Struktur resensi yang tidak terdapat pada teks resensi tersebut yaitu bagian ....

Pertanyaan

Bacalah kutipan resensi berikut ini untuk menjawab soal nomor 30 s.d. 32!


Judul Buku: Dahsyatnya Hypnoparenting
Penulis: Agus Sutiyono
Penerbit: Penebar Plus+
Cetakan: Kedua, Jakarta 2010
Tebal: iv + 116 halaman
ISBN: 978-602-8661-23-2

    Kesuksesan berangkat dari keluarga. Dari keluargalah seseorang dibentuk karakternya. Namun, dalam perjalanannya, banyak orang tua yang menemui berbagai kesulitan dalam mendidik anak. Anak malas belajar, tidak suka makan, kurang percaya diri, nakal, dan masih banyak lagi.

    Hypnoparenting adalah salah satu solusi bagi para orang tua yang menemui kesulitan tersebut. Hypnoparenting berasal dari hypnosis dan parenting. Hipnosis bukan sihir, melainkan pengetahuan dan teknik berkomunikasi dengan sistem kerja otak. Sementara itu, parenting adalah segala sesuatu yang berurusan dengan tugas-tugas orang tua dalam mendidik anak. Hypnoparenting menggunakan prinsip kerja hypnosis (komunikasi dengan otak) dengan pengetahuan tentang bagaimana mendidik anak dan menjadi orang tua yang mampu memahami perkembangan anak untuk menuju kehidupan yang baik, sukses, dan bahagia.

    Orang tua menjadi pelaku penting dalam hypnoparenting ini. Dalam praktiknya, hypnoparenting adalah proses sugestif dengan menanamkan kalimat-kalimat yang bersifat positif. Waktu paling efektif untuk memasukkan sugesti adalah menjelang tidur, saat bangun tidur, pada waktu emosi anak meningkat, dan ketika anak dalam keadaan terkejut.

    Dalam hypnoparenting, orang tua harus memiliki kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual yang tinggi untuk membantu anak-anak mengoptimalkan kemampuan. Anak sebaiknya tidak dididik agar cerdas, tetapi juga mampu berpikir kreatif, imajinatif, dan mempunyai emosi yang stabil. Kreativitas orang tua dibutuhkan dalam menggunakan kalimat sugesti yang tepat untuk anak.

    Buku ini merupakan hasil belajar sang penulis di Fakultas Magister Manajemen IPMI Jakarta dengan spesialisasi program Manajemen Sumber Daya Manusia pada tahun 1996. Selain itu, penulis juga mengikuti Indonesia-Australia Specialist Project II, Human Rights Program-University Of Sidney (UTS), Australia, pada tahun 2003. Buku ini ditulis dengan bahasa yang lugas nan santai dan berorientasi ke dalam keluarga. Buku ini sangat cocok dibaca oleh para orang tua. Kalimat-kalimat sugestif dalam buku ini sangat beragam dan telah diterapkan oleh penulisnya sendiri yang memang berhasil membentuk perilaku anaknya.

    Selain mendapat ilmu tentang cara mendidik, mengubah, atau membentuk perilaku anak, orang tua juga bisa mendapat berbagai ilmu pengetahuan yang bisa mereka ajarkan kepada anak-anak mereka, seperti pengertian hipnotis, mekanisme kerja otak, dan lain sebagainya. Buku ini juga cocok dibaca oleh kalangan remaja. Kalimat-kalimat sugestif yang ada pada buku ini sangat bermanfaat dan dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

    Desain gambar animasi yang banyak terdapat dalam buku ini justru menjadi kekurangan karena buku ini berorientasi dalam kehidupan keluarga yang ditujukan untuk dibaca orang tua. Selain itu, ada banyak istilah dalam bahasa asing yang umumnya sukar dipahami oleh para orang tua. Namun, terlepas dari kekurangan yang ada, buku ini layak dimiliki oleh semua kalangan, khususnya orang tua yang menginginkan anaknya menjadi pribadi yang baik. Mendidik anak layaknya menanam pohon. Jika kita benar secara perlakuannya, kita juga yang akan memetik dan menikmati hasilnya.

Sumber: http://www.materikelas.com, dengan pengubahanundefined 

Struktur resensi yang tidak terdapat pada teks resensi tersebut yaitu bagian ....undefined 

  1. judul resensiundefined 

  2. identitas bukuundefined 

  3. pembukaanundefined 

  4. isiundefined 

  5. penutupundefined 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

Pembahasan

Resensi dapat diartikan sebagai ulasan, tanggapan, penilaian, dan apresiasi seseorang terhadap sebuah buku.

Struktur resensi terdiri atas:

  1. Judul Resensi: Judul harus sesuai dengan isi resensi, menarik, singkat, jelas, dan tidak menimbulkan salah penafsiran. Judul dapat dibuat setelah resensi selesai dibuat.
  2. Identitas Buku: Diisi dengan judul, tahun terbit, kota terbit, penerbit, tebal halaman, dan identitas lainnya dengan teperinci. 
  3. Pembukaan: Memaparkan pengarang buku, seperti namanya atau prestasinya, serta membandingkan dengan karya sejenis yang sudah ada. Pada bagian ini, ada pula yang mengulas tentang penerbit buku. 
  4. Isi: Pada bagian ini diperkenalkan secara garis besar isi buku/sinopsis. Peresensi mengemukakan kelebihan dan kekurangan isi buku ditinjau dari berbagai sudut pandang.
  5. Penutup: Pada bagian akhir resensi diakhiri dengan sasaran yang dituju buku tersebut. Selanjutnya, diberikan penjelasan cocok tidaknya buku tersebut dibaca beserta alasan yang logis.

Struktur resensi yang tidak terdapat pada teks resensi tersebut yaitu bagian judul resensi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan A.undefined 

100

1.0 (1 rating)

Sherly Simanjuntak

Pembahasan tidak menjawab soal

Pertanyaan serupa

Judul resensi buku merupakan gambaran isi resensi buku karena judul resensi ditulis teks resensi, sedangkan judul buku sebagai identitas buku.

131

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia