Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Domba anakan hasil kloning akan memiliki sifat yang sama dengan induk donor sel somatik. SEBAB Pada kloning domba, sel somatik donor hanya diambil intinya. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.


Domba anakan hasil kloning akan memiliki sifat yang sama dengan induk donor sel somatik.


SEBAB


Pada kloning domba, sel somatik donor hanya diambil intinya. 


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space space

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space space

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space space

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space space

  5. Pernyataan dan alasan salah.space space

Iklan

H. Agustina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Metode kloning dapat disebut juga dengan transfer nukleus. Teknik kloning merupakan cara reproduksi vegetatif buatan yang dilakukan pada hewan dan atau manusia. Teknik ini melibatkan dua pihak yaitu donor sel somatis atau sel tubuh (kelenjar puting susu) dengan donor ovum (sel telur). Meskipun pada proses ini kehadiran induk betina adalah hal yang mutlak dan tidak mungkin dihindari, tetapi pada proses tersebut tidak ada fertilisasi dan rekombinasi (perpaduan) gen dari induk jantan dan induk betina. Hal ini mengakibatkan anak yang dihasilkan memiliki sifat yang sama persis dengan induk donor sel somatis. Pada kloning, donor dari ovum dibuang bagian intinya dan hanya diambil bagian rangka selnya saja. Sedangkan pada donor sel somatis, yang diambil adalah bagian intinya saja, sementara, untuk rangka selnya dibuang. Kemudian antara rangka sel dari ovum dan inti sel dari sel somatis tersebut disatukan dan dialiri listrik agar bisa terjadi pembelahan yang menghasilkan embrio domba kloning. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Metode kloning dapat disebut juga dengan transfer nukleus. Teknik kloning merupakan cara reproduksi vegetatif buatan yang dilakukan pada hewan dan atau manusia. Teknik ini melibatkan dua pihak yaitu donor sel somatis atau sel tubuh (kelenjar puting susu) dengan donor ovum (sel telur). Meskipun pada proses ini kehadiran induk betina adalah hal yang mutlak dan tidak mungkin dihindari, tetapi pada proses tersebut tidak ada fertilisasi dan rekombinasi (perpaduan) gen dari induk jantan dan induk betina. Hal ini mengakibatkan anak yang dihasilkan memiliki sifat yang sama persis dengan induk donor sel somatis.
Pada kloning, donor dari ovum dibuang bagian intinya dan hanya diambil bagian rangka selnya saja. Sedangkan pada donor sel somatis, yang diambil adalah bagian intinya saja, sementara, untuk rangka selnya dibuang. Kemudian antara rangka sel dari ovum dan inti sel dari sel somatis tersebut disatukan dan dialiri listrik agar bisa terjadi pembelahan yang menghasilkan embrio domba kloning. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah A.space space

 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

43

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pak Dedi mengkloning coding sequence (CDS) suatu gen ke dalam vektor plasmid dan diberi nama pVN2016. CDS disisipkan ke dalam plasmid ini pada sisi pengenalan restriksi SacIIyang ada di daerah multi c...

1

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia