Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Ketimpangan budaya ( culture lag ) merupakan salah satu dampak negatif dari modernisasi. SEBAB Modernisasi memungkinkan setiap orang untuk saling terkait dan ketergantungan salah satunya adalah di bidang budaya. sehingga, setiap orang memiliki kebebasan untuk menerima pengaruh budaya lain dan dapat mengembangkannnya di Indonesia. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Ketimpangan budaya (culture lag) merupakan salah satu dampak negatif dari modernisasi.

SEBAB

Modernisasi memungkinkan setiap orang untuk saling terkait dan ketergantungan salah satunya adalah di bidang budaya. sehingga, setiap orang memiliki kebebasan untuk menerima pengaruh budaya lain dan dapat mengembangkannnya di Indonesia.

 

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...space space space space 

  1. Jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

  2. Jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab

  3. Jika pernyataan benar, alasan salah

  4. Jika pernyataan benar, alasan salah.

  5. Jika pernyataan salah, alasan benar.

Iklan

W. Wahyuningsih

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pernyataan dan alasan salah. Salah satu bentuk dari dampak negatif globalisasi berupa ketimpangan budaya ( cultural lag ). Ketimpangan budaya merupakan sebuah perbedaan yang terjadi pada unsur kebudayaan dalam menyesuaikan diri dengan unsur-unsur kebudayaan lain yang sudah mengalami perubahan. Oleh karena itu, pernyataan salah. Sementara itu, modernisasi merupakan proses pergeseran sikap, karakter, dan perilaku dari masyarakat sebagai upaya menyesuaikan diri dengan dengan perkembangan dunia terkini. Penjelasan pada alasan di soal, merupakan penjelasan dari konsep globalisasi. Oleh karena itu, alasan salah. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah E.

Pernyataan dan alasan salah. Salah satu bentuk dari dampak negatif globalisasi berupa ketimpangan budaya (cultural lag). Ketimpangan budaya merupakan sebuah perbedaan yang terjadi pada unsur kebudayaan dalam menyesuaikan diri dengan unsur-unsur kebudayaan lain yang sudah mengalami perubahan. Oleh karena itu, pernyataan salah.

Sementara itu, modernisasi merupakan proses pergeseran sikap, karakter, dan perilaku dari masyarakat sebagai upaya menyesuaikan diri dengan dengan perkembangan dunia terkini. Penjelasan pada alasan di soal, merupakan penjelasan dari konsep globalisasi. Oleh karena itu, alasan salah.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah E.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam penerbangan, ada aturan untuk tidak boleh menggunakan telepon genggam saat lepas landas. Namun, masih banyak ditemui penumpang yang tetap menggunakannya. Kasus ini merupakan contoh dari …. (1...

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia