Pertanyaan

Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaannya! Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia Pada tahun 2003 pesawat udara nir-awak (PUNA) digunakan pertama kali olehpasukan Amerika Serikat untuk melawan Irak. Pesawat tersebut merupakan salahsatu pesawat yang digunakan dalam dunia militer yang berfungsi sebagai pesawatpengintai. Tak hanya itu, fungsi pesawat ini juga digunakan untuk kegiatan memantauhutan, pencurian ikan, atau memantau aktivitas gunung berapi yang dipantau dari atas.Dengan kata lain, Indonesia sangat membutuhkan pesawat jenis itu untuk membantumelakukan berbagai macam aktivitas pantau memantau hutan, gunung, dan laut. Dalam fungsinya, pesawat tersebut dapat digunakan mengintai kegiatan-kegiatanpara teroris yang banyak dilakukan di dalam hutan terpencil yang susah dijamah olehtransportasi darat, illegal logging , kebakaran hutan sampai dengan pencurian ikan diwilayah tertentu oleh orang asing. BPPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi)yang merupakan salah satu lembaga teknologi milik pemerintah memperkenalkanpesawat tanpa awak hasil rancangannya yang diberi nama SRITI. Pengembangmengatakan bahwa pesawat Sriti ini asli 100 persen buatan anak bangsa, karenaproses dari awal sampai akhirnya dilakukan oleh anak bangsa. Sriti, rencananya akandigunakan oleh lembaga pengawas laut, hutan dan gunung untuk membantu pekerjaanmereka memantau aktivitas-aktivitas yang terjadi. Keunikan yang dimiliki Sriti yaitu tak adanya roda untuk lepas landas ataumendarat. Namun, untuk lepas landas pesawat ini menggunakan catapult take off yaitusejenis peluncur yang terbuat dari logam baja stainless yang cukup fleksibel karenabisa dibongkar pasang kapan pun. Untuk mendarat, pesawat ini menggunakan jaringyang bersifat lentur dan berbahan kuat. Kelebihan unik lainnya yaitu dapat dibawa kemana-mana karena Sriti dapat dibongkar pasang. (Diolah dari sumber: http://www.okejos.com/sriti-pesawat-tanpa-awak-ciptaan-indonesia.html ) Sebutkan alasan dan bagian-bagian yang membentuk struktur teks itu!

Bacalah teks berikut dengan cermat, kemudian jawab pertanyaannya!


Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia


    Pada tahun 2003 pesawat udara nir-awak (PUNA) digunakan pertama kali oleh pasukan Amerika Serikat untuk melawan Irak. Pesawat tersebut merupakan salah satu pesawat yang digunakan dalam dunia militer yang berfungsi sebagai pesawat pengintai. Tak hanya itu, fungsi pesawat ini juga digunakan untuk kegiatan memantau hutan, pencurian ikan, atau memantau aktivitas gunung berapi yang dipantau dari atas. Dengan kata lain, Indonesia sangat membutuhkan pesawat jenis itu untuk membantu melakukan berbagai macam aktivitas pantau memantau hutan, gunung, dan laut.

    Dalam fungsinya, pesawat tersebut dapat digunakan mengintai kegiatan-kegiatan para teroris yang banyak dilakukan di dalam hutan terpencil yang susah dijamah oleh transportasi darat, illegal logging, kebakaran hutan sampai dengan pencurian ikan di wilayah tertentu oleh orang asing. BPPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) yang merupakan salah satu lembaga teknologi milik pemerintah memperkenalkan pesawat tanpa awak hasil rancangannya yang diberi nama SRITI. Pengembang mengatakan bahwa pesawat Sriti ini asli 100 persen buatan anak bangsa, karena proses dari awal sampai akhirnya dilakukan oleh anak bangsa. Sriti, rencananya akan digunakan oleh lembaga pengawas laut, hutan dan gunung untuk membantu pekerjaan mereka memantau aktivitas-aktivitas yang terjadi. 

    Keunikan yang dimiliki Sriti yaitu tak adanya roda untuk lepas landas atau mendarat. Namun, untuk lepas landas pesawat ini menggunakan catapult take off yaitu sejenis peluncur yang terbuat dari logam baja stainless yang cukup fleksibel karena bisa dibongkar pasang kapan pun. Untuk mendarat, pesawat ini menggunakan jaring yang bersifat lentur dan berbahan kuat. Kelebihan unik lainnya yaitu dapat dibawa ke mana-mana karena Sriti dapat dibongkar pasang.

(Diolah dari sumber: http://www.okejos.com/sriti-pesawat-tanpa-awak-ciptaan-indonesia.html)


Sebutkan alasan dan bagian-bagian yang membentuk struktur teks itu! 

  1. ... 

  2. ... 

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” termasuk jenis teks eksposisi karena berisi informasi penemuan pesawat tanpa awak karya anak bangsa yang diberi nama SRITI. Bagian-bagian yang membentuk struktur teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” yaitu terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.

teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” termasuk jenis teks eksposisi karena berisi informasi penemuan pesawat tanpa awak karya anak bangsa yang diberi nama SRITI. Bagian-bagian yang membentuk struktur teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” yaitu terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. undefined 

Pembahasan

Pembahasan

Berdasarkan isinya teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” menceritakan penemuan pesawat tanpa awak karya anak bangsa yang diberi nama SRITI. Teks yang berisi informasi berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca disebut dengan teks eksposisi . Teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” berisi informasi penemuan pesawat tanpa awak yang diberi nama SRITI. Oleh karena itu, teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” termasuk jenis teks eksposisi . Bagian-bagian atau struktur teks eksposisi terdiri dari: Tesis : Pengenalan isu, masalah, atau topik yang akan dibahas. Rangkaian Argumen : Pendapat atau argumen sebagai penjelasan lebih lanjut dari tesis yang dibahas. Penegasan Ulang : Perumusan kembali secara ringkas berupa penutup atau simpulan. Dengan demikian, teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” termasuk jenis teks eksposisi karena berisi informasi penemuan pesawat tanpa awak karya anak bangsa yang diberi nama SRITI. Bagian-bagian yang membentuk struktur teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” yaitu terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang.

Berdasarkan isinya teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” menceritakan penemuan pesawat tanpa awak karya anak bangsa yang diberi nama SRITI.

Teks yang berisi informasi berupa gagasan pendapat dan fakta yang bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada pembaca disebut dengan teks eksposisi.

Teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” berisi informasi penemuan pesawat tanpa awak yang diberi nama SRITI. Oleh karena itu, teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” termasuk jenis teks eksposisi.

Bagian-bagian atau struktur teks eksposisi terdiri dari:

Tesis: Pengenalan isu, masalah, atau topik yang akan dibahas.

Rangkaian Argumen: Pendapat atau argumen sebagai penjelasan lebih lanjut dari tesis yang dibahas.

Penegasan Ulang: Perumusan kembali secara ringkas berupa penutup atau simpulan.

Dengan demikian, teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” termasuk jenis teks eksposisi karena berisi informasi penemuan pesawat tanpa awak karya anak bangsa yang diberi nama SRITI. Bagian-bagian yang membentuk struktur teks “Sriti, Pesawat Tanpa Awak, Ciptaan Indonesia” yaitu terdiri atas tesis, rangkaian argumen, dan penegasan ulang. undefined 

11

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Bacalah teks berikut dan cermati makna yang ada di dalamnya! Kemudian, jawablahpertanyaan yang ada di bawah teks tersebut! Cerita Rakyat Populer di Indonesia Cerita rakyat adalah kisah yang ...

172

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia