Roboguru

Berikut bukan akibat terjadinya  perubahan sosial adalah...

Pertanyaan

Berikut bukan akibat terjadinya  perubahan sosial adalah...space space

  1. pergolakan daerahspace space

  2. kenakalan remajaspace space

  3. aksi protes dan demonstrasispace space

  4. korupsispace space

  5. kriminalitasspace space

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial adalah perubahan dimasyarakat yang memengaruhi sistem sosial, nilai, sikap dan pola perilaku. Perubahan sosial bisa berakibat negatif dan positif

Akibat negatif terjadinya perubahan sosial adalah :

1. Pergolakan daerah

2. Kenakalan remaja

3. Aksi protes dan demonstrasi

4. Kriminalitas

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Dspace space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan dua gejala akibat perubahan sosial berikut ini! Dalam menyikapi perkembangan teknologi digital, seseorang memanfaatkannya untuk belanja online barang-barang yang tidak dibutuhkan hanya k...

Pembahasan Soal:

Gejala pertama telah menggambarkan bahwa seseorang menyikapi perkembangan teknologi secara berlebihan. Dia memanfaatkan perkembangan teknologi digital untuk memenuhi segala kebutuhan gaya hidupnya. Sebenarnya hal ini tidaklah salah. Tapi, belanja barang-barang yang tidak dibutuhkan hanya karena didorong oleh momen flash sale, telah menggambarkan bahwa dirinya mengalami cultural shock akibat adanya perkembangan teknologi. Dalam hal ini, cultural shock yang dialaminya terjadi karena ketidaksiapan menerima perubahan unsur-unsur budaya baru, yang kemudian diresponnya secara berlebihan. Kemudian, pada gejala kedua, ada ketidakmampuan yang dialami seseorang ketika menggunakan ponsel pintarnya di era perkembangan teknologi digital. Di era perkembangan teknologi gadget maupun internet, kondisi seseorang yang mengalami gaptek atau gagap teknologi, merupakan sebuah gejala cultural lag, di mana seseorang atau masyarakat mengalami kesenjangan budaya, yakni antara kemajuan teknologi dan kegagapan pengetahuan dalam menggunakan teknologi. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined 

0

Roboguru

Peningkatan ekonomi, terjadinya perang kekacauan politik, dan konflik di masyarakat merupakan contoh dari...

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan dampak perubahan sosial dan poin yang ditanyakan adalah dampak  perubahan sosial.

Perubahan sosial dimaknai sebagai suatu perubahan pada lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi sistem nilai, norma, dan pola perilaku masyarakat yang bersangkutan. Perubahan sosial dapat berdampak positif dan negatif bagi masyarakat.

Dampak positif perubahan sosial adalah sebagai berikut.

  1. Munculnya nilai dan norma baru yang lebih sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman.
  2. Berkembangnya lembaga-lembaga sosial baru.
  3. Pesatnya perkembangan teknologi.

Dampak negatif perubahan sosial di antaranya:

  1. Disorganisasi sosial. proses melemahnya nilai dan norma dalam suatu masyarakat akibat terjadinya perubahan. Masyarakat saat ini cenderung bersikap individualistis dan kurang memperhatikan lingkungan sosial sekitar.
  2. Cultural Shock. Kondisi ketika masyarakat yang belum siap menerima perubahan sehingga mengakibatkan adanya unsur-unsur kebudayaan asing yang berbeda dengan kebudayaan sendiri. 
  3. Cultural Lag. Ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan akibat terjadinya perubahan serta pergeseran kebudayaan. Cultural lag juga dapat terjadi jika terjadinya perbedaan taraf kemajuan antara berbagai daerah dalam suatu kebudayaanspace

0

Roboguru

Sebutkan dampak negatif perubahan sosial budaya?

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan dampak perubahan sosial dan poin yang ditanyakan adalah dampak negatif perubahan sosial.

Perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi dalam lembaga kemasyarakatan yang mempengaruhi sistem nilai, norma, sikap, struktur sosial, pola hubungan dan pola perilaku dalam kelompok-kelompok di masyarakat. Terjadinya perubahan sosial disebabkan oleh faktor internal (demografi, penemuan baru, pemberontakan) dan faktor eksternal (lingkungan fisik, peperangan, pengaruh budaya luar). Perubahan sosial di masyarakat menyebabkan berbaagi dampak dalam kehidupan di masyarakat, salah satunya dampak negatif, di antaranya:

  1. Disorganisasi sosial. Melemahnya nilai dan norma dalam suatu masyarakat akibat terjadinya perubahan sosial. Misalnya: masyarakat menjadi lebih bersikap individualis.
  2. Culture shock (goncangan budaya). Kondisi ketika masyarakat belum siap menerima adanya perubahan. Hal ini disebabkan perbedaan unsur-unsur budaya asing dengan unsur budaya lokal.
  3. Cultural Lag. Ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan akibat terjadinya perubahan serta pergeseran kebudayaan. 
  4. Terjadinya kerusakan lingkungan.
  5. Kenakalan remaja menjadi meningkat.
  6. Eksistensi adat istiadat menjadi berkurang. space

0

Roboguru

Kadang kala masyarakat tidak dapat menyikapi dengan baik dan menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang terjadi di sekitarnya. Hal tersebut dapat mengakibatkan terjadi gegar budaya dan kesenjan...

Pembahasan Soal:

Poin soal adalah gegar budaya (culture shock) dan kesenjangan budaya (culture lag) akibat perubahan sosial.

Gegar budaya (culture shock) dan kesenjangan budaya (culture lag) merupakan dampak negatif perubahan sosial. Culture shock merupakan kondisi masyarakat yang kaget karena belum siap menerima perubahan yang mana perubahan itu berasal dari luar masyarakat yang berbeda dengan kebudayaannya sendiri. Contoh, ketika berkunjung ke luar negeri terdapat perbedaan cara makan, dan mahasiswa baru yang mengalami gegar budaya karena banyaknya latar belakang suku dan pola pikir yang beragam.

Sedangkan, culture lag merupakan ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan karena perubahan kebudayaan dan terjadi jika terdapat perbedaan taraf kemajuan antara berbagai daerah dalam suatu kebudayaan. Ketika masyarakat mengalami culture lag, maka proses penerimaan perubahan atau kebudayaan berlangsung lama agar bisa menyesuaikan diri. Contohnya, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sangat pesat, tetapi pemikiran, kepercayaan, atau adat suatu masyarakat menolaknya, sehingga penerimaan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh masyarakat tersebut berlangsung lama. 

0

Roboguru

Adanya perubahan sosial yang menimbulkan dampak sosial yang bersifat negatif akan menimbulkan berbagai...

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial merupakan proses terjadinya perubahan dalam masyarakat yang memengaruhi berbagai aspek kehidupan sosial masyarakat mulai aspek sosial budaya, ekonomi, dan politik. Adanya perubahan sosial memberikan dampak bagi masyarakat salah satunya dampak negatif.
Dampak negatif

  1. Culture Shock. Culture shock merupakan kondisi masyarakat yang merasa kebingungan terhadap kebudayaannya. Hal ini disebabkan adanya perubahan yang terjadi di masyarakat dan berlangsung dalam waktu singkat.
  2. Culture lag. Culture lag merupakan kondisi yang menunjukkan adanya kesejangan budaya. Seperti yang disampaikan oleh William F. Ogburn bahwa culture lag disebabkan karena pertumbuhan unsur budaya di daerah satu dengan daerah yang lain terjadi secara tidak sama. Artinya, ada kebudayaan di suatu daerah tumbuh dengan cepat, dan ada daerah yang lain pertumbuhannya budayanya berlangsug lambat.
  3. Anomi. Menurut Emile Durkheim, anomi merupakan kondisi kacau dalam masyarakat karena tidak adanya suatu peraturan yang dapat dianut masyarakat akibat perubahan sosial. 
  4. Disorganisasi. Disorganisasi merupakan proses memudarnya nilai dan norma dalam masyarakat akibat perubahan sosial.
  5. Pudarnya solidaritas sosial. Memudarnya solidaritas sosial dalam masyarakat disebabkan masyarakat saat ini lebih mementingkan kepentingan pribadi yang menyebabkan sosialsiasi dengan lingkungan sekiatr menjadi kurang dilakukan.
  6. Peningkatan tindak kriminalitas. Tindak kriminaliats yang meningkat dipengaruhi adanya perubahan sosial yang menyebabkan masyarakat tidak mampu menemukan solusi dalam menghadapi perubahan sosial, terutama berkaitan dengan kehidupan yang semakin sulit. 
  7. Pencemaran lingkungan. Adanya penemuan baru seperti bahan-bahan kimia untuk industri, apabila tidak ditangani dengan bijak akan memunculkan adanya permasalahan baru.
  8. Marginalisasi. Marginalisasi merupakan peminggiran atau pembatasan kelompok-kelompok tertentu dalam berbagai aspek kehidupan. Contohnya: Adanya industrialisasi menyebabkan pembangunan industri di berbagai daerah dan seringkali mengambil alih lahan pertanian untuk kegiatan industri yang menyebabkan petani menjadi kehilangan lahan yang menjadi sumber kehidupannya.

Berdasarkan penyelasan di atas, maka opsi C, D, E merupakan dampak negatif perubahan sosial.
Munculnya masalah sosial ekonomi seperti memudarkan solidaritas masyarakat, pencemaran lingkungan, marginalisasi, peningkatan kriminalitas,
Munculnya masalah budaya seperti goncangan budaya hingga munculnya anomie dalam masyarakat.
 undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved