Roboguru

Pertanyaan

Dalam penerbangan, ada aturan untuk tidak boleh menggunakan telepon genggam saat lepas landas. Namun, masih banyak ditemui penumpang yang tetap menggunakannya. Kasus ini merupakan contoh dari ….

(1) sub culture

(2) cultural shock

(3) anomie

(4) cultural lag

  1. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

  2. jika jawaban 1 dan 3 benar

  3. jika jawaban 2 dan 4 benar

  4. jika hanya jawaban 4 yang benar

  5. jika semua jawaban benar

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Culture lag atau ketimpangan budaya merupakan kondisi yang terjadi ketika unsur-unsur kebudayaan tidak berkembang bersamaan, yakni satu kebudayaan berkembang dan kebudayaan lainnya tertinggal. Salah satu penyebab dari culture lag adalah kurangnya kemampuan daya berpikir diri dengan perkembangan sosial. Oleh karena itu, tindakan penumpang pesawat yang bermain telepon genggam saat penerbangan adalah kondisi ketidaksesuaian antara perkembangan sosial dengan kemampuan daya berpikir dan tindakan.

Penjelasan lainnya dalam opsi pilihan :
-    Sub culture     
→ Sebuah gerakan atau kegiatan atau kelakuan (kolektif) atau bagian dari kultur yang besar dan biasanya digunakan sebagai bentuk perlawanan akan kultur mainstream. Contohnya adalah fenomena kelompok Punk.
-    Culture shock (guncangan budaya)
→ Ketidaksesuaian unsur-unsur yang saling berbeda sehingga menghasilkan suatu pola yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan.
-    Anomie
→ Anomie merupakan keadaan dimana nilai-nilai yang berlaku di suatu masyarakat tertentu telah luntur atau bahkan hilang sama sekali.

605

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jika terjadi perubahan baru terhadap transportasi seperti transjakarta, masyarakat wajib menyesuaikan diri dengan disiplin baru di jalan. Masih adanya masyarakat yang melanggar dengan masuk jalur tran...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia