Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sosialisasi merupakan suatu kegiatan bertujuan agar individu mematuhi kaidah-kaidah dan nilai yang berlaku dan dianut oleh masyarakat. Tujuan pokok adanya sosialisasi bukanlah semata- mata agar kaidah-kaidah dan nilai-nilai diketahui serta dimengerti masyarakat. Tujuan akhirnya agar manusia mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku Dengan mematuhi kaidah-kaidah dalam masyarakat diharapkan seseorang mampu menghargai orang lain. 1) Dalam proses sosialisasi, khususnya yang tertuju pada anak dan remaja, terdapat berbagai pihak yang berperan. 2) Pihak-pihak tersebut dapat dinamakan lingkungan-lingkungan sosial tertentu dan pribadi-pribadi tertentu. 3) Lingkungan memiliki peranan nyata dalam pembentukan pola perilaku (tindakan sosial) anak dan remaja. 4) Peranan tersebut tidak mengabaikan peranan pribadi-pribadi yang tidak mustahil mempunyai pengaruh yang lebih besar. 5) Lingkungan yang dimaksud yaitu keluarga, teman sepermainan, dan pendidikan (sekolah). Lingkungan keluarga, sepermainan, dan pen- didikan sebagai lingkungan pokok dalam menerapkan pengetahuan sosial sangat memengaruhi pemb bentukan kepribadian dan pola perilaku anak dan remaja. Lingkungan-lingkungan tersebut juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang lebih besar. Lingkungan sosial yang lebih besar misalnya lingkungan tetangga, lingkungan tempat kerja lingkungan organisasi, dan lingkungan masyarakat bahkan negara sebagai lingkungan sosial, ekonomi, dan politik. Informasi yang sesuai dengan isi kutipan buku tersebut adalah...

     Sosialisasi merupakan suatu kegiatan bertujuan agar individu mematuhi kaidah-kaidah dan nilai yang berlaku dan dianut oleh masyarakat. Tujuan pokok adanya sosialisasi bukanlah semata- mata agar kaidah-kaidah dan nilai-nilai diketahui serta dimengerti masyarakat. Tujuan akhirnya agar manusia mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku Dengan mematuhi kaidah-kaidah dalam masyarakat diharapkan seseorang mampu menghargai orang lain.

     1) Dalam proses sosialisasi, khususnya yang tertuju pada anak dan remaja, terdapat berbagai pihak yang berperan. 2) Pihak-pihak tersebut dapat dinamakan lingkungan-lingkungan sosial tertentu dan pribadi-pribadi tertentu. 3) Lingkungan memiliki peranan nyata dalam pembentukan pola perilaku (tindakan sosial) anak dan remaja. 4) Peranan tersebut tidak mengabaikan peranan pribadi-pribadi yang tidak mustahil mempunyai pengaruh yang lebih besar. 5) Lingkungan yang dimaksud yaitu keluarga, teman sepermainan, dan pendidikan (sekolah).

     Lingkungan keluarga, sepermainan, dan pen- didikan sebagai lingkungan pokok dalam menerapkan pengetahuan sosial sangat memengaruhi pemb bentukan kepribadian dan pola perilaku anak dan remaja. Lingkungan-lingkungan tersebut juga dipengaruhi oleh lingkungan sosial yang lebih besar. Lingkungan sosial yang lebih besar misalnya lingkungan tetangga, lingkungan tempat kerja lingkungan organisasi, dan lingkungan masyarakat bahkan negara sebagai lingkungan sosial, ekonomi, dan politik.

Informasi yang sesuai dengan isi kutipan buku tersebut adalah...

  1. Pihak-pihak yang terlibat dalam pembentukan kepribadian harus memberikan motivasi kepada anak dan remaja.

  2. Dengan mematuhi kaidah-kaidah yang berlaku dalam masyarakat diharapkan seseorang mampu hidup mandiri.

  3. Tujuan sosialisasi agar manusia mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku

  4. Lingkungan kurang berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian dan pola perilaku anak atau remaja

  5. Guru sebagai pendidik di lingkungan sekolah memiliki peran besar dalam pembentukan kepribadian anak dan remaja

Iklan

P. Tessalonika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Informasi yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C karena informasi tersebut disampaikan pada paragraf pertama yaitu Tujuan akhirnya agar manusia mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku. Pilihan jawaban lain tidak tepat karena informasi yang disampaikan tidak sesuai dengan isi kutipan buku tersebut.

Informasi yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C karena informasi tersebut disampaikan pada paragraf pertama yaitu Tujuan akhirnya agar manusia mampu bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku. Pilihan jawaban lain tidak tepat karena informasi yang disampaikan tidak sesuai dengan isi kutipan buku tersebut.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

349

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaannya! Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia Pada tahun 2003 pesawat udara nir-awak (PUNA) digunakan pertama kali olehpasuka...

22

2.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia