Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam penerbangan, ada aturan untuk tidak boleh menggunakan telepon genggam saat lepas landas. Namun, masih banyak ditemui penumpang yang tetap menggunakannya. Kasus ini merupakan contoh dari …. (1) sub culture (2) cultural shock (3) anomie (4) cultural lag

Dalam penerbangan, ada aturan untuk tidak boleh menggunakan telepon genggam saat lepas landas. Namun, masih banyak ditemui penumpang yang tetap menggunakannya. Kasus ini merupakan contoh dari ….

(1) sub culture

(2) cultural shock

(3) anomie

(4) cultural lag

  1. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar

  2. jika jawaban 1 dan 3 benar

  3. jika jawaban 2 dan 4 benar

  4. jika hanya jawaban 4 yang benar

  5. jika semua jawaban benar

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Culture lag atau ketimpangan budaya merupakan kondisi yang terjadi ketika unsur-unsur kebudayaan tidak berkembang bersamaan, yakni satu kebudayaan berkembang dan kebudayaan lainnya tertinggal. Salah satu penyebab dari culture lag adalah kurangnya kemampuan daya berpikir diri dengan perkembangan sosial. Oleh karena itu, tindakan penumpang pesawat yang bermain telepon genggam saat penerbangan adalah kondisi ketidaksesuaian antara perkembangan sosial dengan kemampuan daya berpikir dan tindakan. Penjelasan lainnya dalam opsi pilihan : - Sub culture → Sebuah gerakan atau kegiatan atau kelakuan (kolektif) atau bagian dari kultur yang besar dan biasanya digunakan sebagai bentuk perlawanan akan kultur mainstream. Contohnya adalah fenomena kelompok Punk. - Culture shock (guncangan budaya) → Ketidaksesuaian unsur-unsur yang saling berbeda sehingga menghasilkan suatu pola yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan. - Anomie → Anomie merupakan keadaan dimana nilai-nilai yang berlaku di suatu masyarakat tertentu telah luntur atau bahkan hilang sama sekali.

Culture lag atau ketimpangan budaya merupakan kondisi yang terjadi ketika unsur-unsur kebudayaan tidak berkembang bersamaan, yakni satu kebudayaan berkembang dan kebudayaan lainnya tertinggal. Salah satu penyebab dari culture lag adalah kurangnya kemampuan daya berpikir diri dengan perkembangan sosial. Oleh karena itu, tindakan penumpang pesawat yang bermain telepon genggam saat penerbangan adalah kondisi ketidaksesuaian antara perkembangan sosial dengan kemampuan daya berpikir dan tindakan.

Penjelasan lainnya dalam opsi pilihan :
-    Sub culture     
→ Sebuah gerakan atau kegiatan atau kelakuan (kolektif) atau bagian dari kultur yang besar dan biasanya digunakan sebagai bentuk perlawanan akan kultur mainstream. Contohnya adalah fenomena kelompok Punk.
-    Culture shock (guncangan budaya)
→ Ketidaksesuaian unsur-unsur yang saling berbeda sehingga menghasilkan suatu pola yang tidak serasi fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan.
-    Anomie
→ Anomie merupakan keadaan dimana nilai-nilai yang berlaku di suatu masyarakat tertentu telah luntur atau bahkan hilang sama sekali.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam penerbangan, ada aturan untuk tidak boleh menggunakan telepon genggam saat lepas landas. Namun, masih banyak ditemui penumpang yang tetap menggunakannya. Kasus ini merupakan contoh dari .... ...

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia