Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Jawa karena bisa beradaptasi dengan budaya lokal. SEBAB Para Wali menggunakan kesenian lokal sebagai media penyebaran Islam di tanah Jawa.

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Agama Islam mudah diterima oleh masyarakat Jawa karena bisa beradaptasi dengan budaya lokal.

SEBAB

Para Wali menggunakan kesenian lokal sebagai media penyebaran Islam di tanah Jawa.

  1. Pernyataan benar alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  2. Pernyataan benar alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat

  3. Pernyataan benar dan alasan salah

  4. Pernyataan salah dan alasan benar

  5. Pernyataan dan alasan salah

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan benar, dan alasan benar keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

pernyataan benar, dan alasan benar keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah A Untuk lebih detailnya yuk pahami penjelasan berikut: Pernyataan benar. Pada mula abad ke 13 masyarakat Jawa tidak mudah menerima dengan tangan terbukaAgama Islam karena mereka telah lebih dulu menganut kepercayaan Hindu dan Buddha yang telah berakulturasi dengan kepercayaan asli Nusantara.Setidaknya ada dua aktor yang berperan penting dalam menyebarkan Islam pada periode awal,mereka adalahpara pedagang dan Wali Songo. Para pedagang melakukan penyebaran Islam melalui pernikahan dengan masyarakat lokal danmendirikan kampung-kampung Islam. Sementara ituWali Songo menyebarkan Islam dengan menggunakan pendekatan budaya lokalsehingga Islam dapat lebih mudah beradaptasi dengan masyarakat Jawa. Alasan benar. Pada masa itu para Wali banyak menggunakan media kesenian lokal sebagai media penyebaran agama Islam. Cara tersebut relatif signifikan mengajak masyarakat Jawa untuk antusiasdengan ajaran agama Islam dibandingkan dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Media seni lokal yang digunakan para wali untuk menyebarkan agama Islam misalnya wayang daninstrumen gamelan yang digunakan Sunan Bonanghinggapermainan tradisional anak-anak yang digunakan oleh Sunan Giri. Jadi pernyataan benar, dan alasan benar keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah A

Untuk lebih detailnya yuk pahami penjelasan berikut:

Pernyataan benar. Pada mula abad ke 13 masyarakat Jawa tidak mudah menerima dengan tangan terbuka Agama Islam karena mereka telah lebih dulu menganut kepercayaan Hindu dan Buddha yang telah berakulturasi dengan kepercayaan asli Nusantara. Setidaknya ada dua aktor yang berperan penting dalam menyebarkan Islam pada periode awal, mereka adalah para pedagang dan Wali Songo. Para pedagang melakukan penyebaran Islam melalui pernikahan dengan masyarakat lokal dan mendirikan kampung-kampung Islam. Sementara itu Wali Songo menyebarkan Islam dengan menggunakan pendekatan budaya lokal sehingga Islam dapat lebih mudah beradaptasi dengan masyarakat Jawa.

Alasan benar. Pada masa itu para Wali banyak menggunakan media kesenian lokal sebagai media penyebaran agama Islam. Cara tersebut relatif signifikan mengajak masyarakat Jawa untuk antusias dengan ajaran agama Islam dibandingkan dengan menggunakan cara-cara kekerasan. Media seni lokal yang digunakan para wali untuk menyebarkan agama Islam misalnya wayang dan instrumen gamelan yang digunakan Sunan Bonang hingga permainan tradisional anak-anak yang digunakan oleh Sunan Giri. Jadi pernyataan benar, dan alasan benar keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Rofifaturrohmah

Mudah dimengerti

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Masuknya agama Islam ke Ambon diperkirakan terjadi sejak awal abad XV, yaitu ke daerah ...

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia