Roboguru

Sosialisasi merupakan suatu kegiatan bertujuan agar individu mematuhi kaidah-kaidah dan nilai yang berlaku dan dianut oleh masyarakat. Tujuan pokok adanya sosialisasi bukanlah semata- mata agar kaidah-kaidah dan nilai-nilai diketahui serta dimengerti masyarakat. Tujuan akhirnya agar manusia mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku Dengan mematuhi kaidah-kaidah dalam masyarakat diharapkan seseorang mampu menghargai orang lain.      1) Dalam proses sosialisasi, khususnya yang tertuju pada anak dan remaja, terdapat berbagai pihak yang berperan. 2) Pihak-pihak tersebut dapat dinamakan lingkungan-lingkungan sosial tertentu dan pribadi-pribadi tertentu. 3) Lingkungan memiliki peranan nyata dalam pembentukan pola perilaku (tindakan sosial) anak dan remaja. 4) Peranan tersebut tidak mengabaikan peranan pribadi-pribadi yang tidak mustahil mempunyai pengaruh yang lebih besar. 5) Lingkungan yang dimaksud yaitu keluarga, teman sepermainan, dan pendidikan (sekolah).      Lingkungan keluarga, sepermainan, dan pen- didikan sebagai lingkungan pokok dalam menerapkan pengetahuan sosial sangat memengaruhi pemb bentukan kepribadian dan pola perilaku anak dan remaja. Lingkungan-lingkungan tersebut juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang lebih besar. Lingkungan sosial yang lebih besar misalnya lingkungan tetangga, lingkungan tempat kerja lingkungan organisasi, dan lingkungan masyarakat bahkan negara sebagai lingkungan sosial, ekonomi, dan politik. Simpulan tepat sesuai isi kutipan buku tersebut adalah ...

Pertanyaan

    Sosialisasi merupakan suatu kegiatan bertujuan agar individu mematuhi kaidah-kaidah dan nilai yang berlaku dan dianut oleh masyarakat. Tujuan pokok adanya sosialisasi bukanlah semata- mata agar kaidah-kaidah dan nilai-nilai diketahui serta dimengerti masyarakat. Tujuan akhirnya agar manusia mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku Dengan mematuhi kaidah-kaidah dalam masyarakat diharapkan seseorang mampu menghargai orang lain.

     1) Dalam proses sosialisasi, khususnya yang tertuju pada anak dan remaja, terdapat berbagai pihak yang berperan. 2) Pihak-pihak tersebut dapat dinamakan lingkungan-lingkungan sosial tertentu dan pribadi-pribadi tertentu. 3) Lingkungan memiliki peranan nyata dalam pembentukan pola perilaku (tindakan sosial) anak dan remaja. 4) Peranan tersebut tidak mengabaikan peranan pribadi-pribadi yang tidak mustahil mempunyai pengaruh yang lebih besar. 5) Lingkungan yang dimaksud yaitu keluarga, teman sepermainan, dan pendidikan (sekolah).

     Lingkungan keluarga, sepermainan, dan pen- didikan sebagai lingkungan pokok dalam menerapkan pengetahuan sosial sangat memengaruhi pemb bentukan kepribadian dan pola perilaku anak dan remaja. Lingkungan-lingkungan tersebut juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang lebih besar. Lingkungan sosial yang lebih besar misalnya lingkungan tetangga, lingkungan tempat kerja lingkungan organisasi, dan lingkungan masyarakat bahkan negara sebagai lingkungan sosial, ekonomi, dan politik.

Simpulan tepat sesuai isi kutipan buku tersebut adalah ...

  1. Lingkungan memiliki peranan nyata dalam pembentukan pola perilaku (tindakan sosial) seseorang. Lingkungan paling berpengaruh terhadap pembentukan perilaku dan kepribadian seseorang adalah keluarga.

  2. Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian dan pola perilaku anak remaja. Pergaulan dengan teman di sekolah mampu mengubah perilaku siswa yang semula baik-baik menjadi kurang baik.

  3. Lingkungan sosial, seperti tetangga, tempat kerja, org·anisasi, dan masyarakat memengaruhi perilaku dan tindakan seseorang. Dengan memahami aturan dan kaidah di lingkungan tersebut, seseorang dapat menghargai orang lain.

  4. Sosialisasi adalah kegiatan yang bertujuan agar manusia mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku. Lingkungan keluarga, sepermainan, dan pendidikan sangat memengaruhi pembentukan kepribadian dan pola perilaku seseorang.

  5. Sosialisasi diperlukan seseorang dalam hidup bermasyarakat. Lingkungan sosial seperti tetangga, tempat kerja, organisasi, dan masyarakat memengaruhi sikap seseorang dalam bergaul dengaa orang-orang di sekitarnya. .

Pembahasan:

Pilihan jawaban D tepat karena mencakup keseluruhan teks tersebut mulai dari sosialisasi hinggan lingkungan yang mempengeruhinya. Pilihan jawaban A, B, C tidak tepat karena hanya membicarakan lingkungannya dan tidak membahas mengenai sosialisasi. Pilihan jawaban E tidak tepat karena kalimat pertama dan kalimat kedua tidak saling berkesinambungan.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

P. Tessalonika

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Sebutkan langkah-langkah meringkas teks eksplanasi!

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved