Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suatu kumparan berkawat tipis dengan jumlah lilitan, arus listrik, dan jari-jari kumparan berturut-turut adalah N . I , dan R. Apakah induksi magnetik di pusat lingkaran kumparan bertambah jika dilakukan penambahan nilai R tetapi N dan I tetap. Jelaskan jawaban anda.

Suatu kumparan berkawat tipis dengan jumlah lilitan, arus listrik, dan jari-jari kumparan berturut-turut adalah N. I, dan R. Apakah induksi magnetik di pusat lingkaran kumparan bertambah jika dilakukan penambahan nilai R tetapi N dan I tetap. Jelaskan jawaban anda.space  

Iklan

F. Arifin

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Trisakti

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jika jari-jari kumpatan( R ) bertambah, sedangkan jumlah lilitan ( N ) dan kuat arus ( I )tetap, maka besar induksi magnetik kumparan tersebut akan berkurang.

jika jari-jari kumpatan (R) bertambah, sedangkan jumlah lilitan (N) dan kuat arus (I) tetap, maka besar induksi magnetik kumparan tersebut akan berkurang.

Iklan

Pembahasan

Kuat medan magnetik pada kumparan melingkar dengan jumlah lilitan tertentu dapat ditentukan dengan persamaan: B = 2 R μ o ​ N I ​ dimana N adalah jumlah lilitan, I adalah kuat arus, dan R adalah jari-jari kumparan. Dari persamaan di atas dapat disimpulkan bahwa induksi magnetik berbanding lurus dengan jumlah lilitan N dan kuat arus I , dan berbanding terbalik dengan jari-jari kumparan R . Jadi, jika jari-jari kumpatan( R ) bertambah, sedangkan jumlah lilitan ( N ) dan kuat arus ( I )tetap, maka besar induksi magnetik kumparan tersebut akan berkurang.

Kuat medan magnetik pada kumparan melingkar dengan jumlah lilitan tertentu dapat ditentukan dengan persamaan:

  

dimana N adalah jumlah lilitan, I adalah kuat arus, dan R adalah jari-jari kumparan. Dari persamaan di atas dapat disimpulkan bahwa induksi magnetik berbanding lurus dengan jumlah lilitan N dan kuat arus I, dan berbanding terbalik dengan jari-jari kumparan R.

Jadi, jika jari-jari kumpatan (R) bertambah, sedangkan jumlah lilitan (N) dan kuat arus (I) tetap, maka besar induksi magnetik kumparan tersebut akan berkurang.

Latihan Bab

Pendahuluan Magnet

Konsep Medan Magnet

Medan Magnet Kawat Lurus

Medan Magnet Kawat Melingkar

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

952

Dimas rifki

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dua utas kawat dibengkokkan membentuk setengah lingkaran dengan jari-jari a seperti ditunjukkan. Jika setengah lingkaran yang atas memiliki hambatan 2 R Ω dan yang bawah memiliki hambatan R , medan ma...

4rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia