Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun secara berurutan.     Dasar integrasi Timor Timur yang menjadi provinsi ke-27 RI adalah kehendak rakyat Timor Timur sendiri. SEBAB Pemerintah Portugis sudah menyatakan persetujuan integrasi Timor Timur dengan Indonesia.   Pernyataan yang tepat tentang kondisi kedua kalimat di atas adalah …

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun secara berurutan.

 

 

Dasar integrasi Timor Timur yang menjadi provinsi ke-27 RI adalah kehendak rakyat Timor Timur sendiri.

SEBAB

Pemerintah Portugis sudah menyatakan persetujuan integrasi Timor Timur dengan Indonesia.

 

Pernyataan yang tepat tentang kondisi kedua kalimat di atas adalah …  space

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat. space

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.  space

  3. Pernyataan benar dan alasan salah. space

  4. Pernyataan salah dan alasan benar. space

  5. Pernyataan dan alasan salah. space

Pembahasan Soal:

Pernyataan benar. Timor Timur atau sekarang lebih dikenal dengan nama Timor Leste pernah bergabung dengan Indonesia sebagai provinsi ke-27. Keinginan Timor Timur untuk berintegrasi dengan NKRI didasarkan pada kehendak rakyat sendiri untuk membebaskan diri dari penjajahan Portugis.

Alasan salah. Pada saat masa pemerintahan B.J. Habibie, beliau memberikan usulan otonomi khusus kepada Timor Timur untuk memerdekakan diri. Hal ini dikarenakan Timor Timur tidak memberikan manfaat terukur bagi RI. Pada tanggal 5 Mei 1999, pemerintah Portugis melakukan persetujuan dengan pemerintah Indonesia sebagai tindak lanjut atas permintaan Presiden Habibie, yaitu tentang pelaksanaan referendum penentuan apakan Timor Timur akan tetap menjadi bagian dari Indonesia atau melepaskan diri dari NKRI.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perkembangan seni dan budaya pada masa Orde Baru seringkali terkendala oleh .... (1) tekanan pengaruh seni budaya asing (2) banyaknya larangan dari pemerintah terhadap kegiatan pementasan seni budaya...

Pembahasan Soal:

Pada masa Orde Baru banyak pementasan seni budaya yang justru dilarang. Pementasan seni yang dilarang salah satunya seni pertunjukan (teater). Contohnya pelarangan terhadap pementasan Bengkel Teater yang digagas W.S. Rendra. Pementasan bengkel teater di Yogyakarta yang dilarang oleh pemerintah Orde Baru, bahkan komunitas seni Bengkel Teater harus memindahkan pusat kegiatannya dari Yogyakarta ke Depok karena adanya tekanan politik. Contohnya pelarangan terhadap wayang kulit Cina-Jawa (wayang thithi)  karena pemerintah Orde Baru memang melarang segala kegiatan yang berbau Cina. Kegiatan seni budaya pada masa Orde Baru dilarang untuk mengkritik pemerintah dan diarahkan untuk mendukung program pemerintah Orde Baru. Contohnya pementasan wayang Ki Narta Sabda yang banyak menampilkan pesan-pesan perihal program pemerintah seperti Repelita atau Keluarga Berencana.

0

Roboguru

Kesalahan kebijakan Orde Baru tentang pangan di Indonesia terutama adalah politik mengenai konsumsi beras sebagai makanan pokok, yang tidak cocok untuk wilayah ... (1) Nusa Tenggara Timur (2) Maluku ...

Pembahasan Soal:

Demi mensukseskan program swasembada pangan, Pemerintahan Orde Baru menjadikan beras sebagai makanan pokok nasional. Propaganda tersebut berhasil memberangus apa yang menjadi tradisi kuliner masyarakat seperti jagung, ubi, ketela, kentang dan lain-lain, semua perlu disamakan menjadi beras. Padahal tidak semua daerah di Indonesia cocok untuk ditanami padi, contohnya di wilayah bagian timur (Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua)  yang selama turun menurun mengkonsumsi sagu sebagai makanan pokok karena lahannya yang tidak sesuai untuk bercocok tanam padi. Upaya menjadikan beras sebagai makanan pokok nasional menyebabkan penyakit dalam proses perkembangan negara, karena membuat daerah yang bukan penghasil beras menjadi bergantung pada daerah lain yang memiliki banyak lahan sawah padi. Sulawesi bukan jawaban yang tepat karena pada akhir abad ke-19, masyarakat Minahasa sudah tidak menjadikan sagu menjadi makanan utama. Masyarakat Minahasa mulai mengenal beras melalui kaum buangan dari Jawa yaitu Kiai Mojo dan pengikutnya yang ditempatkan di Tondano.

0

Roboguru

Perkembangan seni dan budaya pada masa Orde Baru seringkali terkendala oleh ….   tekanan pengaruh seni budaya asing  banyaknya larangan dari pemerintah terhadap kegiatan pementasan seni budaya  k...

Pembahasan Soal:

Seni berfungsi sebagai bentuk penyampaian ekspressi atas fenomena yang terjadi di lingkungan sosial, politik, dan pemerintahan. Para seniman dan budayawan menggunakan seni untuk menyampaikan kritik sosial dan politik atas berbagai fenomena yang terjadi di masyarakat yang contohnya adalah kritik tentang kurang tajamnya hukum yang menimbulkan efek jera bagi pelaku korupsi. Penyampaian kritik yang dilakukan oleh para seniman juga dilakukan pada masa Orde Baru melalui pementasan seni dan budaya. Respons dari pemerintahan Orde Baru adalah melakukan pembredelan media massa yang memberikan kritik terhadap pemerintahan  Orde Baru. Para seniman yang dianggap mengganggu stabilitas politik nasional dan pemerintahan Orde Baru diintimidasi, dipenjara, dan dilarang melakukan pementasan. Contohnya adalah hukuman penjara yang diberlakukan kepada W.S Rendra pada tahun 1977 karena membacakan puisi yang berjudul "Pertemuan Mahasiswa" dan pelarangan pementasan beberapa "Teater Koma" dari tahun 1980an hingga 1990an.  

Dengan demikian, maka pilihan jawaban yang tepat adalah C.  

0

Roboguru

Peran nyata Indonesia pada masa Orde Baru dalam menciptakan perdamaian di kawasan Asia Tenggara yang sesuai dengan tujuan didirikannya ASEAN adalah ….

Pembahasan Soal:

Indonesia mendesak pihak-pihak yang bertikai di Kamboja untuk menyelesaikan masalah melalui perundingan untuk mencapai penyelesaian masalah. Usul itu diwujudkan dengan dilaksanakan Jakarta Informal Meeting pertama yang berlangsung pada tahun 1988. Menlu Mochtar Kusumaatmadja dan Menlu Ali Alatas berhasil mempertemukan seluruh pihak yang bertikai yaitu Kamboja dan Vietnam untuk duduk berunding. Walaupun pertemuan ini masih belum membuahkan hasil, tetapi pertemuan ini berhasil membuka jalan untuk dilaksanakannya Konferensi Perdamaian di Paris pada Agustus 1989.

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan program Kabinet Ampera untuk menciptakan kestabilan politik dan ekonomi adalah....        1.    Memperbaiki kehidupan rakyat 2.       Menyediakan perumahan rakyat 3.     ...

Pembahasan Soal:

Kabinet Ampera atau Kabinet Amanat Penderitaan Rakyat diresmikan pada 28 Juli 1966. Kabinet ini mempunyai tugas pokok untuk menciptakan stabilitas politik dan ekonomi. Program Kabinet Ampera antara lain memperbaiki kehidupan rakyat tertutama di bidang sandang dan pangan, serta melaksanakan pemilihan umum sesuai dengan Ketetapan MPR RI No. XI/MPRS/1966. Jadi, berdasarkan pilihan jawaban diatas pilihan jawaban 1 dan 3 adalah benar. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved