Roboguru

Organisasi Perikatan Perkumpulan Radio Ketimuran (PPRK) yang berdiri pada tahun 1937, bertujuan untuk….

Pertanyaan

Organisasi Perikatan Perkumpulan Radio Ketimuran (PPRK) yang berdiri pada tahun 1937, bertujuan untuk….

  1. mewadahi radio-radio yang ada di seluruh Indonesia

  2. menjadi tonggak utama persatuan seluruh radio di Indonesia

  3. memajukan kesenian dan kebudayaan nasional

  4. menyebarkan berita-berita nasional bagi rakyat

  5. melayani kebutuhan informasi masyarakat

Pembahasan Soal:

M. Sutarjo Kartohadikusumo selaku anggota Volksraad (Dewan Rakyat) dan Ir. Sarsito Mangunkusumo yang merupakan salah seorang tokoh pendiri SRV (Solosche Radio Vereeniging) melaksanakan pertemuan di Bandung pada tanggal 29 Maret 1937, dikarenakan semakin banyaknya stasiun-stasiun radio yang ada di Indonesia pada saat itu. Pertemuan tersebut kemudian melahirkan organisasi baru bernama Perikatan Perkumpulan Radio Ketimuran (PPRK) yang bertujuan untuk memajukan kesenian dan kebudayaan nasional.  

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 03 Januari 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pada tanggal 16 Juni 1925, siaran radio untuk pertama kali mengudara di Indonesia. Siaran tersebut disiarkan oleh radio….

Pembahasan Soal:

Radio yang pertama kali mengudara di Indonesia pada masa kolonial Belanda adalah Bataviase Radio Vereniging (BRV), tepatnya pada 16 Juni 1925. Saat itu, Belanda menggunakan siaran radio untuk mempercepat hubungan komunikasi antara negeri induk (Belanda) dengan negeri jajahan mereka yakni Indonesia. Kemudian setelah kemunculan BRV, mulai bermunculan stasiun-stasiun radio lain di Indonesia. Misalnya Solossche Radio Vereenging atau SRV di Surakarta, Nederlansch Indische Radio Omroep Mij atau NIROM di Jakarta, Bandung, dan Medan. Ada juga Mataramse Vereenging Voor Radio Omroep atau MAVRO di Yogyakarta.

0

Roboguru

Jumlah stasiun komunikasi yang dibangun dan tersebar di seluruh Indonesia sebagai bagian dari pengembangan SKSD Palapa adalah….

Pembahasan Soal:

Pengembangan SKSD Palapa generasi pertama didukung dengan pembangunan 40 stasiun komunikasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Hal tersebut membuat SKSD Palapa dapat menghubungkan komunikasi antar wilayah di Indonesia. Sejak SKSD Palapa dioperasikan, daya jangkau siaran TVRI dan RRI sudah mampu meliputi berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, Karena SKSD Palapa selain memiliki fungsi sebagai sarana komunikasi seperti siaran televisi dan radio, fungsi lainnya adalah menyediakan saluran telepon hingga menjangkau wilayah luar negeri (khususnya Asia Tenggara).  

 

0

Roboguru

Tokoh yang mendengar berita menyerahnya Jepang kepada Sekutu melalui siaran luar negeri adalah….

Pembahasan Soal:

Akibat diblokirnya semua siaran radio di Indonesia oleh pemerintah Jepang, maka berita menyerahnya Jepang terhadap Sekutu terlambat diketahui oleh masyarakat Indonesia. Namun berita tersebut akhirnya diketahui oleh Sutan Syahrir yang pada saat itu melakukan gerakan bawah tanah. Sutan Syahrir mendengar berita kekalahan Jepang tersebut melalui siaran luar negri. Menindaklanjuti berita tersebut, akhirnya para pejuang kemerdekaan mendesak agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan. 

 

0

Roboguru

Kemunculan televisi di Indonesia bersamaan dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan salah satu ajang berskala internasional. Ajang tersebut adalah….

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1958, Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Asian Games ke-IV, yang akan diselenggarakan tahun 1962. Sebelum Asian Games terselenggara, pemerintah memiliki rencana untuk memasukkan media massa, khususnya televisi dalam penyelenggaraan Asian Games tersebut. Rencana tersebut muncul pada tahun 1961. Pemerintah Indonesia pun memutuskan untuk memasukkan proyek televisi ke dalam proyek pembangunan Asian Games IV. Akhirnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Penerangan No:20/E/M/1961, dibentuklah Panitia Persiapan Pembangunan Televisi di Indonesia. 

 

0

Roboguru

Siaran perdana televisi di Indonesia berlangsung pada tanggal….

Pembahasan Soal:

Siaran perdana televisi di Indonesia berlangsung pada 17 Agustus 1962, untuk meliput acara perayaan kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Beberapa hari kemudian, tepatnya pada 24 Agustus 1962, Panitia Pers Pembangunan Televisi di Indonesia, melalui Seksi Televisi Bagian Biro Radio Republik Indonesia, dan bekerjasama dengan tim dari Televisi Organizing Committee Asian Games IV akhirnya berhasil menayangkan upacara pembukaan Asian Games ke-IV untuk rakyat Jakarta di Gelora Bung Karno. Kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-IV merupakan momen berharga, karena seluruh masyarakat Indonesia saat itu dapat menikmati acara tersebut. 

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved