Roboguru
SD

Dalam bacaan di atas, terdapat tuntutan agar Boemipoetera Zelfbestuur, mempunyai keberanian dan makna yang penting bagi perjuangan bangsa Indonesia, yaitu supaya ...

Pertanyaan

Munculnya ide "nation" dari kaum bumiputra Indonesia diawali dari hasil kongres Central Sarekat Islam (CSI), tahun 1913 di Surabaya. Pada kongres itu berkembang tuntutan untuk "membangun kebangsaan, mencari hak-hak kemanusiaan yang memang sudah tercetak oleh Allah, dan menjunjung derajat yang masih rendah". Perkembangan lebih lanjut, pada kongres Cental Sarekat Islam (CSI) di Bandung, tahun 1916, muncul tuntutan yang lebih berani, yakni "Boemi Poetra Zelfbestuur", merupakan loncatan ke depan yang sangat menggoyahkan dan menakutkan pemerintah kolonial BeIanda. Melalui berbagai rapat akbar di daerah-daerah, tuntutan Sarekat Islam itu dikenalkan kepada masyarakat luas. Omar Said Tjokroaminoto sebagai peletak dasar pemikiran nasionalisme, yaitu "sebagai usaha untuk meningkatkan seseorang pada tingkat 'natie', berjuang menuntut pemerintahan sendiri, atau sekurang-kurangnya bangsa Indonesia diberi hak untuk mengemukakan suaranya dalam masalah politik".

Dalam bacaan di atas, terdapat tuntutan agar Boemipoetera Zelfbestuur, mempunyai keberanian dan makna yang penting bagi perjuangan bangsa Indonesia, yaitu supaya ...

  1. bangsa Indonesia diberi hak bicara politik dalam parlemen atau Volksraad

  2. bangsa Indonesia memiliki pemerintahan sendiri

  3. bangsa Indonesia diberi hak menjabat dalam pemerintahan Hindia Belanda

  4. bangsa Indonesia diberi hak kebebasan berpolitik

  5. bangsa Indonesia diberi hak memerintah meskipun di bawah bimbingan negeri BeIanda

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan di atas adalah D

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Sarekat Islam yang merupakan organisasi masa paling besar pertama merupakan sebuah wadah untuk mengembangkan cita-cita kebangsaan. Perkembangan pesat organisasi tersebut dikarenakan keterbukaan Sarekat Islam bagi seluruh kalangan umat muslim di Indonesia. Melihat perkembangan tersebut, pemerintah Belanda tentu saja tidak tinggal diam, pemerintah kolonial menganggap Sarekat Islam bagaikan rumput yang terbakar. Keberadaan Sarekat Islam terhadap pemerintah kolonial Belanda dapat berpotensi sebagai ancaman besar, sebab organisasi tersebut tidaklah seperti Budi Utomo yang hanya mengutamakan pendidikan bagi kaum Jawa dan Madura saja.

Maka pemerintah Belanda berupaya agar Sarekat Islam dapat bersifat kooperatif dengan pemerintah. Meskipun demikian, Dalam rapat kongres Central Sarekat Islam pada tahun 1916 di Surabaya, para hadirin dalam rapat kongres tersebut menuntut untuk dapat diberikan kebebasan hak dalam berpolitik (Boemi Poetra Zelfbestuur). Keberanian mereka tidaklah lepas dari ide radikal yang disebarkan oleh tokoh karismatik Sarekat Islam Omar Said Cokroaminoto, yang sesungguhnya merupakan seorang peletak dasar nasionalisme.

145

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Organisasi pergerakan nasional yang berjuang di luar negeri secara diplomasi adalah ...

177

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia