Roboguru

Stasiun radio Mataramsche Vereeniging voor Radio Omroep (MAVRO) berkembang pada masa kolonial Belanda. Stasiun radio ini terdapat di Provinsi . . . .

Pertanyaan

Stasiun radio Mataramsche Vereeniging voor Radio Omroep (MAVRO) berkembang pada masa kolonial Belanda. Stasiun radio ini terdapat di Provinsi . . . .undefined 

Pembahasan Soal:

Awal sejarah radio di Indonesia dimulai sejak masa penjajahan Belanda. Indonesia yang pada saat itu masih bernama Hindia Belanda, mendirikan radio siaran pertamanya pada tanggal 16 Juli 1925 dengan nama Bataviase Radio Vereniging atau BRV di Batavia. Selama masa penjajahan Belanda, stasiun radio yang beroperasi adalah milik swasta. Sesudah Bataviase Radio Vereniging atau BRV didirikan, berbagai stasiun radio lain pun mulai menjamur, diantaranya adalah Mataramsche Vereniging voor Radio Omroep (MAVRO). MAVRO didirikan di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Radio ini menyiarkan berbagai jenis-jenis informasi yang bersifat ketimuran seperti kebudayaan, kesenian, dan pergerakan nasionalisme.

Dengan demikian Mataramsche Vereniging voor Radio Omroep (MAVRO) terdapat di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Radio Republik Indonesia resmi berdiri pada tanggal ....

Pembahasan Soal:

Sejarah Radio Republik Indonesia bermula sejak pendiriannya secara resmi pada tanggal 11 September 1945 oleh para tokoh yang sebelumnya aktif mengoperasikan beberapa stasiun radio Jepang (Radio Hosu Kyoku) di 6 kota. Rapat ini dihadiri oleh beberapa tokoh yakni Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto, dan Maladi. Rapat ini menghasilkan beberapa keputusan seperti:

  • dibentuknya Persatuan Radio Republik Indonesia (RRI) yang akan meneruskan penyiaran dari 8 stasiun di Jawa,
  • mempersembahkan RRI kepada Presiden Sukarno sebagai alat komunikasi dengan rakyat, dan
  • menyarankan supaya semua hubungan antara pemerintah dan RRI disalurkan melalui Abdulrachman Saleh.

Setelah kesepakatan itu, tepat pukul 24.00 WIB, delegasi 8 stasiun radio mengadakan rapat di rumah Adang Kadarusman. Dalam pertemuan itu dihasilkan kesepakatan, yakni didirikannya RRI dengan Abdulrachman Saleh sebagai pemimpinnya.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah E.

0

Roboguru

Organisasi Perikatan Perkumpulan Radio Ketimuran (PPRK) yang berdiri pada tahun 1937, bertujuan untuk….

Pembahasan Soal:

M. Sutarjo Kartohadikusumo selaku anggota Volksraad (Dewan Rakyat) dan Ir. Sarsito Mangunkusumo yang merupakan salah seorang tokoh pendiri SRV (Solosche Radio Vereeniging) melaksanakan pertemuan di Bandung pada tanggal 29 Maret 1937, dikarenakan semakin banyaknya stasiun-stasiun radio yang ada di Indonesia pada saat itu. Pertemuan tersebut kemudian melahirkan organisasi baru bernama Perikatan Perkumpulan Radio Ketimuran (PPRK) yang bertujuan untuk memajukan kesenian dan kebudayaan nasional.  

 

0

Roboguru

Radio sebagai salah satu media yang telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indonesia harus bisa berfungsi sebagai …

Pembahasan Soal:

Peran radio begitu penting dalam proses penyebaran informasi, maka siaran radio berfungsi sebagai alat pendidik, alat penerangan dan alat hiburan, bukan untuk kegiatan politik. Berikut ini adalah peran radio.

  1. Bersifat Auditif, maksudnya disini adalah konsumen akan dengan mudah untuk mendapatkan informasi karena yang harus dilakukan adalah mendengarkan.
  2. Melatih Konsentrasi, maksudnya disini adalah kita sebagai konsumen harus jeli dalam menyerap atau menerima informasi yang ditampilkan. Harus bener-bener fokus untuk menyimak hingga bisa menyimpulkan informasi apa yang disampaikan dan jangan sampai salah.
  3. Menambah wawasan, sudah pasti yang namanya menerima informasi akan menambah wawasan. Kita akan tidak ketinggalan terhadap berita-berita terbaru yang mungkin tidak dimunculkan di media lain
  4. Berkirim salam, melalui fasilitas yang ada di radio kita bisa melakukan kiri salam kepada teman atau sahabat di tempat lain. Dengan begitu rasa persaudaraan kita menjadi lebih terjaga berkat adanya radio ini.
  5. Promosi usaha, akan dengan sangat mudah kita mengirimkan profil dari usaha yang kita lakukan hingga akhirnya sampai terdengar oleh masyarakat dengan memberikan informasi lewat radio ini.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Pada tanggal 16 Juni 1925, siaran radio untuk pertama kali mengudara di Indonesia. Siaran tersebut disiarkan oleh radio….

Pembahasan Soal:

Radio yang pertama kali mengudara di Indonesia pada masa kolonial Belanda adalah Bataviase Radio Vereniging (BRV), tepatnya pada 16 Juni 1925. Saat itu, Belanda menggunakan siaran radio untuk mempercepat hubungan komunikasi antara negeri induk (Belanda) dengan negeri jajahan mereka yakni Indonesia. Kemudian setelah kemunculan BRV, mulai bermunculan stasiun-stasiun radio lain di Indonesia. Misalnya Solossche Radio Vereenging atau SRV di Surakarta, Nederlansch Indische Radio Omroep Mij atau NIROM di Jakarta, Bandung, dan Medan. Ada juga Mataramse Vereenging Voor Radio Omroep atau MAVRO di Yogyakarta.

0

Roboguru

Tokoh-tokoh pers pendukung pembentukan Radio Republik Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Radio Republik Indonesia, atau biasa disebut RRI, didirikan satu bulan setelah siaran radio Hoso Kyoku dihentikan tanggal 19 Agustus 1945. Saat itu, masyarakat menjadi buta akan informasi dan tidak tahu apa yang harus dilakukan setelah Indonesia merdeka. Apalagi saat itu, radio luar negeri mengabarkan bahwa tentara Inggris yang mengatasnamakan sekutu akan menduduki Jawa dan Sumatera. Pembentukan RRI bertujuan untuk menyampaikan informasi seputar perjuangan kemerdekaan serta kondisi terkini di beberapa wilayah Indonesia. Pendiria RRI dipelopori oleh sejumlah tokoh, seperti Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Soetarji Hardjolukita, Soemarmadi, Sudomomarto, Harto dan Maladi.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved