Roboguru

Sosiologi berusaha menjelaskan fenomena sosial secara logis berdasarkan hubungan sebab akibat yang terjadi dalam masyarakat. Fenomena yang dijelaskan berasal dari hasil observasi dan pengamatan di lapangan. Prinsip ini sesuai ciri ilmu Sosiologi yaitu . . . .

Pertanyaan

Sosiologi berusaha menjelaskan fenomena sosial secara logis berdasarkan hubungan sebab akibat yang terjadi dalam masyarakat. Fenomena yang dijelaskan berasal dari hasil observasi dan pengamatan di lapangan. Prinsip ini sesuai ciri ilmu Sosiologi yaitu . . . .

  1. teoretis dan empiris 

  2. nonetis dan teoretis 

  3. nonetis dan kumulatif

  4. empiris dan kumulatif 

  5. kumulatif dan empiris 

Pembahasan Soal:

Sosiologi dicirikan sebagai ilmu yang empiris artinya, didasarkan pada observasi terhadap kenyataan menggunakan akal sehat dan indra, sehingga hasilnya tidak bersifat spekulatif karena didasarkan pada pengamatan di lapangan. Misalnya, persoalan kemacetan di kota-kota besar tidak bisa hanya dikaji melalui media massa, tetapi butuh penelitian di lapangan untuk mencari tahu akar permasalahan.

Selain itu, sosiologi sebagai ilmu dicirikan sebagai ilmu yang teoritis artinya, selalu berusaha untuk menyusun abstraksi dari hasil pengamatan empiris. Abstraksi merupakan penarikan kesimpulan yang menjelaskan hubungan sebab-akibat dari gejala-gejala sosial yang diteliti. Sebagai contoh, sosiologi menjelaskan adanya hubungan yang signifikan antara kemacetan dengan tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah yang rendah. Abstraksi yang dihasilkan merupakan pernyataan yang menegaskan pentingnya meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah untuk menanggulangi kemacetan. Pernyataan tersebut tidak muncul begitu saja, melainkan melalui proses panjang penelitian sejak observasi hingga penarikan kesimpulan.

Ciri lain dari ilmu sosiologi adalah kumulatif dan nonetis. Kumulatif, artinya sosiologi membangun argumen yang tidak turun begitu saja di ruang hampa, melainkan disusun atas teori-teori yang sudah ada sebelumnya. Teori-teori tersebut merupakan hasil dari penelitian-penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Nonetis, artinya sosiologi membahas suatu permasalahan sosial tanpa mempersoalkan nilainya, yaitu baik atau buruknya suatu persoalan yang dibahas. Sosiologi lebih berkepentingan untuk menjelaskan mengapa suatu fenomena terjadi. Penjelasan tersebut juga harus logis, mendalam, dan mudah dipahami.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rgfreelanceseratusempattujuh

Terakhir diupdate 16 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sosiologi bersifat empiris, kumulatif, dan nonetis. lni merupakan ciri sosiologi sebagai ....

Pembahasan Soal:

Sosiologi berasal dari dua kata, yaitu socius yang berarti teman atau masyarakat dan logos yang berarti ilmu. Menurut Auguste Comte, sosiologi adalah ilmu tentang gejala sosial yang tunduk pada hukum alam dan tidak berubah-ubah. Menilik bahwa sosiologi sebagai ilmu, maka ilmu pengetahuan (science) berbeda dengan pengetahuan (knowledge). Sebagai suatu ilmu pengetahuan, sosiologi memiliki kajian teori yang dibahas dan memiliki ciri.

Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yaitu:

  • Empiris, artinya ilmu pengetahuan yang didasarkan pada observasi (pengamatan) dan akal sehat yang hasilnya tidak bersifat spekulatif melainkan objektif.
  • Teoritis, artinya ilmu pengetahuan berasal dari abstraksi hasil pengamatan di lapangan, sehingga menjadi suatu teori yang logis.
  • Kumulatif, artinya disusun atas dasar teori-teori yang sudah ada, lalu memperbaiki, memperluas, sehingga memperkuat teori sebelumnya.
  • Nonetis, artinya tidak mempersoalkan baik atau buruk masalah tersebut, tetapi bersifat netral dalam menjelaskan masalah.

Dengan demikian, sosiologi yang bersifat empiris, kumulatif, nonetis merupakan ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.  

1

Roboguru

Seorang siswa menyusun hasil abstraksi dari hasil pengamatannya mengenai dampak pencemaran lingkungan bagi kehidupan warga di sekitar suatu kawasan industri yang sedang ditelitinya secara logis. Hal i...

Pembahasan Soal:

Ciri sosiologi bersifat teoritis adalah sosiologi berkaitan dengan usaha dalam menyusun abstraksi dari hasil pengamatan atau observasi.  Abstraksi tersebut berupa kerangka dari hal-hal yang terpenting dalam observasi dan disusun secara logis. Apa yang dilakukan seorang siswa dalam soal ketika ia menyusun abstraksi tentang pencemaran lingkungan hidup adalah salah satu ciri sosiologi yang bersifat teoritis

Dengan melihat, penjelasan tersebut jawaban yang tepat adalah Aspace 

0

Roboguru

Menurut pendapat kalian, mengapa sosiologi tidak bersifat menilai ...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan mengapa sosiologi tidak bersifat menilai. Hal ini berkaitan dengan materi Karakteristik Sosiologi sebagai ilmu. Alasan dibalik sosiologi tidak bersifat menilai karena sosiologi merupakan ilmu murni (pure science) yang bersifat teoritis. Sebagai ilmu murni (pure science), sosiologi membatasi diri dari persoalan-persoalan yang bersifat penilaian.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah, karena sosiologi merupakan ilmu murni atau pure science.space 

0

Roboguru

Dalam melakukan kajian tentang masyarakat, sosiologi mendasarkan pada hasil observasi dan tidak spekulatif, serta hanya menggunakan akal sehat. Hal ini sesuai dengan salah satu ciri sosiologi sebagai ...

Pembahasan Soal:

Sosiologi bersifat empiris adalah sosiologi dalam mencari pengetahuan atau dalam penelitiannya didasarkan pada hasil observasi atau pengamatan langsung di lapangan. Dalam keilmuan sosiologi ilmu tidak bersifat spekulatif dan mengada-ada, atau tidak hanya mengandalkan akal sehat, namun menyertakan bukti langsung di lapangan atau bukti langsung di dalam kehidupan keseharian dalam masyarakat

Dengan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Sebagai ilmu pengetahuan, sifat yang harus melekat dalam kajian sosiologi adalah ...

Pembahasan Soal:

Poin soal adalah sifat/karakteristik sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.

Sebagai ilmu pengetahuan, sosiologi memiliki sifat/karakteristik, antara lain:

  1. Kumulatif, teori sosiologi dibentuk atas dasar teori-teori yang telah ada dan dalam hal ini adalah memperbaiki, memperluas, maupun memperhalus teori lama. Artinya, teori sosiologi terus mengalami perubahan, perkembangan, serta perbaikan karena selaras dengan kehidupan masyarakat.
  2. Empiris, ilmu pengetahuan disusun berdasarkan observasi terhadap realita dan logika, serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.
  3. Teoritis, ilmu pengetahuan selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil-hasil penelitian. Artinya, fakta fenomena atau gejala sosial di masyarakat dikaji secara ilmiah, teoritis, dan konseptual.
  4. Nonetis, sosiologi tidak mempermasalahkan baik atau buruknya fakta karena tujuan utama sosiologi adalah menjabarkan fakta secara analitis dan objektif.

Dengan demikian, berdasarkan pilihan jawaban, maka sifat yang harus melekat dalam kajian sosiologi adalah kumulatif, teoritis, dan empiris.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved