Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Apabila sepotong logam tembaga dimasukkan ke dalam larutan MgCl 2 ​ 1 M , unsur magnesium akan mengendap ( E ∘ Mg 2 + / Mg = − 2 , 356 V ; E ∘ Cu 2 + / Cu = − 1 , 676 V ) . SEBAB Oksigen lebih mudah mengoksidasi magnesium dibandingkan dengan oksigen mengoksidasi tembaga. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Apabila sepotong logam tembaga dimasukkan ke dalam larutan , unsur magnesium akan mengendap .

SEBAB

Oksigen lebih mudah mengoksidasi magnesium dibandingkan dengan oksigen mengoksidasi tembaga. 

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya menunjukkan hubungan sebab-akibat. 

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat. 

  3. Jika pernyataan benar, alasan salah. 

  4. Jika pernyataan salah, alasan benar. 

  5. Jika pernyataan dan alasan salah. 

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan pertama salah, sedangkan alasanbenar.

pernyataan pertama salah, sedangkan alasan benar.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah opsi D. Pernyataan pada soal dapat diselesaikan menggunakan konsep pada sel volta dengan membandingkan harga potensial reduksi standar. Terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi dari masing-masing elektroda yang terlibat dalam sel volta dapat dilihat dari nilai potensial reduksinya atau biasa dituliskan dengan E ∘ . Unsur yang mempunyai potensial sel lebih tinggi akan bertindak sebagai katoda dan mengalami reduksi dan yang lebih rendah akan bertindak sebagai anoda danmengalami reaksi oksidasi. Berdasarkan pernyataan pada soal: Apabila sepotong logam tembaga dimasukkan ke dalam larutan MgCl 2 ​ 1 M , unsur magnesium akan mengendap ( E ∘ Mg 2 + / Mg = − 2 , 356 V ; E ∘ Cu 2 + / Cu = − 1 , 676 V ) Pernyataan di atasSALAH. Hal ini dikarenakan harga E ∘ pada logam Mg lebih kecil dibandingkanharga E ∘ pada logam Cu , sehingga Mg mengalami oksidasi menjadi Mg 2 + dan tidak terbentuk endapan magnesium, yang terbentuk adalah endapan tembaga karena Cu akan mengalami reaksi reduksi dari ionnya Cu 2 + membentuk endapan Cu . Oksigen lebih mudah mengoksidasi magnesium dibandingkan dengan oksigen mengoksidasi tembaga Pernyataan ini BENAR, seperti dijelaskan pada keterangan untuk pernyataan pertama,harga E ∘ pada logam Mg lebih kecil dibandingkanharga E ∘ pada logam Cu , sehingga Mg mengalami oksidasi menjadi Mg 2 + . Artinya, oksigen lebih mudah mengoksidasi magnesium dibandingkan dengan tembaga, karena tembaga lebih mudah tereduksi. Oleh karena itu, pernyataan pertama salah, sedangkan alasanbenar.

Jawaban yang tepat adalah opsi D.

Pernyataan pada soal dapat diselesaikan menggunakan konsep pada sel volta dengan membandingkan harga potensial reduksi standar. Terjadinya reaksi reduksi dan oksidasi dari masing-masing elektroda yang terlibat dalam sel volta dapat dilihat dari nilai potensial reduksinya atau biasa dituliskan dengan . Unsur yang mempunyai potensial sel lebih tinggi akan bertindak sebagai katoda dan mengalami reduksi dan yang lebih rendah akan bertindak sebagai anoda dan mengalami reaksi oksidasi.

Berdasarkan pernyataan pada soal:

Apabila sepotong logam tembaga dimasukkan ke dalam larutan , unsur magnesium akan mengendap 

  • Pernyataan di atas SALAH. Hal ini dikarenakan harga  pada logam  lebih kecil dibandingkan harga  pada logam , sehingga  mengalami oksidasi menjadi  dan tidak terbentuk endapan magnesium, yang terbentuk adalah endapan tembaga karena  akan mengalami reaksi reduksi dari ionnya  membentuk endapan .

Oksigen lebih mudah mengoksidasi magnesium dibandingkan dengan oksigen mengoksidasi tembaga

  • Pernyataan ini BENAR,  seperti dijelaskan pada keterangan untuk pernyataan pertama, harga  pada logam  lebih kecil dibandingkan harga  pada logam , sehingga  mengalami oksidasi menjadi  . Artinya, oksigen lebih mudah mengoksidasi magnesium dibandingkan dengan tembaga, karena tembaga lebih mudah tereduksi.

Oleh karena itu, pernyataan pertama salah, sedangkan alasan benar.

Latihan Bab

Konsep Kilat

Pendahuluan Elektrokimia

Sel Volta

Korosi

308

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui potensial elektrode standarseperti berikut. Zn 2 + + 2 e − → Zn E o = − 0 , 76 volt Cu 2 + + 2 e − → Cu E o = + 0 , 34 volt Mg 2 + + 2 e − → Mg E o = − 2 , 34 volt Cr 3 + + 3 e − → Cr E...

8rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia