan menghasilkan daya beli masyarakat (konsumsi) yang menurun. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved