Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan!

Jelaskan ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan!space space 

Iklan

N. Atika

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Poin yang ditanyakan adalahciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan. Sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang berbagai aspek dalam masyarakat serta pengaruhnya bagi kehidupan manusia. Istilah sosiologi pertama kali digunakan oleh Auguste Comte dan kemudian diperluas menjadi suatu disiplin ilmiah oleh Émile Durkheim. Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, antara lain: Empiris, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang didasari pada observasi yang dilakukan terhadap kenyataan dan akal sehat, serta hasilnya tidak bersifat spekulatif. Teoritis, ilmu pengetahuan yang selalu berusaha menyusun secara abstraksi dari hasil-hasil pengamatan . Abstraksi tersebut merupakan kesimpulan logis yang memiliki tujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori. Kumulatif,disusun berdasarkan teori-teori yang telah ada sebelumnya atau diperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama. Nonetis, dalam pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik ataupun buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam .

Poin yang ditanyakan adalah ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan.

Sosiologi adalah ilmu yang membahas tentang berbagai aspek dalam masyarakat serta pengaruhnya bagi kehidupan manusia. Istilah sosiologi pertama kali digunakan oleh Auguste Comte dan kemudian diperluas menjadi suatu disiplin ilmiah oleh Émile Durkheim.

Ciri-ciri sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, antara lain:

  1. Empiris, sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang didasari pada observasi yang dilakukan terhadap kenyataan dan akal sehat, serta hasilnya tidak bersifat spekulatif.
  2. Teoritis, ilmu pengetahuan yang selalu berusaha menyusun secara abstraksi dari hasil-hasil pengamatan. Abstraksi tersebut merupakan kesimpulan logis yang memiliki tujuan untuk menjelaskan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori.
  3. Kumulatif, disusun berdasarkan teori-teori yang telah ada sebelumnya atau diperbaiki, memperluas, serta memperkuat teori-teori yang lama.
  4. Nonetis, dalam pembahasan suatu masalah tidak mempersoalkan baik ataupun buruk masalah tersebut, tetapi lebih bertujuan untuk menjelaskan masalah tersebut secara mendalam.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Ernii

Jawaban tidak sesuai

Akun Fakeee

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebagai ilmu pengetahuan, sifat yang harus melekat dalam kajian sosiologi adalah ...

20

4.4

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia