Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Semakin besar konsentrasi awal pereaksi, semakin cepat laju reaksinya. SEBAB Semakin besar konsentrasi awal, semakin banyak jumlah tumbukan efektifnya. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

 

Semakin besar konsentrasi awal pereaksi, semakin cepat laju reaksinya.

SEBAB

Semakin besar konsentrasi awal, semakin banyak jumlah tumbukan efektifnya. 

 

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.
     

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.
     

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.
     

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah A.

jawaban yang benar adalah A.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Cepat atau lambatnya laju reaksi dapat ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu: Konsentrasi : Semakin besar konsentrasi suatu zat semakin banyak jumlah partikelnya sehingga akan memperbesar kemungkinan tumbukan efektif, oleh karena itu laju reaksi akan meningkat. Luas permukaan bidang sentuh reaktan : semakin kecil ukuran reaktan maka luas permukaannya semakin besar karena akan semakin banyak sisi zat yang dapat bertumbukan dengan reaktan lain. Oleh karena itu laju reaksi reaktan berupaserbuk > butiran > kepingan. Katalisator : Katalis adalah zat yang mempercepat laju reaksi tapi tidak mengalami perubahan kimia secara permanen sehingga di akhir reaksi zat katalis dapat diperoleh kembali. Katalis bekerja dengan menurunkan energi aktivasi (energi minimum yang diperlukan agar reaksi kimia dapat berjalan). Suhu : semakin tinggi suhu maka energi partikel mendapat tambahan energi dari energi kalor, hal tersebut menyebabkan partikel memiliki lebih besar untuk bergerak sehingga energikinetik partikel reaktan semakin besar. Semakin besar energi kinetik,partikel zat dapat lebih leluasa bergerak sehingga menyebabkan besar kemungkinantumbukan yang efektif antar partikel reaktan yang menghasilkan produk. Oleh karena itu semakin tinggi suhu semakin besar laju reaksi. Umumnya tiap kenaikan akan memperbesar laju reaksi dua sampai tiga kali semula. Pada soal terdapat pernyataan: Semakin besar konsentrasi awal pereaksi, semakin cepat laju reaksinya. Sebab dari pernyataan di atas adalah: Semakin besar konsentrasi awal, semakin banyak jumlah tumbukan efektifnya. Dari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksidi atas, pernyataan dan sebab tersebut adalah benar dan memiliki hubungan sebab akibat . Semakin besar konsentrasi awal pereaksi maka semakin banyak partikel-partikel pereaksi yang menghasilkan tumbukan efektif dan menghasilkan produk, sehingga laju reaksi meningkat. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Cepat atau lambatnya laju reaksi dapat ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Konsentrasi : Semakin besar konsentrasi suatu zat semakin banyak jumlah partikelnya sehingga akan memperbesar kemungkinan tumbukan efektif, oleh karena itu laju reaksi akan meningkat.
  2. Luas permukaan bidang sentuh reaktan : semakin kecil ukuran reaktan maka luas permukaannya semakin besar karena akan semakin banyak sisi zat yang dapat bertumbukan dengan reaktan lain. Oleh karena itu laju reaksi reaktan berupa serbuk > butiran > kepingan.
  3. Katalisator : Katalis adalah zat yang mempercepat laju reaksi tapi tidak mengalami perubahan kimia secara permanen sehingga di akhir reaksi zat katalis dapat diperoleh kembali. Katalis bekerja dengan menurunkan energi aktivasi (energi minimum yang diperlukan agar reaksi kimia dapat berjalan).
  4. Suhu : semakin tinggi suhu maka energi partikel mendapat tambahan energi dari energi kalor, hal tersebut menyebabkan partikel memiliki lebih besar untuk bergerak sehingga energi kinetik partikel reaktan semakin besar. Semakin besar energi kinetik, partikel zat dapat lebih leluasa bergerak sehingga menyebabkan besar kemungkinan tumbukan yang efektif  antar partikel reaktan yang menghasilkan produk. Oleh karena itu semakin tinggi suhu semakin besar laju reaksi. Umumnya tiap kenaikan begin mathsize 14px style 10 degree C end style akan memperbesar laju reaksi dua sampai tiga kali semula.

Pada soal terdapat pernyataan:

Semakin besar konsentrasi awal pereaksi, semakin cepat laju reaksinya.

Sebab dari pernyataan di atas adalah:

Semakin besar konsentrasi awal, semakin banyak jumlah tumbukan efektifnya.

Dari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi di atas, pernyataan dan sebab tersebut adalah benar dan memiliki hubungan sebab akibat. Semakin besar konsentrasi awal pereaksi maka semakin banyak partikel-partikel pereaksi yang menghasilkan tumbukan efektif  dan menghasilkan produk, sehingga laju reaksi meningkat.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu reaksi, jika konsentrasi awal pereaksinya dinaikkan dua kali, laju reaksinya menjadi empat kali lebih cepat. Penjelasan yang paling tepat adalah ...

2

4.8

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia