Roboguru

Spermatosit 2 mengalami meiosis 2 menghasilkan......dan......

Pertanyaan

Spermatosit 2 mengalami meiosis 2 menghasilkan......dan......

Pembahasan Soal:

Spermatozoa merupakan sel kelamin pada pria yang diproduksi organ reproduksi pria melalui proses spermatogenesis. Pembentukan spermatozoa terjadi melalui 1 tahapan pembelahan mitosis dan 2 tahapan pembelahan meiosis yaitu meiosis I dan meiosis II. 

Spermatogenesis diawali dengan pembelahan mitosis dari spermatogonia (calon spermatozoa) menjadi spermatosit primer. Selanjutnya, spermatosit primer mengalami pembelahan secara meiosis. Pada pembelahan meiosis I, spermatosit primer akan menghasilkan spermatosit sekunder. Kemudian dilanjutkan pada tahap meiosis II, spermatosit sekunder akan menghasilkan spermatid yang kemudian akan berkembang menjadi spermatozoa.

Dengan demikian, pada fase pembelahan meiosis II, spermatosit sekunder akan menghasilkan spermatid dan spermatozoa.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pembelahan meiosis terjadi pada organ reproduksi jantan yaitu …

Pembahasan Soal:

Meiosis adalah pembelahan sel yang terjadi pada sel induk untuk menghasilkan sel gamet. Sel induk ini terdapat pada dinding tubulus seminiferus. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan bagian spermatogenesis berikut! Nama bagian yang ditunjuk angka (3) dan (4) beserta proses pembelahan yang terjadi adalah ....

Pembahasan Soal:

Proses pembentukan sperma disebut dengan spermatogenesis yang terjadi di dalam tubulus seminiferus (saluran-saluran halus dalam testis). Angka 3 menunjukkan spermatosit sekunder yang merupakan hasil pembelahan meiosis I dari spermatosit primer. Sementara itu, angka 4 adalah spermatid yang merupakan hasil pembelahan meiosis II dari spermatosit sekunder.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah E.

1

Roboguru

Jelaskan bagaimana proses pembentukan sperma dalam sistem organ reproduksi laki- laki tersebut sampai proses pengeluaran sperma saat ejakulasi!

Pembahasan Soal:

Proses pembentukan sperma pada laki-laki terjadi pada tubulus seminiferus di testis dan disebut spermatogenesis. Sel sperma yang belum matang akan diberi nutrisi oleh sel sertoli menjadi spermatogonium. Kemudian mengalami pembelahan meiosis menjadi spermatosit primer, kemudian spermatosit sekunder dan berakhir menjadi spermatid yang kemudian berkembang menjadi spermatozoa. Selanjutnya spermatozoa menuju epididimis, vas deferens, ditambahkan zat seperti nutrisi dan zat asam menjadi semen kemudian akan disimpan di vesikula seminalis untuk kemudian dikeluarkan ketika ejakulasi melewati uretra.space space 

0

Roboguru

Proses spermatogenesis terjadi melalui pembelahan bertahap seperti tampak pada gambar di bawah ini. Berdasarkan gambar, peristiwa meiosis II beserta hasilnya ditunjukkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Spermatogenesis (proses pembentukan sel sperma), terjadi melalui tiga tahap yaitu :

  1. Tahap penggandaan, sel primordial (huruf A) akan mengalami pembelahan mitosis berulang-ulang (angka 1)  dan membentuk spermatogonia (huruf B).
  2. Tahap pertumbuhan, spermatogonium bersifat diploid. Spermatogonia tumbuh dan berkembang membentuk Spermatosit primer (diploid).
  3. Tahap pematangan, spermatosit primer mengalami pembelahan meiosis I membentuk dua spermatosit sekunder (haploid) (huruf C). Selanjutnya, spermatosit sekunder mengalami pembelahan meiosis II (angka 3) membentuk empat buah spermatid (haploid) (huruf D). Setiap spermatid akan berdiferensiasi menjadi sperma (haploid). Proses pematangan spermatid menjadi sperma disebut spermiasi (huruf E).

Peristiwa meiosis II dan hasilnya ditunjukkan oleh angka 3 dan huruf D.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space 

2

Roboguru

Proses spermatogenesis dipengaruhi oleh beberapa hormon. Pernyataan yang tepat mengenai peran hormon-hormon tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Proses pembentukan sperma atau spermatogenesis terjadi di testis tepatnya di tubulus seminiferus. Spermatogenesis ini dipengaruhi oleh beberapa hormon seperti LH dan FSH. Hormon LH akan merangsang atau memicu sel leydig mengsekresikan hormon testosteron yang berperan dalam spermatogenesis.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved