Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Perbandingan embriologi merupakan petunjuk tentang adanya evolusi. SEBAB Perkembangan embrio beberapa jenis Vertebrata pada fase-fase tertentu menunjukkan adanya kesamaan. Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …

Pertanyaan

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.

Perbandingan embriologi merupakan petunjuk tentang adanya evolusi.

SEBAB

Perkembangan embrio beberapa jenis Vertebrata pada fase-fase tertentu menunjukkan adanya kesamaan.

Pernyataan yang tepat tentang kedua kalimat di atas adalah …space 

  1. Pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  2. Pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.space 

  3. Pernyataan benar dan alasan salah.space 

  4. Pernyataan salah dan alasan benar.space 

  5. Pernyataan dan alasan salah.space 

Pembahasan Soal:

Beberapa petunjuk yang dapat digunakan untuk mempelajari adanya evolusi antara lain :

  • Adanya variasi makhluk hidup yang berasal dari satu keturunan
  • Adanya fosil di berbagai lapisan bumi
  • Homologi dan Analogi alat-alat tubuh pada makhluk hidup
  • Embriologi perbandingan
  • Petunjuk dari organ tubuh yang tersisa
  • Petunjuk dari perbandingan biokimia tubuh

Perbandingan perkembangan embrio berbagai macam makhluk hidup ternyata menunjukkan adanya kesamaan, salah satunya pada kelompok vertebrata. Pada vertebrata persamaan perkembangan embrio dimulai dengan perkembangan zigot menuju fase morula, blastula, gastrula dan akhirnya membentuk embrio yang tumbuh dan berkembang. Adanya persamaan tersebut menunjukkan terdapat hubungan kekerabatan diantara golongan vertebrata. Berdasarkan fakta itu, Ernest Haeckel mengemukakan teori rekapitulasi, yaitu ontogeni (tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan embrio) adalah ulangan dari filogeni (perkembangan organisme dari filum paling sederhana hingga yang paling sempurna). Dengan demikian, perbandingan embriologi dapat dijadikan sebagai petunjuk tentang adanya evolusi.

Berdasarkan soal, maka pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah  A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 10 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perkembangan makhluk hidup dari zigot hingga menjadi dewasa dan akhirnya mati disebut  ....

Pembahasan Soal:

Perkembangan makhluk hidup dari zigot hingga dewasa dinamakan ontogeni, sedangkan perkembangan makhluk hidup dari bentuk yang paling sederhana hingga menjadi bentuk yang paling kompleks dinamakan filogeni.

Dengan demikian Perkembangan makhluk hidup dari zigot hingga menjadi dewasa dan akhirnya mati disebut  Ontogeni. space space  

0

Roboguru

Tuliskan 8 bukti evolusi yang dianggap sebagai petunjuk terjadinya evolusi!

Pembahasan Soal:

Teori evolusi dianggap sebagai salah satu dasar utama dalam ilmu biologi, karena terdapat banyak bukti-bukti kuat mengenai kebenarannya. Berikut ini bukti-bukti evolusi yang telah diverifikasi dan dapat digolongkan ke dalam bahasan ilmu pengetahuan yang valid:

  1. Keberadaan fosil yang dianalisis dengan ilmu paleontologi. Fosil menunjukkan jasad-jasad makhluk hidup purba yang punah. Seringkali dapat ditemukan petunjuk evolusi berupa kesamaan dan variasi bentuk morfologi dan anatomi makhluk hidup.
  2. Terjadinya analogi organ, yakni struktur dengan fungsi sama namun berasal dari organ yang berbeda. Hal ini membuktikan adanya adaptasi konvergen, yakni bentuk tubuh yang berbeda-beda dapat mengambil fungsi yang sama di lingkungan yang sama.
  3. Terjadinya homologi organ, yakni struktur dengan fungsi berbeda namun berasal dari organ yang sama. Hal ini membuktikan adanya adaptasi divergen, yakni bentuk tubuh yang sama dapat mengambil fungsi berbeda di lingkungan berbeda.
  4. Embriologi perbandingan pada filum Kordata menunjukkan perkembangan organ yang sama dari lapisan embrional yang sama, menunjukkan ada hubungan ontogenik yang sejajar selama perkembangan embrio bermacam-macam hewan Kordata.
  5. Perbandingan anatomi dan morfologi dalam berbagai variasi kelompok makhluk hidup yang berkerabat dekat menunjukkan dasar bentuk yang serupa dan mirip satu sama lainnya.
  6. Perbandingan fisiologi dan biokimia ditinjau dari analisis biologi molekuler antara materi genetik yang terkandung pada kromosom makhluk hidup satu dengan makhluk hidup lainnya menunjukkan kemiripan urutan genetik. 
  7. Terdapat organ vestigial pada kelompok makhluk hidup yang memiliki moyang bersama yang sama. Organ vestigial merupakan suatu struktur tubuh yang dulunya memiliki fungsi pada moyang bersama, namun kini tidak berfungsi atau fungsinya belum diketahui.
  8. Adanya domestikasi hewan ternak dan tumbuhan budidaya yang berasal dari jenis liarnya oleh manusia akibat seleksi artifisial selama ribuan tahun. Evolusi ini disebut juga mikroevolusi karena jangka waktunya singkat, dan ko-evolusi karena evolusi hewan ternak dan tumbuhan budidaya berjalan bersamaan dengan evolusi manusia.

undefined 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! Pernyataan yang tepat terkait gambar di atas adalah ….

Pembahasan Soal:

Gambar di atas memperlihatkan tahap perbandingan embriologi dari beberapa hewan vertebrata seperti ikan, salamander, kura-kura, ayam, kelinci, dan manusia. Perbandingan embriologi tersebut merupakan salah satu petunjuk terjadinya evolusi. Pada gambar di atas terlihat jelas bahwa Individu-individu tersebut memiliki kesamaan perkembangan zigot sampai tahap awal embrio. Selanjutnya masing-masing individu ini berkembang menjadi bentuk yang sangat berbeda pada tahap perkembangan embrio tingkat lanjut. Semakin banyak kesamaan pada tahap perkembangan embrio makhluk hidup, maka kemungkinan besar berkerabat dekat bahkan mungkin memiliki nenek moyang yang sama. Dan sebaliknya, semakin sedikit kesamaan, maka kemungkinan besar berkerabat jauh.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sebutkan dan jelaskan bukti-bukti terjadinya evolusi.

Pembahasan Soal:

Banyak orang yang meyakini kebenaran teori evolusi tapi tidak sedikit yang meragukannya. Para ahli yang mempercayainya mengajukan berbagai bukti yang menerangkan evolusi terjadi pada makhluk hidup.

  1. Adanya variasi individu dalam satu keturunan.
  2. Adanya petunjuk fosil.
  3. Adanya homologi organ-organ tubuh. Homologi organ tubuh adalah organ-organ yang berasal dari struktur yang sama namun memiliki fungsi yang berbeda.
  4. Adanya embriologi perbendingan. Pada awal perkembangan makhluk hidup memiliki bentuk embrio yang hampir sama.
  5. Adanya perbandingan fisiologi.
  6. Adanya petunjuk biokimia.
  7. Adanya sisa alat-alat tubuh. Contohnya manusia memiliki usus buntu dan tulang ekor yang dikatakan sebagai sisa alat-alat tubuh.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan makna dari gambar di bawah ini!

Pembahasan Soal:

Gambar di atas merupakan perbandingan embrio pada hewan vertebrata. Embriologi perbandingan merupakan salah satu petunjuk yang dapat digunakan untuk mempelajari adanya evolusi. Pada gambar di atas menunjukkan adanya kesamaan pada perkembangan embrio ikan, salamander, kura-kura, kelinci dan manusia yang seluruhnya termasuk pada kelompok vertebrata.

Pada vertebrata persamaan perkembangan embrio dimulai dengan perkembangan zigot menuju fase morula, blastula, gastrula dan akhirnya membentuk embrio yang tumbuh dan berkembang. Adanya persamaan tersebut menunjukkan terdapat hubungan kekerabatan diantara golongan vertebrata. Berdasarkan fakta itu, ilmuwan Ernest Haeckel mengemukakan teori rekapitulasi, yaitu ontogeni (tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan embrio) adalah ulangan dari filogeni (perkembangan organisme dari filum paling sederhana hingga yang paling sempurna). Dengan demikian, perbandingan embriologi dapat dijadikan sebagai petunjuk tentang adanya evolusi.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved