Iklan

Iklan

Pertanyaan

Reaksi antara HCI dan Na 2 ​ S 2 ​ O 3 ​ menghasilkan endapan belerang sesuai reaksi berikut. Na 2 ​ S 2 ​ O 3 ​ ( a q ) + 2 HCI ( a q ) → 2 NaCI ( a q ) + S ( s ) + SO 2 ​ ( g ) + H 2 ​ O ( l ) Pembentukan endapan belerang akan makin cepat jika diberi perlakuan berupa ... dan ....

Reaksi antara HCI dan  menghasilkan endapan belerang sesuai reaksi berikut.



Pembentukan endapan belerang akan makin cepat jika diberi perlakuan berupa ... dan ....

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pembentukan belerang akan semakin cepat jika diberi perlakuan berupa peningkatan konsentrasi dan suhu pada reaksi.

pembentukan belerang akan semakin cepat jika diberi perlakuan berupa peningkatan konsentrasi dan suhu pada reaksi.space

Iklan

Pembahasan

Pada suatu reaksi terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi, diantaranya: Konsentrasi, semakin besar konsentrasi pereaksi yang digunakan maka semakin besar frekuensi tumbukan yang terjadi dan meningkatkan kemungkinan terjadinya tumbukan efektif, sehingga semakin banyak hasil reaksi yang terjadi. Suhu, semakin tinggi suhu maka semakin banyak energi potensial dan kinetik yang dimiliki oleh molekul yang menyebabkan molekul lebih banyak bergerak dan tumbukan efektif semakin sering terjadi, sehingga semakin banyak hasil reaksi. Katalis, dengan ditambahkan katalis pada reaksi maka katalis akan mencari alterinatif-alternatif jalan reaksi dengan energi aktivasi yang lebih rendah. Sehingga reaksi semakin sering terjadi dan semakin banyak hasil reaksi. Luas permukaan, semakin luas permukaan sentuh suatu zat maka lebih banyak permukaan aktif yang dapat mengalami tumbukan, meningkatkan kemungkinan tumbukan efektif sehingga reaksi lebih banyak menghasilkan produk. Pada soal tersebut, terjadi reaksi antar larutan, sehingga tentunya jika konsentrasi larutan-larutan pereaksi ditambahkan maka laju akan meningkat, faktor luas permukaan tidak dapat diubah perlakuannya karena tidak mengikutsertakan zat padat sebagai pereaksi, faktor selanjutnya yang dapat diterapkan adalah suhu karena dengan meningkatnya suhu maka belerang yang dihasilkan akan semakin banyak. Jadi, pembentukan belerang akan semakin cepat jika diberi perlakuan berupa peningkatan konsentrasi dan suhu pada reaksi.

Pada suatu reaksi terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi, diantaranya:

  1. Konsentrasi, semakin besar konsentrasi pereaksi yang digunakan maka semakin besar frekuensi tumbukan yang terjadi dan meningkatkan kemungkinan terjadinya tumbukan efektif, sehingga semakin banyak hasil reaksi yang terjadi.
  2. Suhu, semakin tinggi suhu maka semakin banyak energi potensial dan kinetik yang dimiliki oleh molekul yang menyebabkan molekul lebih banyak bergerak dan tumbukan efektif semakin sering terjadi, sehingga semakin banyak hasil reaksi.
  3. Katalis, dengan ditambahkan katalis pada reaksi maka katalis akan mencari alterinatif-alternatif jalan reaksi dengan energi aktivasi yang lebih rendah. Sehingga reaksi semakin sering terjadi dan semakin banyak hasil reaksi.
  4. Luas permukaan, semakin luas permukaan sentuh suatu zat maka lebih banyak permukaan aktif yang dapat mengalami tumbukan, meningkatkan kemungkinan tumbukan efektif sehingga reaksi lebih banyak menghasilkan produk.

Pada soal tersebut, terjadi reaksi antar larutan, sehingga tentunya jika konsentrasi larutan-larutan pereaksi ditambahkan maka laju akan meningkat, faktor luas permukaan tidak dapat diubah perlakuannya karena tidak mengikutsertakan zat padat sebagai pereaksi, faktor selanjutnya yang dapat diterapkan adalah suhu karena dengan meningkatnya suhu maka belerang yang dihasilkan akan semakin banyak. 

Jadi, pembentukan belerang akan semakin cepat jika diberi perlakuan berupa peningkatan konsentrasi dan suhu pada reaksi.space

Latihan Bab

Pendahuluan Laju Reaksi

Laju Reaksi, Energi Aktivasi, dan Teori Tumbukan

Penentuan Laju Reaksi Single Experiment

Orde Reaksi Multiexperiment

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

531

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor- faktor yang mempengaruhi laju reaksi adalah ..... Luas permukaan sentuhan Konsentrasi zat pereaksi Suhu saat reaksi saat berlangsung Penambahan katalis yang tepat

2rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia