Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Sinar katode pada dasarnya merupakan partikel yang bergerak cepat. SEBAB Fakta percobaan dengan tabung Crookes menunjukkan bahwa sinar katode dapat memutar baling-baling yang dipasang pada tabung Crookes. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.space


Sinar katode pada dasarnya merupakan partikel yang bergerak cepat.space

SEBAB

Fakta percobaan dengan tabung Crookes menunjukkan bahwa sinar katode dapat memutar baling-baling yang dipasang pada tabung Crookes.space


Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah ...space

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space

  5. Pernyataan dan alasan salah.space

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Bermula dengan ditemukannya tabung sinar katode oleh Karl Ferdinand Braun, yang terbuat dari tabung hampa dari kaca yang dialiri arus listrik searah dari kutub positif yang disebut anode dan dari kutub negatif yang disebut katode. Bila tabung tersebut dialiri arus listrik yang cukup kuat, akan terjadi aliran radiasi yang tidak tampak dari kutub negatif menuju kutub positif. Inilah yang disebut dengan sinar katode . Sifat-sifat sinar katode dapat diketahui setelah penyempurnaan tabung sinar katode yang dilakukan oleh Sir William Crookes. Sifat-sifat sinar katode tersebut adalah sebagai berikut: Begerak cepat dan merambat lurus dari kutub negatif (katode) menuju ke kutub positif (anode), Dibelokkan oleh medan magnet dan medan listrik menuju ke kutub positif, Sifat sinar katode tidak dipengaruhi oleh jenis kawat elektrode yang dipakai, jenis gas dalam tabung, dan bahan yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik. Setelah William Crookes menemukan tabung katode yang lebih baik pada tahun 1879, maka penelitian tentang sinar katode dilanjutkan oleh J.J.Thomson yang mendapati bahwa sinar katode memiliki massa. Hal ini dapat dilihat denganmemutarnya baling-baling yang dipasang pada jalannya berkas sinar katode. Pernyataan pada soal di atas adalah benar, karena menurut William Crookes salah satu sifat sinarkatode adalah bergerak cepat dan merambat lurus. Kalimat alasan pada soal di atas juga benar bahwasinar katode dapat memutar baling-baling yang dipasang pada tabung Crookes, tetapi jika dihubungkan dengan pernyataannya maka keduanya tidak saling berhubungan. Sebab dari sinar katode dapat memutar baling-baling yang dipasang pada tabung Crookes bukanlah karena sinar katode yang merupakan partikel yang bergerak cepat, tetapi karenasinar katode memiliki massa . Dengan demikian, maka pernyataan di atas benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Bermula dengan ditemukannya tabung sinar katode oleh Karl Ferdinand Braun, yang terbuat dari tabung hampa dari kaca yang dialiri arus listrik searah dari kutub positif yang disebut anode dan dari kutub negatif yang disebut katode. Bila tabung tersebut dialiri arus listrik yang cukup kuat, akan terjadi aliran radiasi yang tidak tampak dari kutub negatif menuju kutub positif. Inilah yang disebut dengan sinar katode.

Sifat-sifat sinar katode dapat diketahui setelah penyempurnaan tabung sinar katode yang dilakukan oleh Sir William Crookes. Sifat-sifat sinar katode tersebut adalah sebagai berikut:

  • Begerak cepat dan merambat lurus dari kutub negatif (katode) menuju ke kutub positif (anode),
  • Dibelokkan oleh medan magnet dan medan listrik menuju ke kutub positif,
  • Sifat sinar katode tidak dipengaruhi oleh jenis kawat elektrode yang dipakai, jenis gas dalam tabung, dan bahan yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik.

Setelah William Crookes menemukan tabung katode yang lebih baik pada tahun 1879, maka penelitian tentang sinar katode dilanjutkan oleh J.J. Thomson yang mendapati bahwa sinar katode memiliki massa. Hal ini dapat dilihat dengan memutarnya baling-baling yang dipasang pada jalannya berkas sinar katode.

Pernyataan pada soal di atas adalah benar, karena menurut William Crookes salah satu sifat sinar katode adalah bergerak cepat dan merambat lurus. Kalimat alasan pada soal di atas juga benar bahwa sinar katode dapat memutar baling-baling yang dipasang pada tabung Crookes, tetapi jika dihubungkan dengan pernyataannya maka keduanya tidak saling berhubungan. Sebab dari sinar katode dapat memutar baling-baling yang dipasang pada tabung Crookes bukanlah karena sinar katode yang merupakan partikel yang bergerak cepat, tetapi karena sinar katode memiliki massa.

Dengan demikian, maka pernyataan di atas benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

53

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemasangan kincir pada tabung sinar katode dimaksudkan umuk membuktikan bahwa ....

45

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia