Iklan

Iklan

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Setelah membentuk Dewan Rakyat (Volksraad), terjadi pembaruan pemerintahan di Indonesia. SEBAB Pembaruan pemerintahan bagi Indonesia disampaikan dalam sidang Dewan Rakyat pada 18 November 1918 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda van Limburg. Penyataan yang tepat untuk kedua kalimat di atas adalah ....

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Setelah membentuk Dewan Rakyat (Volksraad), terjadi pembaruan pemerintahan di Indonesia.

SEBAB

Pembaruan pemerintahan bagi Indonesia disampaikan dalam sidang Dewan Rakyat pada 18 November 1918 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda van Limburg.

Penyataan yang tepat untuk kedua kalimat di atas adalah ....

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.

  5. Pernyataan dan alasan salah.

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan benar, alasan benar, namun keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

pernyataan benar, alasan benar, namun keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B. Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut: Pernyataan benar , pecahnya Perang Dunia I (1914-1918) telah membangkitkan kesadaran di kalangan bangsa-bangsa penjajah tentang hak asasi manusia, hak kebebasan dan kemerdekaan bangsa-bangsa, dan hak demokrasi. Sehubungan dengan hal tersebut, mulai muncul gagasan-gagasan tentang pembentukan badan perwakilan rakyat. Di Hindia Belanda sendiri pembentukan badan perwakilan rakyat direalisasikan dengan pembentukan Volksraad (Dewan Rakyat) yang resmi dibuka dan disahkan oleh Gubernur Jendral van Limburg Stirum pada tahun 1918 dan setelah dibentuknya Dewan Rakyat atau Volksraad terjadi pembaruan pemerintahan di Indonesia, yaitu berdasarkan Undang-Undang Tata Pemerintahan Hindia Belanda, Volksraad mempunyai kekuasaan untuk mengajukan petisi, membahas undang-undang, dan menyetujuinya. Alasan benar , pada Sidang Dewan Rakyat tanggal 18 November 1918, Gubernur Jenderal Hindia Belanda van Limburg Stirum menyampaikan pidato yang menjanjikan pembaruan pemerintah di Indonesia. Pidato gubernur jenderal tersebut dikenal sebagai Janji November 1918 atau November Belofte. Jadi, pernyataan benar, alasan benar, namun keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah B.

Untuk lebih jelasnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Pernyataan benar, pecahnya Perang Dunia I (1914-1918)  telah membangkitkan kesadaran di kalangan bangsa-bangsa penjajah tentang hak asasi manusia, hak kebebasan dan kemerdekaan bangsa-bangsa, dan hak demokrasi. Sehubungan dengan hal tersebut, mulai muncul gagasan-gagasan tentang pembentukan badan perwakilan rakyat. Di Hindia Belanda sendiri pembentukan badan perwakilan rakyat direalisasikan dengan pembentukan Volksraad (Dewan Rakyat) yang resmi dibuka dan disahkan oleh Gubernur Jendral van Limburg Stirum pada tahun 1918 dan setelah dibentuknya Dewan Rakyat atau Volksraad terjadi pembaruan pemerintahan di Indonesia, yaitu berdasarkan Undang-Undang Tata Pemerintahan Hindia Belanda, Volksraad mempunyai kekuasaan untuk mengajukan petisi, membahas undang-undang, dan menyetujuinya.

Alasan benar, pada Sidang Dewan Rakyat tanggal 18 November 1918, Gubernur Jenderal Hindia Belanda van Limburg Stirum menyampaikan pidato yang menjanjikan pembaruan pemerintah di Indonesia. Pidato gubernur jenderal tersebut dikenal sebagai Janji November 1918 atau November Belofte. Jadi, pernyataan benar, alasan benar, namun keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Artikel yang ditulis oleh Suwardi Suryaningrat di surat kabar De Express yang menyinggung pemerintah Belanda berkaitan dengan pelaksanaan HUT 100 tahun pembebasan Belanda dari Prancis berjudul ...

173

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia