Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan . Untuk menumpas gerakan DI/TII di bawah pimpinan S.M. Kartosuwiryo di Jawa Barat, Pemerintahan Republik Indonesia mengambil langkah tegas dengan melaksanakan dua operasi militer, yakni Operasi Pagar Betis dan Operasi Baratayudha. SEBAB Operasi militer merupakan langkah terakhir setelah utusan Pemerintah Republik Indonesia, Mohammad Natsir gagaI melakukan musyawarah dengan tokoh-tokoh gerakan DI/TII Jawa Barat. Pernyataan yang tepat tentang kondisi kedua kalimat di atas adalah …

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Untuk menumpas gerakan DI/TII di bawah pimpinan S.M. Kartosuwiryo di Jawa Barat, Pemerintahan Republik Indonesia mengambil langkah tegas dengan melaksanakan dua operasi militer, yakni Operasi Pagar Betis dan Operasi Baratayudha.

SEBAB

Operasi militer merupakan langkah terakhir setelah utusan Pemerintah Republik Indonesia, Mohammad Natsir gagaI melakukan musyawarah dengan tokoh-tokoh gerakan DI/TII Jawa Barat.

Pernyataan yang tepat tentang kondisi kedua kalimat di atas adalah … 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat. 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah A. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pertanyaan benar. Pemerintah menumpas DI/TII Kartosuwiryo dengan jalan melaksanakan operasi Pagar Betis dan oper Barathayudha. Operasi Pagar Betis dilakukan dengan melibatkan rakyat untuk mengepung tempat persembunyian gerombolan DI/TII. Disisi lain, operasi Barathayudha juga dilaksanakan TNI untuk menyerang basis-basis kekuatan gerombolan DI/TII. Dan dijalankanlah taktik dan strategi baru yang disebut Perang Wilayah. Pada tahun 1 April 1962 pasukan Siliwangi bersama rakyat melakukan operasi “Pagar Betis (mengepung pasukan DI/TII dengan mengepung dari seluruh penjuru)” dan operasi “Bratayudha (operasi penumpasan gerakan DI/TII Kartosuwirjo). Alasan benar. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti melakukan pendekatan musyawarah yang di lakukan M.Natsir. Namun pendekatan musyawarah tersebut tidak membawa hasil sehingga pemerintah RI terpaksa mengambil tindakan tegas dengan menerapkan operasi militer yang disebut Operasi Pagar Betis dan Operasi Baratayudha untuk menumpas gerakan DI/TII. Jadi pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya memiliki hubungan sebab-akibat.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah A.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pertanyaan benar. Pemerintah menumpas DI/TII Kartosuwiryo dengan jalan melaksanakan operasi Pagar Betis dan oper Barathayudha. Operasi Pagar Betis dilakukan dengan melibatkan rakyat untuk mengepung tempat persembunyian gerombolan DI/TII. Disisi lain, operasi Barathayudha juga dilaksanakan TNI untuk menyerang basis-basis kekuatan gerombolan DI/TII. Dan dijalankanlah taktik dan strategi baru yang disebut Perang Wilayah. Pada tahun 1 April 1962 pasukan Siliwangi bersama rakyat melakukan operasi “Pagar Betis (mengepung pasukan DI/TII dengan mengepung dari seluruh penjuru)” dan operasi “Bratayudha (operasi penumpasan gerakan DI/TII Kartosuwirjo).

Alasan benar. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti melakukan pendekatan musyawarah yang di lakukan M.Natsir. Namun pendekatan musyawarah tersebut tidak membawa hasil sehingga pemerintah RI terpaksa mengambil tindakan tegas dengan menerapkan operasi militer yang disebut Operasi Pagar Betis dan Operasi Baratayudha untuk menumpas gerakan DI/TII. Jadi pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya memiliki hubungan sebab-akibat.

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Peristiwa PRRI dan PERMESTA pada 1957/1958 merupakan puncak penentangan daerah terhadap pemerintah pusat yang disebabkan oleh .…

19

3.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia