Iklan

Iklan

Pertanyaan

Massa dan muatan elektron ditemukan oleh ....

Massa dan muatan elektron ditemukan oleh ....space

  1. Henry Becquerelspace

  2. James Chadwickspace

  3. Ernest Rutherfordspace

  4. J. J. Thomsonspace

  5. R. A. Millikanspace

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.

jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Setelah nilai untuk elektron diketahui melalui percobaan yang dilakukan oleh Thomson pada tahun 1897, selanjutnya diperlukan percobaan lain untuk menentukan nilai e atau m secara spesifik. Jika salah satu nilai itu dapat diketahui, nilai yang satu lagi dapat ditentukan. Pada tahun 1908-1909, Robert Andrews Millikan dari Universitas Chicago, dapat memecahkan dilema tersebut melalui percobaan yang dikenal dengan percobaan tetes minyak. Melalui percobaan ini, Millikan dapat menentukan muatan elektron. Melalui percobaan tersebut, Millikan menemukan bahwa muatan tetes-tetes minyak selalu merupakan kelipatan bulat dari suatu muatan tertentu, yaitu coulomb. Millikan menyimpulkan bahwa muatan tersebut adalah muatan dari satu elektron. Perbedaan muatan antar tetesan terjadi karena satu tetesan dapat mengikat satu, dua, atau lebih elektron. Selain itu, dari percobaan ia juga menemukan bahwa nilai massa elektron adalah gram. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Setelah nilai e over m untuk elektron diketahui melalui percobaan yang dilakukan oleh Thomson pada tahun 1897, selanjutnya diperlukan percobaan lain untuk menentukan nilai e atau m secara spesifik. Jika salah satu nilai itu dapat diketahui, nilai yang satu lagi dapat ditentukan.

Pada tahun 1908-1909, Robert Andrews Millikan dari Universitas Chicago, dapat memecahkan dilema tersebut melalui percobaan yang dikenal dengan percobaan tetes minyak. Melalui percobaan ini, Millikan dapat menentukan muatan elektron.

Melalui percobaan tersebut, Millikan menemukan bahwa muatan tetes-tetes minyak selalu merupakan kelipatan bulat dari suatu muatan tertentu, yaitu 1 comma 602 cross times 10 to the power of negative sign 19 end exponent coulomb. Millikan menyimpulkan bahwa muatan tersebut adalah muatan dari satu elektron. Perbedaan muatan antar tetesan terjadi karena satu tetesan dapat mengikat satu, dua, atau lebih elektron. Selain itu, dari percobaan ia juga menemukan bahwa nilai massa elektron adalah 9 comma 11 cross times 10 to the power of negative 28 end exponent gram.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Karin Ds

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

ajie dzikrulloh

Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pemasangan kincir pada tabung sinar katode dimaksudkan umuk membuktikan bahwa ....

9

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia