Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Munculnya Napoleon Bonaparte sebagai Kaisar Prancis yang berperang dengan lnggris, sempat berpengaruh terhadap pemerintahan kolonial di Indonesia, yaitu diangkatnya Daendels sebagai gubernur jenderal pada 1811-1816. SEBAB Gubernur Jenderal Daendels membangun jalan raya yang menghubungkan Anyer-Panarukan sebagai basis untuk mempertahankan Pulau Jawa dari kemungkinan serangan lnggris. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Munculnya Napoleon Bonaparte sebagai Kaisar Prancis yang berperang dengan lnggris, sempat berpengaruh terhadap pemerintahan kolonial di Indonesia, yaitu diangkatnya Daendels sebagai gubernur jenderal pada 1811-1816.

SEBAB

Gubernur Jenderal Daendels membangun jalan raya yang menghubungkan Anyer-Panarukan sebagai basis untuk mempertahankan Pulau Jawa dari kemungkinan serangan lnggris. 

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pernyataan Salah. Herman Willem Daendels diutus oleh Louis Bonaparte selaku raja Belanda dan adik Napoleon Bonaparte pada tahun 1808 - 1811. Daendels diangkat sebagai Gubernur Jendral Hindia-Belanda pada tahun 1808 dengan tujuan mempertahankan pulau Jawa dari serangan Inggris. Sementara tahun 1811 - 1816 merupakan masa pemerintahan kolonial Inggris di Hindia-Belanda yang dipimpin oleh Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles. Alasan Benar. Tugas utama dari Gubernur Jendral Hindia-Belanda yakni Herman Willem Daendels adalah mempertahankan koloni Hindia-Belanda terutama pulau Jawa dari serangan Inggris. Inggris yang pada saat itu merupakan musuh utama Perancis ketika Perang Napoleon berlangsung, bertujuan untuk melemahkan Perancis dengan menaklukan koloninya. Mengetahui hal tersebut, Daendels dengan menggunakan tenaga kerja rakyat bumputera kemudian membangun jalan dari Anyer sampai Panarukan dengan maksud untuk mempermudah mobilitas para tentara Hindia-Belanda sekaligus sebagai basis menghadang invasi Inggris ke pulau Jawa.

Pernyataan Salah. Herman Willem Daendels diutus oleh Louis Bonaparte selaku raja Belanda dan adik Napoleon Bonaparte pada tahun 1808 - 1811. Daendels diangkat sebagai Gubernur Jendral Hindia-Belanda pada tahun 1808 dengan tujuan mempertahankan pulau Jawa dari serangan Inggris. Sementara tahun 1811 - 1816 merupakan masa pemerintahan kolonial Inggris di Hindia-Belanda yang dipimpin oleh Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles.

Alasan Benar. Tugas utama dari Gubernur Jendral Hindia-Belanda yakni Herman Willem Daendels adalah mempertahankan koloni Hindia-Belanda terutama pulau Jawa dari serangan Inggris. Inggris yang pada saat itu merupakan musuh utama Perancis ketika Perang Napoleon berlangsung, bertujuan untuk melemahkan Perancis dengan menaklukan koloninya. Mengetahui hal tersebut, Daendels dengan menggunakan tenaga kerja rakyat bumputera kemudian membangun jalan dari Anyer sampai Panarukan dengan maksud untuk mempermudah mobilitas para tentara Hindia-Belanda sekaligus sebagai basis menghadang invasi Inggris ke pulau Jawa.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Rasyanda Rafaydin Syariif

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Alasan pemerintah kolonial Belanda memberlakukan cultuurstelsel adalah .... defisit anggaran keuangan yang besar selama Perang Diponegoro kebijakan tersebut sesuai dengan kondisi masyarakat N...

11

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia