Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Stanley Miller berhasil memperoleh senyawa asam amino dari materi abiotik CH4,NH4,H2O,H2 yang dipanaskan dan diberi aliran listrik. SEBAB Asam amino merupakan komponen dasar protein yang penting untuk menyusun protoplasma. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Stanley Miller berhasil memperoleh senyawa asam amino dari materi abiotik begin mathsize 14px style C H 4 comma space N H 4 comma space H 2 O comma space H 2 end style yang dipanaskan dan diberi aliran listrik.

SEBAB

Asam amino merupakan komponen dasar protein yang penting untuk menyusun protoplasma.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …undefined

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.undefined

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.undefined

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.undefined

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.undefined

  5. Pernyataan dan alasan salah.undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Salah satu tokoh yang mengemukakan teori biokimia adalah Stanley Miller. Keberhasilan percobaan Miller ini memunculkan hipotesis bahwa asam-asam amino kemudian bergabung dalam urutan yang tepat secara kebetulan untuk membentuk protein. Sebagian prootein-protein yang terbentuk secara kebetulan ini menempatkan diri mereka pada struktur seperti membran sel yang diikuti pembentukan sel primitif. Sel-sel ini kemudian bergabung membentuk organisme hidup. Molekul/senyawa yang digunakan oleh Stanley Miller dalam percobaannya adalah begin mathsize 14px style C H 4 comma space N H 4 comma space H 2 O comma space H 2 end style. Percobaan Stanley menghasilkan Asam Amino yakni gugus karbon sederhana yang merupakan penyusun utama protein. Asam amino dan air adalah komponen utama dalam Protoplasma atau Sitoplasma (cairan sel). Dengan demikian, pernyataan dan alasan benar namun tidak saling berhubungan 

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Entry

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Stanley Miller melakukan percobaan tentang teori Evolusi Kimia dengan menggunakan senyawa yang analog dengan senyawa atmosfer purba pada alat percobaanna. Kesimpulan dari hasil percobaannya adalah...

Pembahasan Soal:

Dalam percobaannya, Miller memasukkan 4 gas senyawa anorganik (gas hidrogen, metana, amoniak, dan uap air) ke dalam alat percobaannya. Kemudian senyawa organik tersebut diberi loncatan listrik bertegangan tinggi.

Akibat loncatan listrik tersebut, keempat gas tersebut bereaksi membentuk zat baru. Ternyata zat baru tersebut mengandung senyawa organik sederhana, seperti asam amino, adenin, dan gula sederhana.
Jadi, kesimpulan dari hasil percobaan Stanley Miller adalah senyawa organik sederhana dapat terbentuk dari senyawa anorganik dengan energi tinggi (A).

0

Roboguru

Dalam alat percobaan Stanley Miller ditemukan asam amino sebagai hasil percobaannya, sumber karbon untuk membentuk asam amino berasal dari . . . .

Pembahasan Soal:

Percobaan Stanley Miller dilakukan untuk menguji asal mula senyawa kimia organik kehidupan seperti asam amino berasal dari evolusi reaksi kimia yang ada di lingkungan bumi purba. Dalam percobaan tersebut, Miller menggunakan air (begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style), metana (begin mathsize 14px style C H subscript 4 end style), amonia (begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style), dan hidrogen (begin mathsize 14px style H subscript 2 end style) yang dipanaskan dan dialiri listrik (elektroda) yang kemudian hasilnya ditampung dan diteliti tenyata mengandung beberapa jenis senyawa asam amino. Dari percobaan tersebut, didapatkan bahwa sumber karbon bagi senyawa asam amino yang terbentuk adalah berasal dari senyawa metana (undefined).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined   

0

Roboguru

Stanley Miller melakukan percobaan berdasarkan hipotesis dari Oparin. Percobaan tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa ....

Pembahasan Soal:

Alexander Oparin dan J. B. S. Haldane mengemukakan hipotesis bahwa Bumi purba memiliki kondisi yang sempurna yang dapat mengkatalisis perubahan molekul-molekul anorganik menjadi molekul organik yang lebih kompleks. Hipotesis ini kemudian diuji oleh Stanley Miller dan Harold Urey. Miller dan Urey merangkai alat yang terdiri dari labu yang berisi begin mathsize 14px style H subscript 2 O end stylebegin mathsize 14px style C H subscript 4 end stylebegin mathsize 14px style N H subscript 3 end style, dan begin mathsize 14px style H subscript 2 end style, yaitu gas purba di bumi. Labu ini terhubung pada labu lain yang berisi air. Labu yang berisi air dipanaskan agar air menguap, kemudian labu yang berisi gas-gas purba diberi lecutan listrik sebagai simulasi petir. Senyawa-senyawa yang terbentuk ditampung dalam suatu wadah dan dilakukan analisis kromatografi. Berdasarkan hasil kromatografi, Miller dan Urey berhasil mengidentifikasi lima macam asam amino, yaitu glisin, begin mathsize 14px style alpha end style-alanin, begin mathsize 14px style beta end style-alanin, aspartat, dan asam aminobutirat (AABA). Percobaan tersebut membuktikan hipotesis Oparin dan Haldane.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Molekul organik yang merupakan hasil akhir dari percobaan stanley miller yang tertampung di dalam 5 merupakan ....

Pembahasan Soal:

Miller membuat suatu percobaan untuk membuktikan teori Urey. Ia melakukan percobaan dengan mengisi tabung - tabung dengan begin mathsize 14px style C H subscript 4 space comma space N H subscript 3 space comma space H subscript 2 space comma space H subscript 2 O end style . Campuran gas-gas tersebut dialirkan melalui labu dilengkapi elektroda yang dapat melepaskan bunga api listrik yang bertegangan tinggi selama satu minggu. Setelah percobaan tersebut, dilihat ternyata ditemukan beberapa jenis asam amino. Asam amino adalah zat yang menyusun protoplasma makhluk hidup. 

Dengan demikian, Molekul organik yang merupakan hasil akhir dari percobaan stanley miller adalah asam amino.

0

Roboguru

Teori evolusi kimia telah dibuktikan kebenarannya oleh Stanley Miller. Kesimpulan dari hasil percobaannya adalah . . . .

Pembahasan Soal:

Stanley Miller dan Harold Urey melakukan percobaan dengan menggunakan alat yang menggambarkan kondisi atmosfer Bumi purba. Percobaan tersebut menggunakan gas-gas anorganik seperti air, metana, ammonia, dan hydrogen dengan tambahan percikan listrik yang menggambarkan petik dapat membentuk asam amino. Mereka menyimpulkan bahwa C, H, O, dan N merupakan unsur utama penyusun sel.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved